Mohon tunggu...
Dimas Jayadinekat
Dimas Jayadinekat Mohon Tunggu... Freelancer - Author, Freelance Script Writer, Public Speaker, Enterpreneur Coach

Penulis buku Motivasi Rahasia NEKAT (2012), Penulis Skenario lepas di TVRI dan beberapa rumah produksi (2013-kini), Penulis Rubrik Ketoprak Politik di Tabloid OPOSISI dan Harian TERBIT (2011-2013), Content Creator di Bondowoso Network, Pembicara publik untuk kajian materi Film, Skenario, Motivasi, Kewirausahaan, founder Newbie Film Centre

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Layanan BPJS Kesehatan Sudah Bagus, Tapi...

8 Januari 2025   06:26 Diperbarui: 8 Januari 2025   06:26 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Layanan BPJS Kesehatan Sudah Bagus, Tapi.., foto dokumentasi pribadi

BPJS Kesehatan menjadi tumpuan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang terjangkau.

Sebagai bagian dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS berperan besar dalam mendukung kesehatan masyarakat, mulai dari fasilitas tingkat pertama (Puskesmas) hingga rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang kini disebut sebagai Rumah Sehat Untuk Jakarta. 

Dan hal tersebut saya rasakan karena saat ini "terpaksa" menggunakan jasa layanan BPJS karena dirujuk ke RSUD disebabkan menderita saraf kejepit.

Sejauh ini saya mengamati beberapa hal terhadap layanan pemerintah ini, meski secara umum upayanya sudah cukup baik.

Namun, pertanyaan umum dari masyarakat awam kerap muncul, yaitu bagaimana sesungguhnya kualitas layanan dan pengobatan yang diberikan?

Pelayanan BPJS di Puskesmas

Puskesmas adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang menjadi ujung tombak layanan BPJS Kesehatan. 

Mengutip dari Kemenkes.go.id, Puskesmas memiliki tugas memberikan pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Namun, sering kali tantangan muncul terkait jumlah tenaga kesehatan yang terbatas dibandingkan dengan jumlah pasien.

Dilansir dari laporan Kompas.com (2024), beberapa Puskesmas di wilayah urban menghadapi lonjakan pasien, terutama pada pagi hari. 

Hal ini menyebabkan antrian panjang yang menguji kesabaran peserta BPJS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun