Mohon tunggu...
Dimas Harvid
Dimas Harvid Mohon Tunggu... Konsultan - Market dan Business Analyst PT Sasana Solusi Digital

#1 I do Market Analyst for business grow up their product, enhance marketing strategy, and hit the number of sales. #2 Help Factory to look at Opportunity using Digital Solution to increasing ROI and Efficiency of Productivity #3 Do Consult with SMEs about their issue in marketing and business

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Apa Itu Digital Marketing? 3 Penerapan Digital Makerting pada Bisnis

30 Juli 2022   00:20 Diperbarui: 30 Juli 2022   00:24 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Banyak orang bertanya dan tak jarang juga pengusaha/pemilik bisnis pun bertanya Apa itu digital marketing? dan seperti apa sebetulnya digital marketing dalam sebuah bisnis penerapanya? Apa contoh Digital Marketing yang berhasil dan tidak berhasil? kita akan bahas satu persatu dalam artikel ini agar anda dapat memahami Apa itu Digital marketing dan bisa mempraktekan dalam perusahaan atau bisnis anda sehingga penjualan dapat meningkat. 

INGAT Digital Marketing pada dasarnya didasarkan oleh dua kata yaitu kata "DIGITAL" dan kata "MARKETING" sehingga kita harus memahami apa itu Marketing lalu bagaimana cara Digitalnya JANGAN TERBALIK seperti kebanyakan orang yang memikirkan Digitalnya dulu baru marketingnya. 

Hasilnya orang terlalu fokus membangun social media atau website atau youtube tanpa mengetahui dulu alur tujuan dari digital marketing sehingga tidak efisien dalam biaya dan tidak efektif mencapai tujuan yaitu PENJUALAN.

Pengertian Digital Marketing adalah usaha perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen secara digital, mulai dari pengenalan kebutuhan konsumen, mengenalkan produk, melakukan promosi, dan juga mendistribusikan barang melalui penjualan dan alur rantai pasokan.

Dalam Digital Marketing kita akan sebetulnya telah bersinggunan dengan 3 Komponen Utama yang wajib dipahami yaitu 3DP yaitu Digital Presence, Digital Promotion, dan Digital Process berikut ini adalah penjelasan untuk masing - masing pengertiannya:

1. Digital Presence atau Rumah Digital

Langkah awal dari Digital Marketing adalah menentukan kita kan memiliki rumah digital di channel apa? atau bahasa lainnya adalah dimana toko online kita akan dipasang sebagai toko pusatnya. Juga ini akan berbeda antara produk barang dan produk jasa. semisal produk barang dapat dijual dengan marketplace, namun produk jasa dapat diarahkan langsung ke WA untuk komunikasi lebih inten atau diarah ke sebuah Website perusahaan.

Cara menentukan rumah digital ini adalah dengan mempertimbangkan saluran digital yang sering dipakai oleh konsumen dalam mencari produk barang atau layanan. contohnya saja adalah produk barang "Parfum Wanita" tentu banyak orang akan mencari parfum apa saja yang trend dan patut dicoba oleh kaum wanita sebelum akhirnya mereka menemukan produk yang pas, dan setelah penelitian lebih lanjut maka ditemukan bahwa,

orang akan mencari produk parfum melalui Marketplace Shopee dengan penggunaan kata kunci "Parfum Wanita Premium" itu artinya ini Potensi bagi bisnis parfum yang menyadari kebutuhan konsumen lalu membuat Channel  Digital atau Toko Online dengan nama yang mudah di ketik misal "AutoParfum" serta melakukan penulisan kata kunci pada kolom dekripsi serta judul produk masukan kata kunci "Parfum Wanita".

bagaimana kalau di Social Media? metode nya cukup mirip hanya dibagian konten jauh akan berbeda karena Social media sendiri adalah channel Digital marketing untuk meningkatkan brand namun juga berperan sebagai mass media communication dengan cara meningkatkan followers dulu secara organik, lalu kembangkan interaksi kepada followers agar mereka tetap menunggu konten - konten lain yang kita update.

2. Digital Promotion

bagian ini sepertinya sudah sangat familiar pengusaha online diindonesia untuk melaksanakan facebook ads dan Instagaram Ads namun apakah selama ini kita sudah melakukan tapi tidak ada hasil yang signifikan? maka sudah waktunya kamu cek customer journey promotion dari iklan yang telah dijalankan.

Namun sebelum itu, berikut daftar nama Digital Promotion yang sering digunakan yaitu SEO & SEM (Google ads), Facebook atau Instagram Ads termasuk Influencer Marketing secara melalui akun sosmed instagram / Tiktok.

Digital Promotion ini memiliki syarat agar berhasil dalam melakukanya yaitu membangun konten marketing yang cukup baik. misalnya kita telah memiliki Instagram tiba - tiba langsung Influencer Marketing tanpa menyiapkan konten awal dan belum menyiapkan profil instagram dengan baik, hasilnya tidak ada penjualan atau bahkan orang enggan untuk memfollow akun kita karena informasi yang tidak lengkap dan orang tidak percaya pada bisnis kita. 

3. Digital Process

Langkah Digital Marketing yang ketiga ini adalah melakuan process pelayanan pelanggan secara digital dengan cepat dan tepat. dimana kalau kita sudah memiliki banyak followers dan banyak orang yang menghubungi kita melalui DM, Email, Telpon ataupun WA kita dapat memprosesnya dengan tepat agar terjadi penjualan. 

Karena banyak sekali bisnis masih meremehkan di tahap Digital Process ini padahal dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang baik kita mampu meningkatkan penjualan karena berhasil meyakinkan setiap orang yang bertanya tanpa takut kehilangan kesempatan dalam menjual produk barang atau jasa.

Cara Menerapkan Digital Marketing dalam perusahaan adalah dengan melakukan urutannya secara tepat yaitu

langkah 1: Customer Needs kita harus memahami kembali kebutuhan konsumen saat ini itu seperti apa? apakah kebutuhan mereka ada yang berubah akibat perubahan teknologi dan hadirnya digital marketing.

langkah 2: Customer Journey pelajari kembali bagaimana konsumen saat ini dalam mencari suatu produk dan membelinya? channel apa saja yang konsumenmu saat ini gunakan? apa prioritasnya? temukan pola pembelian mereka 

langkah 3: Promotion setelah mengetahui kebutuhannya dan bagaimana cara mencari suatu produk secara naluri bisnis kita akan langsung memahai bagaimana cara promosi yang tepat? apakah Diskon? apakah Free produk ? apakah Free Konsultasi ? atau Free ongkir?

 

ketiga langkah sederhana ini akan membawa kita jauh lebih memahami bagaiman acara digital marketing bekerja? dan apa itu digital marketing yang sebenarnya. penting untuk semua tim dalam bisnis mengetahui strategi digital marketing perusahaan agar merekan paham perannya masing - masing dalam meningkatkan penjualan melalui cara mereka masing - masing dan siap menghadapi setiap calon pembeli yang datang.

Kasih like dan komentar jika artikel ini yang bermanfaat dan silahkan request topik digital marketing yang ingin dibahas secara spesifik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun