Mohon tunggu...
Dimas Harvid
Dimas Harvid Mohon Tunggu... Konsultan - Market dan Business Analyst PT Sasana Solusi Digital

#1 I do Market Analyst for business grow up their product, enhance marketing strategy, and hit the number of sales. #2 Help Factory to look at Opportunity using Digital Solution to increasing ROI and Efficiency of Productivity #3 Do Consult with SMEs about their issue in marketing and business

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

5 Cara Belajar Digital Marketing yang Tepat

28 Juli 2022   15:06 Diperbarui: 28 Juli 2022   15:22 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Belajar Digital Marketing sepertinya sudah menjadi kewajiban bagi para bisnis owner agar bisa mendapatkan customer di ranah digital.

Perlu diingat juga 80% atau 170 lebih orang Indonesia telah terkoneksi internet sehingga melebarkan nilai pasar digital terutama di ranah e-Commerce yang kunjungan perbulannya bisa 100 juta lebih perbulan. ini menunjukan bahwa semakin kita tidak Belajar Digital Marketing semakin kita akan tertinggal.

Mempelajari sesuatu yang baru tentu menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang bahkan bisnis owner karena sudah pusing sendiri mikirin bisnis dikala pandemi. TAPI TENANG ada cara yang mudah bagi anda cukup meluangkan 10 - 20 menit per hari untuk belajar digital marketing dengan tepat melalui cara berikut ini:

1. Pelajari Dahulu Konsumen Anda

Digital Markeing bukan hanya soal yang penting digital tapi tahu dengan tepat bagaimana hadir di handphone konsumen ataupun calon konsumens Secara Digital. minimal tanyakan pada diri anda atau konsumen tentang 3 hal ini..

  -> Channel Digital Apa yang sering mereka pakai dalam mencari produk/jasa Anda?
karena ini akan berkaitan dengan Kanal Digital Apa yang ingin dibangun pertama kali, apakah website? sosmed? marketplace?  

  -> Apa yang paling dicari konsumen dari Produk atau jasa sejenis?

poin kedua ini berkaitan dengan konten apa nanti yang harus ditonjolkan , apakah harga? Fungsi? Garansi? tempat makan? dll

   -> Jenis Promosi apa yang membuat anda (Konsumen) ingin mencoba produk/jasa baru dari brand lain? 

ini berkaitan dengan strategi akuisisi pelanggan online dan attract pasar ke bisnis kita

2. Tentukan Channel-nya

setelah melakukan riset diatas maka tentukanlah channel digital marketing yang PERTAMA dan UTAMA perlu diingat bahwa bisnis yang baru mau menggunakan digital marketing harus memiliki fokus utama dahulu agar Sumber daya manusia yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membangun fondasi awal.

 Dengan memilih satu Channel Utama ada beberapa kelebihan:

    -> Tim Anda dapat belajar digital marketing dengan fokus

    -> Menguatkan satu Channel Digital Marketing akan mempermudah dalam proses pembuatan channel digital lainnya

    -> Content Marketing yang sudah menjadi Pakem dapat di Copy Paste atau miroring ke Channel lain

    -> Strategi yang sudah terbentuk juga memberi fondasi awal untuk memikirkan strategi channel lainnya karena channel 1 dan lain memiliki persamaan yang fundamental terkait "harus Konten apa" dan "Harus Promosi apa"=

Maka dari itu Fokuslah pada satu channel Digital terlebih dahulu. 

3. Cukup Ambil 1-3 sumber dahulu sebagai acuan Belajar Digital Marketing

Terkadang kita susah mempelajari suatu hal karena terlalu banyak referensi dan kurang fokus, lalu karena banyan perbedaan pendapat akhirnya kita overload informasi dan ragu untuk memulai. 

INGAT "Kita Tidak Akan pernah Belajar sebelum Kita Membuat Kesalahan" maka hal yang paling cepat untuk belajar digital marketing adalah Ambil 1-3 sumber yang cukup kredibel lalu praktekan 1-3 bulan agar terlihat mana yang harus diperbaiki dan apakah butuh tambahan materi digital marketing lainya.

Dengan begini anda dan tim dapat lebih mudah mengevaluasi strategi yang digunakan dan memilah mana yang Sukses dan Mana yang tidak. lalu jika diperlukan baru tambahkan lagi 1 sumber dan dipraktekan kembali. jangan terlalu terburu buru ingin belajar banyak hal tapi tidak praktek.

4. Lakukan Konsultasi pada Teman atau Konsultant Digital Marketing

hal ke empat ini dilakukan agar mendapatkan arahan pada strategi yang dijalankan mungkin saja strategi yang dijalankan sudah benar namun kurang optimal atau ternyata benar - benar salah. tentunya jika kita sudah mencoba akan memudahkan proses konsultasi dan mendapatkan strategi terbaik lebih cepat karena sudah ada Trial Eror yang bisa di diskusikan dengan Konsultant Digital Marketing

Lalu Sumber belajarnya bagaimana?

silahkan mengikuti Kursus Online yang sudah terstruktur materinya tidak hanya yang diyoutube atau anda bisa mencari kursus Digital marketing yang sudah terstruktur materinya... lalu cari materi itu lewat youtube pelajari 1 persatu

bisa juga melalui E-Book Digital Marketing yang gratis sebagai bahan referensi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun