Mohon tunggu...
Dimas Candra Aditya
Dimas Candra Aditya Mohon Tunggu... Guru - PPG PRAJABATAN GEL.2 UNEJ

Menjadi guru hebat yang memfasilitasi kebutuhan dan potensi belajar peserta didik.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Topik-5 Aksi Nyata - Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran Scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal Peserta Didik

30 Maret 2024   11:00 Diperbarui: 30 Maret 2024   11:02 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PPL PPG PRAJABATAN GEL.2 UNIVERSITAS JEMBER/dokpri

Mata Kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Nama Mahasiswa       : Dimas Candra Aditya

NIM                                  : 250211105844

MULAI DARI DIRI - Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawaban :

Setelah saya mempelajari topik ini saya beranggapan bahwa pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD peserta didik sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Peserta didik dengan berbagai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang menentukan beragam tingkat pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik.

EKSPLORASI KONSEP - Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawaban :

Hal yang telah saya pelajari dalam topik ini meliputi pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD perlu untuk dipahami sebagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dapat mempengaruhi perkembangan belajar peserta didik, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Seorang guru perlu menyediakan bantuan dan bimbingan yang efektif terhadap peserta didik untuk dapat melakukan tugas-tugas belajar secara mendiri. Penting bagi guru untuk memahami beragam karakteristik dan kemampuan peserta didik agar mampu memberikan stimulus yang tepat sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.

RUANG KOLABORASI - Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawaban :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun