Apakah Anda sedang mencari teknik untuk menemukan lebih banyak pelanggan dengan strategi bisnis Anda? Mungkin Anda mengalami kendala memulai bisnis di media sosial, terutama seandainya Anda baru memulai.Â
Data statistik mengindikasikan bahwa industri unik bukan lagi hal ekstrim seperti dulu, sampai-sampai sulit untuk menarik pelanggan yang stabil. Tapi kali ini ada sejumlah strategi yang bisa membuka pola pikir Anda tentang strategi pemasaran di media sosial.
Adapun sejumlah strategi pemasaran di media sosial yang patut Anda coba, diantaranya:
1. Kenali Target Pasar Anda
Memposting iklan bagi bisnis Anda di Facebook pun membutuhkan usaha yang signifikan. Anda mesti memposting iklan yang cocok dengan target pasar Anda. Tanpa target pasar yang jelas, maka semuanya akan sia-sia. Mulailah dengan mengidentifikasi pasar Anda guna menciptakan strategi tertentu. Apakah Anda menargetkan mahasiswa yang lapar dengan furnitur antik? Atau pensiunan yang hendak bernostalgia dengan masa lalunya?
Pilihlah pasar tertentu guna mengidentifikasi keperluan target Anda. Misalnya, semua mahasiswa barangkali mencari teknik yang berguna untuk melengkapi apartemen baru mereka supaya  tampak berkelas. Di strategi Anda, Anda bisa mengambil keperluan dan mengindikasikan bagaimana Anda bisa memuaskan mereka.
2. Lakukan Riset
Tidak peduli seberapa besar anggota pemasaran dan pengembangan Anda. Anda mesti benar-benar mengerjakan riset terlebih dahulu tentang target yang harus Anda tuju.Â
Amatilah apa yang kompetitor kerjakan untuk pemasaran dan bagaimana Anda dapat menjadi lebih baik? Iklan apa yang Anda lihat guna menciptakan produk berbeda di media sosial? Apakah terdapat di wilayah Anda sekarang ini? Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan dari sisi demografi di wilayah Anda.
3. Tetapkan Tujuan
 Sebelum Anda mulai memposting di Facebook, tetapkan sejumlah sasaran yang jelas. Apa hasil yang hendak Anda miliki dengan strategi pemasaran media sosial Anda? Anda mesti se-spesifik mungkin. Jika Anda hendak menarik lebih banyak pelanggan, maka letakkan nomor Anda. Jika Anda hendak mendongkrak penjualan, maka masukkan nomor Anda.Â
Mungkin Anda ingin memperoleh email untuk membuat susunan prospek. Tetapkan sasaran yang jelas dan tindaklanjuti apa saja yang berhubungan langsung dengan keperluan Anda sebagai bisnis.
4. Sandingkan dengan Email
Strategi media sosial tidak saja tentang menciptakan postingan Instagram. Mulailah dengan mengirim email ke pelanggan guna memberi mereka peringatan mengenai strategi media sosial Anda. Kemudian, pastikan bahwa strategi Anda dapat memberikan Anda alamat email baru.
5. Tulis Konten yang Relevan
Kunci agar strategi media sosial bisa berhasil yaitu terletak pada konten. Sangat penting untuk Anda guna menghasilkan konten yang segar, unik dan bermanfaat untuk pelanggan Anda. Ya, pelanggan pasti gembira saat mereka memperoleh diskon atau penawaran khusus. Tetapi jangan sampai  lupakan kekuatan video, contohnya  gambar produk Anda yang bakaldi jual.
Itulah ulasan tentang STRATEGI Marketing di Media Sosial Yang Berguna Untuk Bisnis yang bisa Anda lakukan. Semoga berguna ya J.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H