Mohon tunggu...
Dilla Bima
Dilla Bima Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiswa

Shoping

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Perkembangan Sosial yang dikemukakan oleh Lev Vygotsky & Jean Piaget

19 Januari 2025   18:10 Diperbarui: 19 Januari 2025   18:10 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori perkembangan sosial merupakan salah satu cabang dalam psikologi yang mempelajari bagaimana individu berkembang secara sosial dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Dua tokoh utama dalam teori ini adalah Lev Vygotsky dan Jean Piaget. Keduanya memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami proses perkembangan sosial, meskipun memiliki pendekatan dan penekanan yang berbeda.

Teori Perkembangan Sosial Lev Vygotsky

Lev Vygotsky adalah seorang psikolog asal Rusia yang dikenal dengan teori perkembangan sosial-kulturalnya. Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif dan sosial anak sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya di mana mereka hidup. Beberapa konsep utama dalam teorinya meliputi:

1. Zona Proksimal Perkembangan (ZPD)

Vygotsky memperkenalkan konsep Zona Proksimal Perkembangan (ZPD), yaitu jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat mereka capai dengan bantuan orang lain yang lebih berpengalaman, seperti orang dewasa atau teman sebaya. Dalam ZPD, anak-anak belajar dan berkembang melalui interaksi sosial dengan bimbingan dan dukungan dari orang lain. Proses ini dikenal sebagai "scaffolding," di mana pendidik atau orang tua memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan anak untuk membantu mereka mencapai pemahaman yang lebih tinggi.

2. Peran Bahasa dalam Perkembangan

Vygotsky menekankan pentingnya bahasa dalam perkembangan kognitif. Menurutnya, bahasa adalah alat utama yang digunakan anak-anak untuk berpikir, memecahkan masalah, dan berkomunikasi. Bahasa memungkinkan anak-anak untuk menginternalisasi proses sosial dan mengubahnya menjadi proses internal, yang pada akhirnya membantu dalam pengembangan kognitif mereka.

3. Interaksi Sosial dan Budaya

Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya. Lingkungan sosial dan budaya memberikan kerangka kerja di mana anak-anak belajar dan berkembang. Oleh karena itu, pendidikan dan interaksi sosial yang kaya akan mempercepat perkembangan kognitif anak.

Teori Perkembangan Sosial Jean Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang dikenal dengan teori perkembangan kognitifnya. Piaget fokus pada bagaimana anak-anak membangun pemahaman mereka tentang dunia melalui interaksi dengan lingkungan mereka. Meskipun Piaget lebih dikenal dengan teori perkembangan kognitif, ia juga memberikan wawasan penting tentang perkembangan sosial. Beberapa konsep utama dalam teorinya meliputi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun