Mohon tunggu...
Dila AyuArioksa
Dila AyuArioksa Mohon Tunggu... Seniman - Motto Lucidity and Courage

Seni dalam mengetahui, adalah tahu apa yang diabaikan -Rumi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Sadari 5 hal ini, Supaya jadi Karyawan Tetap di Perusahaan

10 Februari 2022   07:37 Diperbarui: 10 Februari 2022   07:40 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada akhirnya hanya kita yang bertanggung jawab atas perasaan dan hidup kita sendiri. Ketika manusia dilahirkan ke dunia, tanggung jawab orangtua mrmbesarkan dan memberikan kasih sayang anak hingga anaknya mendapat gelar dibelakang namanya, bertkat dorongan dari keluarga.

Kepuasaan orangtua terhadap anak, melihat sang anak bahagia untuk hidup dan pilihan yang dijalani. Guncangan hidup semakin bertambah usia makin terasa, dan jumlah temanpun semakin sedikit . Dan merasakan berjalan sendiri di tepi jalan, berangkat kerja sendiri, ikut berdesakan di transportasi umum, menahan lapar karena kehabisan uang, dan kembali mengulang hal yang sama seorang diri.

Perjalanan ini akan berhenti sejenak di dunia kerja. Dimana kita mendapatkan uang tiap bulannya, gaji diitung perjam, dan membatasi kebebasan seseorang dengan sekali seminggu liburan. Semua akan dibayar tuntas dengan gaji yang mereka tetapkan

Selama di dunia kerja baru, kita akan beradaptasi dengan tanggung jawab baru. Pertemanan di dunia kerja, bisa disebut sebatas jam kerja. Kebanyakan dari kita tidak ingin terlalu membuka diri terhadap orang yang baru dikenal. Kecuali memang satu frekuensi, biasanya langsung connect satu sama lain.

1. Perbedaan umur dan status

Hal ini menjadi pertimbangan sikap dan karakter seseorang. Kedewasaan seorang bisa diukur dengan pola pikir yang dia tanamkan dilingkungan dia hidup. Karena faktor kebiasaan. Belum tentu orang yang usia lebih tua dari kita menjadi bijak, untuk masalah terntu. Kadang mereka egois karena keuntungan yang mereka dapatkan.

Membawa masalah keluarga ketempat kerja. Itu merupakan tindakan yang tidak profesional. Dan mendiamkan seseorang seharian, bukan solusi dari masalah di kepala orang tersebut.

Solusinya cuma satu. Profesional jadi orang.

2. Suka libur dadakan

Sepertinya ini hal yang menjengkelkan ketika, seoarang teman tiba-tiba libur dadakan. Padahal pekerjan lagi menumpuk. Karena faktor yang tidak krusial.

Hal ini bisa kita toleransi jika berhubung kesehatan, acara penting keluarga, dan lain lain. Beda cerita jika anda bosan dan malas masuk kerja. Jika anda yang baca ini pro ke hal ini, saya harap sifat anda tersebut harus dihilangkan, karena merugikan pihak lain untuk tidak masuk kerja  

3. Punya teman bermuka dua

Prilaku tercela ini, bisa membuat orang sekitar tidak nyaman bersama anda. Ketika omongan anda bertolak belakang saat berada di belakang orang yang anda ceritakan. Pengalaman kerja di dunia ritel . Memberikan kesempatan langsung kepada saya untuk bertemu langsung dengan customer . Memberikan pelayanan dengan baik, akan membuat customer itu akan mengangingat si sales.

Banyak teman kerja, yang ramah tamahnya hanya didepan customer, kemudian mengoceh dan membantingkan sesuatu di ruang peristirahatan. Sepertinya ada hal yang salah dengan dirimu. Kalau capek mendingin berhenti aja kerja, ngak usah memaki team kerja atau bermulut manis.

4. Bertanggung jawab

Sikap bertanggung jawab harus dimiliki oleh para pekerja. Dalam tim, jobdish pekerjaan telah dibagi dengan tepat sesuai dengan shiftnya.

Janga menghindar dari tanggung jawab dan mrmberikan krpada junior yang baru masuk kerja. Sebagai senior bimbinglah pekerja baru dengan baik. Ajarkan disiplin waktu dan cara kerja tim work yang benar.

5. Kejujuran

Dalam dunia kerja kita diberikan kepercayaan lebih oleh perusahaan. Apapun kesalahan kita harus dicari solusi dengan baik. Jangan memainkan penjualan atau uang simpanan perusahaan. Hal ini akan merugikanmu jika sudah ketahuan.

Beberapa hari yang lalu temanku di PHK, karena sering memainkan barang penjualan, menggunakan uang petty cash untuk kebutuhan pribadi. Di negeri ini orang jujur itu sudah langka, tolong bekerja dengan benar dan jujur.

Resiko atas ketidak jujuran bisa berimbas ke ruang sel atau dendan puluhan juta. Kita bekerja dengan orang profesional yang pintar dan tidak mungkin kita bodoh-bodohi dengan sikap bego kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun