Mohon tunggu...
Diki Achmad Hidayat
Diki Achmad Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

suka kamu

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Analisis Umkm Usaha Assyamsiah Photocopy

24 Januari 2025   14:56 Diperbarui: 24 Januari 2025   14:56 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

A. Latar Belakang 

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai tumpuan dalam memperoleh pendapatan. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (2015) menyatakan bahwa presentase UMKM di Indonesia. mencapai 90% dan hanya 10% nya adalah usaha besar. Walaupun UMKM bukan merupakan usaha besar, namun peran UMKM dalam menggerakkan sektor perekonomian negara tidak dapat diragukan.

Profil Objek Penelitian

 UMKM ini bernama Fotocopy Assyamsiah berdiri pada tanggal 28 September 2023 yang berlokasi Jl. Yodkali No.2,Cikutra, Kec. Cibeuying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40124. Umkm ini berlokasi di lokasi yang sangat strategis yaitu dibelakang kampus, pos indonesia, klinik, itu menjadi salah satu target pasar Umkm ini sendiri, sejarah awal Umkm ini adalah Pada saat itu Teh Siti Nur Syamsiah selaku pemilik berinisiatif dan memiliki semangat kewirausahaan merintis sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang jasa fotocopy.

B. Metode Peneliti

1. Lokasi Penelitian 

Wawancara dilakukan di lokasi UMKM fotocopy Assyamsiah yang berada di Jl. Yodkali No.2, Cikutra, Kec. Cibeuying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40124,. Hal ini dimaksudkan agar responden merasa lebih nyaman dan suasana wawancara lebih akrab karena berada di tempat yang familiar.

2. Waktu Penelitian 

Dilakukan pada 5 Januari 2025 pukul 10.00 selesai. Untuk kenyamanan dan mengurangi gangguan, waktu wawancara akan diatur pada jam operasional yang tidak terlalu sibuk.

3. Jenis penelitian 

Jenis penelitian ini adalah metode Kualitatif karena metode ini menggunakan metode pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi partisipatif, dan analisis teks.

4.Teknik pengumpulan data

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengobservasi objek penelitian dengan mengamati dan mewawancarai pemilik UMKM.

C. Kendala yang dihadapi

Kendala yang dihadapi oleh bisnis memanglah berbeda- beda, begitupun kendala yang dihadapi oleh Umkm Fotocopy Assyamsiah ini adalah kurangnya modal, modal dalam usaha adalah hal terpenting oleh karena itu ini menjadi salah satu kendala yang di hadapi oleh Umkm Fotocopy Assyamsiah, selain kurang nya modal kendala yang di hadapi ada di permasalahan pembukuan.

D. Kesimpulan

Usaha UMKM adalah usaha yang banyak di lakukan di indonesia, adapu n jenis UMKM bidang jasa juga marak dijalankan oleh beberapa pembisnis. seperti oleh Ibu Siti Nur Syamsiah yang menjalankan usaha fotocopy nya yang bernama Assyamsiah Fotocopy, UMKM ini berada di tempat yang strategis dengan itu bisa menjadi peluang untuk pemilik usaha UMKM ini, Adapun tantangan yang akan dihadapi oleh UMKM ini adalah persoalan modal, pengelolaan sistem akuntansi, oleh karena itu UMKM harus memiliki strategi bisnis yang bisa menutup tantangan yang akan dihapai, UMKM ini memiliki strategi promosi melalui media sosial, menggunakan doorprize di akhir taun dan diskon.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun