Malang, 17 Juli 2024 — Universitas Negeri Malang (UM) kembali melakukan penelitian inovatif di bidang pembelajaran Geografi, dengan tema "Advancing Disaster Resilience: The Development and Integration of Immersive Virtual Reality and Serious Games Technology in UM Laboratory Schools". Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan integrasi teknologi virtual reality (VR) dan serious game sebagai media pembelajaran di SMA laboratorium UM, dengan penekanan pada peningkatan ketahanan bencana.
Penelitian ini dipimpin oleh Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd, M.Pd, dengan anggota Wahyu Nur Hidayat, M.Pd, Rizka Apriani, S.Pd, M.Pd, Dr. Heni Masruroh, S.Pd, M.Sc, dan dibantu oleh mahasiswa Geografi, yaitu Evalia Nurul Kholifah, Lailatul Umami, Wahyu Dwi Septiana, dan Nadiana Firdaus.
Penelitian ini memanfaatkan teknologi VR untuk menciptakan simulasi lingkungan yang interaktif. Simulasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman mendalam kepada siswa tentang erupsi Gunung Semeru. Dalam konteks pendidikan Geografi, integrasi teknologi ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep-konsep teoritis, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis dalam menghadapi situasi darurat.
Salah satu keunggulan dari penelitian ini adalah penekanan pada kondisi lingkungan lokal, yaitu Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Dengan mengintegrasikan lingkungan sekitar ke dalam VR, siswa dapat belajar tentang risiko bencana erupsi yang spesifik, sehingga dapat meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapi bencana. Hal ini memberikan pemahaman serta pengalaman tentang respon dalam menghadapi kondisi darurat.
Selain fokus pada geografi dan peningkatan kapasitas dan ketahanan bencana, penelitian ini juga memiliki beberapa poin penting, diantaranya:
1. Pembelajaran Interaktif dan Partisipatif. Teknologi VR memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif, karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan virtual dan mempraktikkan respons mereka terhadap kondisi bencana erupsi.
2. Peningkatan Kesadaran Bencana Erupsi. Pemberian pengalaman bencana yang realistis diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap erupsi gunungapi.
3. Penggunaan Serious Game. Serious game yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang untuk menyampaikan materi dan strategi mitigasi bencana erupsi, sehingga siswa dapat belajar tanpa harus menuju lokasi berbahaya.
4. Peningkatan Kompetensi Guru. Penelitian ini juga melibatkan guru untuk menggunakan teknologi VR dan serious game dalam kurikulum Geografi, sehingga mereka dapat menggunakan media secara efektif dan efisien.