Mohon tunggu...
Diksi Metris
Diksi Metris Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga

Asesor Kompetensi BNSP Trainer Digital Marketing (Certified by BNSP RI) Trainer Public Speaking Trainer Manajemen Risiko Trainer Ahli K3 Umum Pendamping UMKM

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Hustle Culture

19 Juni 2023   20:20 Diperbarui: 19 Juni 2023   20:24 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Generasi milenial sangat antusias dan ambisius dalam pekerjaan atau dalam pengaturan profesional. Keinginan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan ini sering dikaitkan dengan motivasi, produktivitas, dan kesuksesan dalam mencapai tujuan. Karyawan yang mengikuti hustle culture ini akan menghabiskan lebih banyak waktu selama jam kerja normal. Dengan mengambil lebih banyak kontrak, proyek, atau pekerjaan lain, atau dengan lembur.

Kehidupan kompetitif mungkin akrab bagi orang-orang dalam budaya saat ini karena kita didorong untuk bersaing menjadi "yang terbaik" dari usia muda. Kami selalu ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal yang kami lakukan, termasuk kesuksesan, karena persaingan bawaan kami. Tentu saja, ungkapan inspiratif tentang kesuksesan sering terdengar atau terlihat, seperti "bekerja keras untuk berhasil," "jangan cepat puas," "hal-hal besar jarang datang dari zona nyaman kita," dan komentar lainnya untuk efek itu. Ini disebut sebagai hustle culture oleh orang lain.

Apa itu Hustle Culture?

Istilah hustle culture mengacu pada "workaholic" atau gaya hidup yang cepat. Oleh karena itu, budaya terburu-buru mengacu pada budaya workaholic yang melampaui apa yang diperlukan bagi orang untuk unggul dalam pekerjaan mereka. The Oxford Learner's Dictionary menggambarkan kecenderungan ini sebagai apa yang mendorong seseorang untuk bertindak lebih cepat dan dengan kekuatan. Struktur organisasi yang mengharuskan karyawan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan efektif juga mengimplementasikan hustle culture, secara terbuka mempromosikan gagasan bahwa karyawan yang produktif akan "dihargai" untuk upaya mereka.

Ketidakmampuan untuk bersantai dan istirahat, sementara mereka terus khawatir tentang pekerjaan mereka adalah salah satu aspek budaya workaholic. Indikasi lain dari budaya ini pada orang atau perusahaan adalah tujuan yang tidak tercapai yang membuat karyawan atau diri mereka sendiri lelah di tempat kerja. Orang jarang merasa profesi mereka memuaskan karena gaya hidup mereka.

Penyebab Timbulnya Hustle Culture

Budaya workaholic tersebar luas di seluruh masyarakat. Ada banyak dampak sosial pada jenis perilaku atau gaya hidup ini, terutama di kalangan orang muda. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan pesat budaya workaholism. Smartphone modern digunakan untuk bekerja dan komunikasi. Anda dapat dengan mudah mengirim dan menanggapi email, mengadakan diskusi kelompok, membuat presentasi, melakukan panggilan video ke klien atau atasan, dan banyak lagi. Semua bisa dilakukan dengan tangan kapan saja dan di mana saja.
  • konstruksi sosial. Tidak diragukan lagi bahwa banyak orang masih melihat memiliki pendapatan yang besar dan karir yang sukses sebagai satu-satunya ukuran keberhasilan nyata dalam hidup. Semakin cepat dan lebih tinggi karier seseorang naik, semakin masyarakat menghargai dan menghargai hidupnya. Orang-orang muda yang sukses menjadi model bagi orang-orang di sekitar mereka. Banyak remaja didorong untuk menempatkan banyak usaha dan menghasilkan uang sebanyak yang mereka bisa untuk membeli rumah, mobil, atau hanya untuk meningkatkan standar hidup mereka. Terlepas dari tujuan yang sangat baik, tindakan mungkin tidak ideal. Orang sering merasa tertekan oleh budaya terburu-buru ini untuk berusaha berjam-jam sehingga orang-orang di sekitar mereka akan menganggapnya sukses.
  • Toxic positivity. Ini bisa dilihat sebagai pengingat untuk memiliki pandangan optimis bahkan di bawah tekanan. Penerimaan ini biasanya berasal dari kata-kata atau hati mereka yang dekat dengan kita. Ketika kita terlalu banyak bekerja, kita sering merasa lelah, tetapi alih-alih berhenti, kita mendengar hal-hal seperti, "Teruskan, kamu bisa. Mari kita lanjutkan pekerjaan kita sekarang". Ekspresi lain yang lebih menyentuh hati termasuk "Masak sudah lelah? Kapan akan berhasil?" Hal ini juga terbukti bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan peningkatan toxic positivity.

Manfaat Hustle Culture

Menurut beberapa sumber, budaya gila kerja (hustle culture) ini dapat menyebabkan penurunan daya tahan, yang dapat berbahaya bagi kesejahteraan fisik dan mental seseorang dan membuatnya menantang untuk menyeimbangkan kewajiban sehari-hari. Namun, ada manfaat lain untuk budaya workaholic ini, termasuk:

  • Selalu termotivasi. Ini telah terbukti bahwa motivasi membuat seseorang lebih aktif dan berkomitmen untuk mencapai tujuan mereka. Dengan demikian, penyebaran budaya gila kerja (hustle culture) ini akan terus menginspirasi orang-orang ini untuk menempatkan lebih banyak usaha, lebih terlibat, dan lebih bersemangat dalam mencapai tujuan mereka.
  • Cepat menggapai tujuan. Budaya gila kerja (hustle culture) mendorong orang untuk bekerja tanpa henti dan terus-menerus sampai mereka mencapai tujuan mereka. Memang benar bahwa seseorang akan berhasil dalam setiap upaya yang mereka lakukan. Oleh karena itu, mereka yang berpartisipasi dalam budaya kerja yang sibuk ini akan mencapai tujuan mereka lebih cepat.
  • Produktif. Dalam budaya gila kerja (hustle culture), seseorang akan selalu produktif jika mereka terus bekerja dan menggunakan waktu luang mereka untuk memajukan tujuan mereka. Karena Anda produktif, Anda dapat sering memperbarui pemahaman Anda tentang informasi baru tentang berbagai aspek karir Anda atau topik baru lainnya.

Seiring dengan pertumbuhan media sosial, budaya gila kerja (hustle culture) menjadi semakin populer. Di media sosial, sebagian besar orang memposting tentang pencapaian mereka, yang mendorong ketidakpastian dan perbandingan sesama. Melalui mengamati orang lain, budaya agitasi telah berevolusi. 

Penggunaan media sosial yang luas berarti bahwa individu dapat hanya memposting pencapaian mereka secara online untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain. Ini mempengaruhi masalah dengan kesehatan mental. Alih-alih memiliki mentalitas workaholic, karyawan perlu menemukan metode untuk menyeimbangkan kerja dan suasana kerja yang sehat. Dalam suasana kerja yang mendukung yang menghormati setiap upaya, tingkat stres di antara karyawan dapat dikurangi dan kesehatan mental mereka dapat ditingkatkan.

Bagaimana agar kita dapat bekerja secara berimbang?

Dalam upaya untuk memerangi dan menghindari budaya workaholism, beberapa perusahaan telah menerapkan kegiatan rekreasi seperti pertemuan, olahraga, dan kegiatan luar ruangan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Selain itu, beberapa departemen perusahaan telah menetapkan kebijakan yang melarang campur tangan dengan karyawan di luar jam kerja reguler. Ada beberapa strategi untuk menyingkirkan budaya ini:

  • Ubah mindset tentang kerja. Tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar orang hanya fokus pada pekerjaan mereka. Selain jadwal kerja yang sibuk, kita juga memiliki banyak kewajiban.
  • Selesaikan pekerjaan tepat waktu. Bekerjalah secara efektif dan cepat untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda. Manfaatkan waktu luang Anda untuk bersantai, menikmati hidup, atau melakukan sesuatu yang Anda sukai.
  • Berhenti membandingkan diri. Hargai semua pencapaian Anda. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain dengan cara yang membuat Anda merasa tidak memadai.
  • Bersantai. Liburan sangat penting. Selama berlibur, hindari bekerja. Jangan pernah bekerja selama liburan.
  • Utamakan kesehatan diri. Ingatlah betapa pentingnya menjaga kesehatan Anda. Sangat penting untuk menemukan keseimbangan antara kebutuhan seseorang dan kesehatan secara keseluruhan. Hindari menjalani gaya hidup "gila kerja". Jangan biarkan pekerjaan mengkonsumsi semua waktu Anda dan mengabaikan kesehatan fisik Anda.

Menjadi aktif dan produktif untuk mencapai tujuan bukanlah hal yang negatif, dan Anda yang serius ingin sukses dalam hidup sangat dianjurkan untuk melakukannya. Budaya "gila kerja" harus dihindari karena itu buruk untuk kesejahteraan fisik dan emosional Anda. Istilah "budaya tergesa-gesa" menggambarkan kecenderungan orang untuk mendorong diri mereka sendiri terlalu keras untuk bekerja terus-menerus tanpa istirahat dan tanpa memikirkan kesehatan mereka. Generasi muda harus terus berkontribusi penuh kepada masyarakat dan berkolaborasi satu sama lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun