Pendidikan islam dalam pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan pendidikannya kearah tujuan pendidikan islam yang dicita-citakan yaitu terbentuknya pribadi yang beriman yang senantiasa siap sedia mengabdi kepada Allah SWT.Â
Metode pendidikan islam merupakan salah satu bagian penting dari bangunan pendidikan jika dijadikan suatu sistem. Dengan metode yang tepat dan sesuai dengan asumsi kita, kita bisa mempercepat proses pemahaman kita terhadap suatu ilmu. Tapi metode pembelajaran yang digunakan haruslah sesuai dengan situasi dan kondisi zamannya.
Jika kita melihat metode keislaman yang ada disekitar kita banyak pendidik yang menggunakan pembelajaran dengan menjadikan seorang pendidik sebagai Teladan.Â
Khususnya para kyai, ustad dan guru-guru agama yang lainnya pasti penerapan akhlak yang ditampakkan kepada para peserta didik supaya bisa menjadi teladan bagi peserta didik tersebut.Â
Karena ada pepatah yang berbunyi "anda sopan kami segan, anda lancang kami tendang", dari kata-kata ini khususnya dikalangan pondok pesantren banyak guru-guru yang disegani oleh muridnya karena kearifan dan sopannya sang guru membuat peserta didiknya menjadi segan dan malu atau dalam istilah madura (cangkolang).Â
Dengan adanya rasa malu pada diri peserta didik dapat menambah kelancaran proses pembelajaran akan tetapi peserta didik pun harus mampu mengkritisi seorang pendidik dikala ada kesenjangan dalam proses atau dalam penggunaan metode yang di pakai oleh pendidik agar pendidik dapat solusi untuk mendidik dengan metode yang semakin baik.
Metode pembelajaran di Indonesia menjadi semakin menantang bagi para pendidik untuk menemukan metode yang cocok ketika negara kita telah terserang sebuah virus pembawa perubahan yang membuat sistem pendidikan di negara ini menjadi tidak stabil.Â
Sejak masuknya Covid-19 banyak sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan yang meliburkan sekolahnya dan merubah sistem pembelajarannya menjadi serba online tidak terkecuali dengan kampus-kampus yang ada.Â
Disaat pembelajaran menjadi serba online pembelajaran menjadi kurang efektif dan interaktif dan bisa dikatakan ambyar. Entah bagaimana dengan pondok-pondok pesantren apakah akan memulangkan para santrinya atau mengisolasi para santrinya didalam pondok sampai coronavirus mereda.
Ketika kita tidak boleh berdekatan metode apa yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran online khususnya untuk para peserta didik yang telah paham tentang dunia maya. Bagaimana cara membuat semua peserta didik menjadi senang dengan belajar online apakah mungkin hanya karena belum terbiasa dengan tugas online ataupun pembelajaran online.Â
Prinsip-prinsip dalam metode pendidikan merupakan hal penting agar proses belajar mengajar bisa efektif. Terdapat suatu prinsip yang umum dalam memfungsikan metode, yaitu prinsip agar pengajaran dapat disampaikan dengan suasana yang menyenangkan, menggembirakan, penuh dorongan, dan motivasi, sehingga pelajaran atau materi itu dapat dengan mudah diberikan. Tapi apakah para pendidik mampu menjawab tantangan zaman ini untuk menemukan metode pembelajaran online yang menyenangkan.
Sebuah prinsip harus memberikan suasana kegembiraan dan juga layanan dan santunan dengan lemah lembut dan juga prinsip kebermaknaan bagi peserta didik, ada pula prinsip komunikasi terbuka dan juga prinsip pengetahuan baru maka oleh karena itu setiap metode harus memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
Sebuah metode harus memanfaatkan teori kegiatan mandiri. Maksudnya pengajaran harus dilaksanakan melalui pembelajaran pengalaman sendiri karena pada dasarnya belajar itu berwujud melalui pengalaman, memberi reaksi, dan melakukan. Dengan kata lain peserta didik akan memperoleh banyak pengalaman belajar.
Sebuah metode harus memanfaatkan hukum pembelajaran. Supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan cara tertib dan efisien sesuai dengan hukum-hukum dasar yang mencangkup kesiapan, latihan dan akibat, harus dipersiapkan dalam segala jenis pembelajaran.
Sebuah metode harus berawal dari apa yang sudah diketahui oleh peserta didik. Dengan memanfaatkan masa lampau dan ingatan peserta didik yang mengandung unsur-unsur sama dengan materi pembelajaran yang dipelajari akan melancarkan dan mempermudah proses belajar mengajar.
Sebuah metode harus didasarkan atas teori dan praktek yang terpadu dengan baik yang bertujuan menyatukan kegiatan pembelajaran.
Sebuah metode harus memperhatikan perbedaan individual dikarenakan setiap individual memiliki karakter yang berbeda-beda dan memiliki cara untuk paham yang berbeda-beda pula dan menggunakan prosedur-prosedur yang sesuai ciri-ciri pribadi seperti kebutuhan, minat serta kematangan mental dan fisik.
Sebuah metode harus bisa merangsang kemampuan berpikir dan nalar peserta didik. Dengan prinsip kegiatan mandiri sangat penting dalam mengajar peserta didik untuk bernalar.
Sebuah metode harus sesuai dengan kemajuan peserta didik dalam hal keterampilan, kebiasaan, pengetahuan, gagasan, dan sikap peserta didik, karena semua ini merupakan dasar dalam psikologi perkembangan.
Sebuah metode harus menyediakan  pengalaman-pengalaman belajar melalui kegiatan belajar mengajar yang banyak dan bervariasi untuk memastikan pemahaman peserta didik.
Sebuah metode harus menantang dan memotivasi peserta didik. Penyatuan pengalaman sangatlah membantu dalam terbentuknya tingkah laku terpadu.
Sebuah metode harus memberi peluang peserta didik untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Dan memberi peluang terhadap guru untuk menemukan kekurangan-kekurangan agar dapat dilakukan perbaikan dan pegayaan.
Kelebihan suatu metode dapat menyempurnakan kekurangan metode lain.
Sebuah metode dapat digunakan untuk berbagai materi atau mata pelajaran satu materi memerlukan banyak metode.
Sebuah metode pendidikan islam digunakan dengan prinsip fleksible dan dinamis. Sebab dengan kelenturan dan kedinamisan metode tersebut, pemakaian metode tidak hanya monoton dan tidak dengan satu macam metode saja.Â
Sehingga para peserta didik mampu memilih salah satu dari berbagai alternatif yang ditawarkan oleh para pakar yang dianggapnya cocok dan pas dengan materi.
Dengan memahami prinsip-prinsip metode diatas mungkin akan ada usaha untuk mengembangkan metode online yang memang sedang dibutuhkan oleh negara kita seperti menciptakan aplikasi pembelajaran yang tidak rumit dengan fitur-fitur yang menarik dan mungkin juga bisa di kombinasikan dengan game dan dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai baik seperti koneksi internet yang cukup untuk mengakses pembelajaran online secara gratis.
Jika pendidik tidak memiliki metode online yang cocok maka hanya akan memperburuk keadaan para peserta didik dan bukannya berkembang tapi malah terpuruk seperti lebih banyak diberi tugas online yang membuat mental peserta didik menjadi down.Â
Pada akhirnya jika dunia pendidikan tidak terkontrol dengan baik maka hasilnya pun tidak akan baik pula maka marilah kita sama-sama saling menyemangati satu-sama lain untuk tetap memperjuangkan pendidikan dengan metode yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H