Era digital saat ini mengharuskan BRI mengikuti perkembangan jaman dengan meluncurkan fitur baru guna mempermudah transaksi keuangan bagi nasabah BRI salah satunya BRIlink.Â
BRI membuka para pelaku usaha untuk menjadi mitra BRI dengan menjadi agen BRIlink, selain mempermudah fasilitas BRI juga membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.
Inovasi layanan terbaru dari BRI dengan memberikan akses mudah melakukan pelayanan tidak hanya di tempat, tapi mendekati para pengguna khususnya nasabah BRI yang tersebar dari segala penjuru dan berbagai kalangan baik dari kaum muda sampai pensiunan. Dengan fasilitas mudah dalam bertransaksi keuangan tersebut dapat menambah kepercayaan dan kepuasan nasabah menggunakan layanan keuangan BRI.
Fasilitas menjadi agen BRIlink khusus para pelaku usaha yang memiliki syarat tertentu yang disetujui oleh BRI dapat bermitra yaitu:
- Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun;
- Dokumen harus dimiliki yaitu Kartu Identitas (KTP), NPWP dan surat keterangan usaha seperti SIUP, TDP dan Ijin usaha lainnya;
- Mendaftar dengan mengisi Formulir yang ada pada BRI terdekat.
Setelah pelaku usaha tersebut disetujui untuk menjadi agen BRIlink akan mendapatkan mesin EDC milik BRI guna mengakses seperti mini ATM BRI baik transaksi tunai maupun non tunai.Â
Beberapa jenis transaksi yang dapat menggunakan agen BRIlink yaitu transfer sesama dan antar bank, tarik tunai, isi ulang pulsa, pembayaran belanja online dan setoran tabungan.
Pada saat datang ke ATM BRI sebelah ada agen BRIlink yang menawarkan transaksi tanpa antri di ATM, pertama ragu bagaimana bisa, berhubung memang butuh guna bekal pulang ke kampung halaman akhirnya mencoba menggunakan BRIlink, ternyata kegunaannya hampir sama dengan transaksi lewat ATM.Â
Sebagai agen BRIlink mesti bisa meyakinkan nasabah BRI agar percaya kepadanya, dikarenakan saat ini situasinya banyak modus penipuan yang mengatasnamakan bank membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan.
Hal itu seperti yang terjadi pada saya dimana masih ragu dan tidak begitu saja percaya dengan tawaran yang diberikan oleh agen BRIlink yang berada di dekat ruang mesin ATM. Agen BRIlink berusaha meyakinkan saya untuk menggunakan jasanya dijamin aman dan dapat dipercaya.Â
Sebetulnya saat itu masih setengah percaya, saya hanya menggunakan jasanya untuk mengecek saldo tabungan. Begitu ruang mesin ATM kosong, saya langsung masuk untuk mengecek kembali saldo tabungan, apakah masih ada atau berkurang nilainya.Â
Saat keluar dari ruang mesin ATM, saya sempat melihat agen BRIlink tersebut, saya merasa bersalah dikarenakan kurang begitu percaya dengan jasa transaksi keuangan selain ATM yang diberikannya.
Selain fitur BRIlink yang ditawarkan pihak BRI, juga ada fasilitas BRImo yaitu BRI mobile, dimana dapat bertransaksi keuangan untuk transfer antar dan sesama bank lewat handphone. Layanan perbankan yang praktis dan cepat guna pembayaran dan aktivitas perbankan lainnya.
Dalam hal ini seperti mobile banking, internet banking dan transaksi keuangan elektronik tanpa uang, semua fasilitas digital perbankan yang penggunaannya cepat dan nyaman sebagai salah satu pilihan bagi nasabah BRI dalam bertransaksi keuangan. BRImo dipergunakan dengan cara mendownload aplikasi pada play store bagi pengguna handphone android.Â
BRImo lebih dikenal sebagai fasilitas transaksi keuangan millenal, dimana dapat dipergunakan setiap saat tanpa harus datang ke bank dan mesin ATM. Penggunaannya hanya dapat dilakukan lewat gadged atau handphone android.Â
Aplikasi dapat didownload dari play store yaitu sebuah aplikasi digital banking yang mengakomodir fungsi seperti yang disebutkan sebelumnya sebagai pembayaran belanja online, transfer, mutasi dan promo lainnya.
Pada saat masuk kedalam aplikasi tanpa memasukkan password bisa dengan fingerprint sehingga mempermudah saat masuk aplikasi jika lupa password.Â
Saya belum menggunakan fasilitas ini, sehingga belum tahu fitur apa saja yang ada di dalam BRImo. Yang saya tahu dari penggunaan BRImo yaitu pembayaran dan transfer, selain itu tidak tahu apalagi cara penggunaannya.
Sebelum berangkat pulang ke kampung halaman berlebaran dan setelah berlebaran mendapatkan pekerjaan secara online dan pembayarannya juga dengan cara transfer.Â
Saya mesti bolak balik ke mesin ATM BRI untuk mengecek apakah sudah masuk kedalam rekening, saya diingatkan suami kenapa tidak menggunakan BRImo saja.Â
Tapi dikarenakan saya tergolong gaptek sehingga belum berani menggunakan fasilitas BRImo walau saat ini merupakan fitur layanan BRI yang tergolong mudah dan praktis dalam bertransaksi keuangan dimana pun dan kapan pun.
Ada lagi tambahan fitur yang dapat menarik uang tanpa menggunakan kartu ATM dengan masuk ke menu tarik tunai, namun jumlah tarik tunai ditentukan oleh mesin ATM menggunakan kode tertentu. Hal ini mempermudah bagi mereka yang sering ketinggalan dompet daripada handphone, sehingga dapat tarik tunai lewat handphone android.Â
Bahkan ada fitur terbaru yang memudahkan bagi kita yang super sibuk dalam bertransaksi keuangan apabila ingin mutasi rekening dapat download lewat handphone dengan format pdf dan membuka handphone tinggal mengisi data dalam aplikasi secara online.Â
Hanya menscan KTP dan NPWP lewat kamera handphone yang nantinya token dikirim lewat sms. Nasabah BRI tinggal masukkan usser ID dan password pada aplikasi mobile banking agar bisa masuk ke BRImo.
BRI mengembangkan teknologi pembayaran secara digital dalam memenuhi kebutuhan dengan merchant yang tersedia dibeberapa tempat di penjuru Indonesia.Â
Fitur ini dinamakan QRIS BRI yang merupakan merchant pembayaran bagi para pengusaha yang merupakan nasabah BRI dengan mempermudah transaksi jual beli menghubungkan antara penjual dan pembeli.Â
Pembayaran dilakukan dengan cara menscan kode QR yang ada dalam setiap toko yang menyediakan fasilitas QRIS. Saya pernah ditawari untuk mendaftar QRIS tapi bukan dari BRI yang sampai sekarang belum ada kejelasan.Â
Jadi saya belum pernah tahu bagaimana cara penggunaannya dimana setahu saya sebagai sarana transaksi jual beli yang bisa langsung masuk ke rekening penjual setiap pembeli bertransaksi.
Apalagi pada era digital saat ini dimana semua transaksi dilakukan secara online sehingga kita minim bertemu banyak orang dengan mengembangkan teknologi yang ada. Dimana teknologi dikembangkan guna mempermudah bertransaksi keuangan dengan fitur yang mudah dan cepat membuat pembayaran belanja online dan segala transaksi keuangan praktis dan aman.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H