Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, nonton bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Gaharnya Motor TVS Apache RTR 200 4V

31 Agustus 2016   18:41 Diperbarui: 31 Agustus 2016   18:58 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)

Sebagai seorang pria tentu mendambakan sebuah sepeda motor yang bisa diajak berpacu kencang, gagah saat dikendarai, dan tetap irit bahan bakar. Selain itu harganya pun tidak setinggi langit sehingga dapat terjangkau oleh para pencinta sepeda motor di nusantara.

Salah satu sepeda motor yang memiliki kemampuan tersebut adalah TVS Apache RTR 200 4V. Sepeda motor  bergenre street fighter penerus dari generasi sebelumnya yakni TVS Apache RTR 160 dan TVS Apache RTR 180.

Motor TVS Apache RTR 200 4V yang dipergunakan di Indonesia ini berbeda dengan yang dikeluarkan dengan yang ada di India. Motor ini di India menggunakan karburator sementara untuk produk yang dipasarkan di Indonesia menggunakan teknologi fuel injection.

Motor sport ini digunakan oleh saya sebagai pengendara dan juga penumpang dari Jakarta menuju ke Purwakarta. Saat sebagai penumpang motor TVS Apache RTR 200 4V posisi tempat duduk terpisah dengan jok penumpang lebih tinggi dari jok pengendara tetapi posisinya tetap nyaman diduduki saat jalanan rata atau pun bergelombang.

Saat kendaraan ini digeber dengan kecepatan lebih dari 100km/jam, bodi motor tetap stabil dan tidak melayang. Pengemudi dan penumpang tetap nyaman berkelat-kelit di antara jalanan ibukota yang padat merayap.

Sekarang kita ulas satu persatu dari bagian depan hingga bagian belakang motor TVS Apache RTR 200 4V.

Desain dan Bodi Macho

Bodi TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Bodi TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Desain motor TVS Apache RTR 200 4V terlihat gahar dan memiliki bodi yang kokoh, dengan rangka yang kuat sehingga terlihat lebih macho terutama saat dikendarai. Motor  TVS Apache RTR 200 4V ini memiliki lekuk bodi yang tajam terutama pada bagian sayap tangki depan.  

Konsol Meter Digital 

Konsol meter digital pada TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Konsol meter digital pada TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Konsol meter TVS Apache RTR 200 4V mengikuti tren konsol meter motor sport dengan menggunakan konsol meter full digital yang atraktif dan modern. Panelnya dilengkapi dengan speedometer, odometer, tripmeter, laptime meter, perekam top speed (Dapat merekam kecepatan tertinggi yang pernah dilakukan oleh pengendara motor), takometer,  jam, dan gear position.

Mesin

Mesin TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Mesin TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Pada bagian mesinnya TVS Apache RTR 200 4V dilengkapi dengan mesin berkapasitas 197,5 cc SOHC 4-Valve. Motor TVS sport ini mampu menghasilkan tenaga besar hingga 21 PS pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi puncak sebesar 17,5 Nm pada putaran 7.000 rpm. Selain itu TVS Apache RTR 200 4V menggunakan sassis double cradle, dan fitur penunjang yang semakin menambah kesan pada penampilannya.

Motor ini dapat melaju dari 0-60 km/jam hanya butuh waktu 3,9 detik saja dan dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 11,2 detik saja. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk urusan mesin dari TVS Apache RTR 200 4V ini, pabrikan telah melakukan perombakan secara signifikan.

Untuk teknologi mesin yang dibawa oleh Apache RTR 200 4V juga terbilang cukup canggih dimana mesin ini sudah menggunakan sistem pendingin Oil Cooled Combustion Chamber (O3C) yang bisa mendinginkan mesin melalui kisi-kisi di depan blok mesin. Walaupun tidak memiliki radiator, namun TVS Apache RTR 200 4V memiliki mesin bersirip yang bisa menjaga suhu mesin tetap terjaga.

Headlamp  

Headlamp TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Headlamp TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Desain headlamp yang memiliki aura layaknya street fighter dengan single reflektor. Tetapi masih terlihat seperti motor Apache RTR Series lainnya, namun kali ini lebih dinamis dan ergonomis. Sementara di bagian shroud atau sayap tangki depan pada TVS Apache RTR 200 4V juga diracik dengan cukup lapang dan menonjol tajam ke depan, identik dengan konsep motor TVS Draken.

Bahan Bakar

Tangki TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Tangki TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Motor-motor TVS dikenal dengan hemat BBM termasuk TVS Apache RTR 200 4V. Sepeda motor ini sudah mengusung teknologi suplai BBM DFI Logic yang dikembangkan oleh BOSCH, dan mampu menyesuaikan bukaan gas dengan konsumsi bahan bakar sehingga konsumsi BBM lebih efisien. Selain itu TVS Apache RTR 200 4V masih mengusung transmisi manual 5 percepatan yang dapat dipindahkan dengan mudah tanpa ada kendala termasuk pada saat posisi normal.

Knalpot

Knalpot TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Knalpot TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Knalpot motor TVS Apache RTR 200 4V memiliki dua buah lubang dengan dentuman suara yang menggelegar yang sudah melalui berbagai proses pengujian sehingga dihasilkan suara terbaik keluar dari sepeda motor ini.  

Jok Kulit Anti Kerut

Jok TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Jok TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Jok TVS Apache RTR 200 4V yang terasa empuk karena pemanfaatan busa Foam in Place yang juga bisa mencegah kerutan pada kulit jok.  Jok kulit ini sangat nyaman diduduki baik oleh pengendara atau pun oleh penumpang. Apalagi yang menumpang seorang perempuan  cantik sambil meluk wah tambah asyik.

Ban

Ban Pirelli pada TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Ban Pirelli pada TVS Apache RTR 200 4V (Dokumen Pribadi)
Ban motor TVS Apache RTR 200 4V tidak sembarangan karena bekerjasama dengan produsen ban terkemuka dunia yakni Pirelli dengan serangkaian ujicoba sehingga ban ini nyaman saat digunakan di jalanan beraspal atau jalanan yang tidak rata sekalipun.  

Berikut spesifikasi Motor TVS Apache RTR 200 4 V :

Mesin
Tipe                                       : 4 Stroke, SOHC
Kapasitas                             : 197,75 cc
Silinder                                 : Single, Vertical
Daya Maksimum              : 15.46 kW @ 9000 rpm
Torsi Maksimum               : 17,5 kW @7.000 rpm

Suspensi
Depan                                   : Telescopic Forks
Belakang                              : Mono Shockabsorber

Pengereman

Tipe Rem Depan               : Disc
Tipe Rem Belakang          : Disc

Ban
Ukuran Ban Depan          : 100/80 x 17 inci
Ukuran Ban Belakang     : 130/70 x 17 inci

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi                : 2053mm x 840mm x 1260 mm

Full Tank
Kapasitas                             : 12 Liter
Harga                                    : 24,9 Juta

Nah sekarang Anda sudah melihat sendiri berbagai keunggulan dari TVS Apache RTR 200 4V. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun