Siapa diantara pembaca yang sudah berangkat mudik maupun liburan menggunakan kereta api? Atau diantara anda sudah beli tiket tapi masih menunggu waktu libur dan cuti tiba? Bagaimanapun kondisi anda, saya beserta segenap kru yang bertugas di KAI terus melakukan upaya untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan anda selama di perjalanan. Apa saja upaya-upaya yang kami lakukan?
Penggantian rel baru;
-
Penguatan bantalan sintetis;
Penggantian wesel bantalan beton;Â
Memasang pembatasan kecepatan (Taspat) di beberapa titik lintas rel kereta api yang sedang dalam proses perbaikan. Taspat diberlakukan untuk memastikan keamanan perjalanan kereta api selama pekerjaan berlangsung, sekaligus memberikan waktu yang cukup bagi petugas untuk menyelesaikan tugas dengan standar keselamatan tertinggi.
Kami yang bertugas di kereta api juga ikut merasakan kondisi cuaca yang tidak begitu baik. Tidak hanya perihal cuaca, serangkaian perbaikan yang sedang dilakukan jadi berpengaruh kepada waktu kedatangan & keberangkatan kereta atau OTP (On Time Performance).Â
Pada September 2024, On Time Performance (OTP) kedatangan kereta api penumpang mencapai 97,41% dan pada Oktober mencapai 96,94%. Atas beragam upaya yang KAI lakukan, seperti rekayasa pola operasi untuk mempertahankan OTP dalam kondisi perbaikan prasarana pada bulan November 2024 KAI mencapai OTP kedatangan KA Penumpang 87,36%. Sebagai hasil dari  perbaikan prasarana tersebut, di masa Nataru 2024/2025 (19 Desember 2024 s.d 5 Januari 2025) terjadi peningkatan OTP secara signifikan, yaitu nilai OTP kedatangan mencapai 97,8%.
Dengan penyelesaian pekerjaan yang terjadwal hingga 2025, KAI optimistis terus meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk ketepatan waktu kedatangan kereta api. Selain itu, KAI juga terus memantau efektivitas pelaksanaan Taspat guna memastikan kelancaran operasional kereta api.
Pada tahun 2024, KAI memprogramkan mengganti 410.950 rel baru, 215 penggantian wesel bantalan beton dan 24.626 bantalan sintetis pada jembatan baja.Â
Adapun dari Januari hingga 1 Desember 2024 KAI telah melakukan pergantian 276.025 rel baru atau 67% dari program, pergantian 136 wesel bantalan beton atau 63% dari program, dan pergantian 13.323 bantalan sintetis pada jembatan baja atau 54% dari program.Â
Saya yakin, seluruh penumpang yang budiman bisa memaklumi dan merasakan semua upaya yang sedang KAI perjuangkan. Jadi teringat kata orangtua kita dulu: alon-alon asal kelakon, sing penting selamat.Â
Oh iya, untuk para pembaca yang belum memesan tiket perjalanan kereta, pemesanan tiket kereta api jarak jauh/menengah dapat dipesan mulai dari H-45 keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, kami mengimbau masyarakat untuk memesan tiket jauh-jauh hari sebelum kehabisan.Â
Selain itu, masyarakat bisa memanfaatkan waktu dengan lebih bijak untuk memperkirakan waktu perjalanan menuju stasiun agar terhindar dari keterlambatan.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penjualan tiket pada periode Angkutan Natal dan Tahun 2024/2025, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI di nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H