Mohon tunggu...
Didar Hadrian
Didar Hadrian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kuliah di Universitas Muhammadiyah Jakarta

Suka bermusik dan fitness

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan Cadbury pada Pandangan IMC

2 Juli 2023   17:30 Diperbarui: 2 Juli 2023   17:31 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Didar Hadrian 

20210110400039

Luaran IMC Opini

IMC adalah sebuah proses perencanaan yang dirancang untuk memastikan seluruh brand (Brand Contact) yang diterima oleh konsumen atau bisa menjadi suatu prospek untuk produk tersebut. Koordinasi dan perencanaan yang dilakukan oleh beberapa elemen pemasaran agar menjadi satu suara sehingga proses penyampaian pesan menjadi maksimal.

Perusahaan Cadbury sebagai perusahaan industri coklat yang bergerak di bidang makanan pada tahun 1842, perusahaan ini berasal dari negara Inggris. Awalnya pemiliki perusahaan Cadbury ini yaitu John Cadbury menginginkan coklat dapat menjadikan untuk mengganti alkohol yang pada masa tersebut sangat merajelela.

Secara demografis, target audiens Cadbury termasuk anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Anak-anak tertarik pada kemasan Cadbury yang menyenangkan dan penuh warna, sementara remaja dan dewasa muda menghargai produk merek yang trendi dan inovatif. Orang dewasa dan manula, di sisi lain, memiliki hubungan cinta lama dengan cokelat klasik Cadbury.

Cadbury melakukan berbagai promosi media online, media cetak maupun saluran komunikasi lain. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek cadbury yg mengisi setiap iklan ditelevisi, maupun baliho, koran dan poster. Inilah juga strategi pemasaran cadbury yg dijalankan, cadbury juga mempromosikan valentine dengan "cadbury diary milk silk" dan varian rasa coklat yg unik. Hal ini mendongkrak popularitas merek lebih dikenal masyarakat.

Iklan Cadbury Dairy Milk merupakan sebuah cara menyampaikan pesanya ke khalayak yang luas agar produk makanan dari perusahaan mereka dapat  diketahui serta sebagai cara dalam menaikan brand perusahaan mereka. Perusahaan Cadbury saat ini menggunakan media youtube dalam menyampaikan iklan tersebut yang disalurkan dan ditayangkan kepada masyarakat luas. 

Pada zaman sekarang media penyampaian iklan yang paling digemari dan popular dimasyarakat dan memiliki pengaruh yang cukup besar dibanding media lainya adalah youtube yang saat ini sudah di tonton 3.434.578 kali (per 1 April 2021), dengan total yang menyukai iklan ini berjumlah 8 ribuan.

Cadbury membuat slogan yang mudah dipahami masyarakat, dengan slogan "Sudah hanyut dalam kelembutanya?" ini ternyata mampu mendongkrak penjualan yang luar biasa.

Pelayanan sangat penting bagi suatu perusahaan kepada konsumennya sehingga cadbury memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh konsumennya, dan melalui seluruh distributor cadbury ini mereka memberikan pelayanan yg maksimal kepada pelanggannya.

Selain iklan, Cadbury selalu aktif dalam kegiatan kemanusian. Seperti yang dilansir di dalam media sosial instagramnya. Cadbury selalu peduli dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia itu sendiri. Seperti Cadbury peduli dengan nasib masyarakat yang berada dikawan timur khususnya anak-anak disana. Dengan memakai hastag #BerbagiHarapanDenganAksi Cadbury dapat membantu dengan cara membeli cokelat Cadbury sama dengan membantu memberikan nutrisi tambahan bagi anak anak yang membutuhkan. 

Kemudian yang hangat saat ini, Cadbury peduli dengan tenaga medis untuk menanggulangi Covid-19. Seperti memberikan satu buah cokelat gratis untuk relawan dan tim medis covid-19. Lalu, bekerjasama dengan berbagai pihak membagikan sejumlah 10.000 paket makanan dan cokelat di 4 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta.

Terkait Packaging Cadbury Dairy Milk Memiliki kemasan yang ikonik dari masa ke masa yang mereka pertahankan sampe sekarang. Bahkan mereka juga menyajikan kemasan untuk merayakan hari hari istimewa untuk menarik para konsumen untuk membeli.

Marketing Komunikasi Cadbury menggunakan PR untuk menghasilkan pers positif dan meningkatkan merek mereka. Untuk mengembangkan merek mereka dan menjalin hubungan dengan target demografis mereka, mereka telah mensponsori acara seperti festival musik, kompetisi olahraga, dan upaya filantropi. Jadi Cadbury cukup pintar dan tepat dalam menarik peminat coklat di luar sana.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun