Mohon tunggu...
Dicky Chandra Tri Buhana
Dicky Chandra Tri Buhana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Langkah Awal: Menatap Dunia Pendidikan Bersama "Asistensi Mengajar"

14 Juni 2023   20:00 Diperbarui: 14 Juni 2023   20:20 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang, dan pada saat ini saya sedang berada di semester 6. Pada semester inilah, pihak kampus memberikan program Asistensi Mengajar untuk dapat diikuti oleh mahasiswanya dengan berbagai ketentuan yang ada. Asistensi Mengajar merupakan salah satu program yang dimiliki oleh Universitas Negeri Malang untuk membantu menunjang pengalaman maupun karir dari mahasiswanya, khususnya mahasiswa jurusan pendidikan. Beruntungnya, saya berkesempatan untuk mengikuti program tersebut. 

Asistensi mengajar sendiri memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan IPTEK
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa jurusan pendidikan untuk memperdalam dan mempraktekkan ilmunya dengan cara menjadi guru bantu di sekolah.
  • Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional
  • Memberikan pengalaman mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara inter-disipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, lembaga pendidikan atau komunitas.
  • Menambah wawasan mahasiswa terkait inovasi pembelajaran yang seharusnya ditingkatkan sebagai calon penerus bagi pendidikan bangsa.
  • Memberikan kesempatan berharga untuk berkontribusi dan menjadi agen perubahan bagi pendidikan Indonesia.

Program Asistensi Mengajar atau yang setelah ini kita sebut dengan (AM), merupakan program yang ditujukan untuk para mahasiswa memberikan pembelajaran dengan bentuk asistensi mengajar pada satuan pendidikan sesuai dengan jurusannya. Berhubung saya berada di jurusan S1 Pendidikan Teknik Informatika, dimana saya dapat mengajar 3 jurusan, yakni Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Komputer Jaringan,  maka saya ditempatkan di satuan pendidikan SMK. 

Yapp, tepat di bulan ini, adalah bulan terakhir dimana saya mengajar di satuan pendidikan tingkat SMK. Tepatnya berada di SMKN 12 Malang. Selama kurang lebih 4-5 bulan saya telah melaksanakan program AM disana. Selama kurun waktu tersebut, saya telah banyak mendapat pengalaman dari segi Akademik, Non Akademik, maupun Administrasi. Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya selama 4-5 bulan ini. 

Pengalaman mengikuti program asistensi mengajar di SMKN 12 Malang dengan mengajar di kelas X PPLG 2 mata pelajaran Dasar Program Keahlian (DPK) dimulai pada bulan Februari 2023 dan berakhir pada bulan Juni 2023. Pada kelas X-PPLG 2 saya mengajar DPK dengan cakupan materi materi Figma, JavaScript, Logo, Gimp, UI Design. Pengajaran memberikan pengalaman yang sangat berharga dan menarik bagi saya. Selama program ini, saya terlibat dalam berbagai kegiatan baik akademik, non-akademik, dan administrasi.

Dalam kegiatan akademik, saya memiliki kesempatan untuk menyusun dan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa-siswa di kelas X PPLG 2. Saya turut serta membuat bahan ajar bagi siswa, mulai dari modul ajar, video tutorial, RPP, game berupa quiziz, dll. Saya mempersiapkan materi pelajaran yang terstruktur dan relevan dengan topik-topik seperti Figma, JavaScript, Logo, Gimp, dan UI Design. Saya berusaha menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi siswa, sehingga mereka dapat memperoleh pemahaman yang baik.

Selama mengajar, saya aktif mengadakan diskusi dan latihan praktis untuk memperkuat pemahaman siswa dalam materi pelajaran. Saya juga memberikan tugas-tugas dan proyek yang relevan untuk menguji pemahaman mereka serta meningkatkan keterampilan praktis dalam penggunaan Figma, JavaScript, Logo, Gimp, dan UI Design.

Selain kegiatan akademik, saya juga terlibat dalam kegiatan non-akademik di SMKN 12 Malang. Saya mendampingi siswa-siswa dalam kegiatan tambahan seperti Pondok Romadhon, HUT sekolah, Puncak P5 dll, di mana mereka dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam bidang non akademik. Dalam kegiatan - kegiatan tersebut saya juga turut aktif di dalamnya, baik dari pra acara, acara, dan pasca acara. Mulai dari mempersiapkan tempat, menjadi panitia, hingga menjadi komentator pertandingan lomba, dll.

Pada kesempatan ini juga saya dan rekan - rekan mengadakan seminar untuk menunjang proker kami dibidang non akademik. Program seminar kami ini kami sebut dengan "NGOBAR" atau ngobrol bareng. Kami mengajak seluruh siswa kelas X PPLG untuk menghadiri acara tersebut, dan menghadirkan narsum yang memang sudah kompeten dibidangnya. Tema yang kami ambil yakni Game Development, sesuai dengan kebutuhan peserta didik nantinya. Pada seminar ini dijelaskan mengenai penggunaan software unity untuk pembuatan game. Siswa diberi penjelasan serta diajak untuk membuat game sederhana, diharapkan dengan adanya seminar ini siswa dapat termotivasi untuk lebih mengembangkan skillnya khususnya dalam hal pembuatan game menggunakan unity.

Selama program ini, saya juga terlibat dalam tugas administratif sebagai asisten mengajar. Saya membantu dalam mengumpulkan dan mengoreksi tugas siswa, menyusun laporan kegiatan, dan memelihara catatan kehadiran siswa. Saya juga membantu dalam mengatur ruang kelas, memastikan kelancaran pelaksanaan ujian, dan melaksanakan tugas administratif lainnya sesuai dengan petunjuk guru pengampu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun