Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

-

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

5 Cara Hemat Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

14 Februari 2022   10:00 Diperbarui: 14 Februari 2022   10:05 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kreatiflah dalam membangun brand awareness bisnis Anda. (sumber foto: Kate Trysh on Unsplash)

Merek yang solid dan terpercaya adalah landasan dari setiap bisnis yang sukses.

Kalau pelanggan Anda ngga tahu bagaimana menemukan Anda atau mempercayai apa yang Anda tawarkan, Anda akan kesulitan membangun basis pelanggan Anda.

Tapi, membangun merek memang butuh kerja keras.

Ada jutaan bisnis di luar sana yang menyampaikan pesan mereka masing-masing, jadi untuk bisnis Anda bisa didengar tanpa perlu menghabiskan banyak uang, tentu akan butuh upaya yang sangat besar.

Kabar baiknya, bisnis sekarang ini bisa punya berbagai alat dan platform untuk membantu membangun kampanye brand awareness yang hemat biaya tanpa menghabiskan banyak uang.

Ayo kita lihat lima cara supaya bisnis Anda bisa menyampaikan pesan Anda pada pelanggan dengan anggaran terbatas.

1. Berhati-hatilah dengan situasi saat ini.

Membangun merek yang efektif mengharuskan bisnis untuk beroperasi di sini dan sekarang.

Jadi, selalu perhatikan faktor ekonomi atau lingkungan saat ini dalam komunikasi bisnis Anda.

Fokuslah pada pemecahan masalah dan hindari membuat klaim yang ngga berdasar, yang bisa membuat Anda terlihat dangkal.

Cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan Anda saat merumuskan komunikasi.

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah apa pun yang mungkin mereka alami, jadi Anda bisa membuat solusi yang relevan untuk mereka.

Ini akan sangat membantu untuk membuktikan kalau Anda adalah bisnis yang andal dan bisa dipercaya.

2. Kreatiflah dalam pendekatan Anda.

Ngga ada cara yang lebih baik untuk membuat suara Anda terdengar di antara orang banyak selain melakukan sesuatu yang berbeda.

Jadi, buang jauh-jauh kampanye pemasaran lama yang melelahkan itu dan cobalah sesuatu yang baru.

Ini mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya ini lebih mudah untuk dilakukan dari yang Anda pikirkan.

Duduk dan beri diri Anda 30 menit untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dalam 30 menit, Anda akan bisa menghasilkan 30 sampai 40 ide.

Tentu saja, ngga semuanya bagus, tapi setidaknya ada dua atau tiga ide orisinal di sana yang bisa langsung Anda terapkan.

Jangan berkecil hati kalau Anda ngga menemukan apa pun untuk pertama kalinya. Terkadang latihan ini memang butuh sedikit latihan, jadi coba lagi.

Misalnya, sebuah restoran bisa membuat serial video YouTube keren yang menunjukkan bagaimana orang bisa memasak makanan dengan kualitas lebih baik dan lebih bergizi dengan anggaran terbatas.

Atau, seorang akuntan bisa membuat seri webinar untuk membantu bisnis mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan juga menawarkan tanya jawab langsung secara gratis.

3. Jadilah sosial.

Media sosial sudah ada selama lebih dari satu dekade sekarang ini, tapi tetap ngga kehilangan efektivitasnya.

Semakin banyak platform sosial tersedia, semakin banyak peluang membangun merek terbuka untuk Anda.

Jadi, sekaranglah saatnya untuk melipatgandakan hasil dari media sosial Anda.

Anda harus sudah punya profil Facebook, LinkedIn, dan akun Twitter.

Mulailah di situ dan buat beberapa konten bermakna yang berguna bagi pelanggan Anda.

Tapi, jangan berhenti di situ saja. Manfaatkan juga platform lain seperti Instagram untuk mulai membangun komunitas pengikut loyal.

4. Tetaplah di atas.

Menjadi yang teratas di dalam pikiran pelanggan adalah setengah dari perjuangan ketika bisnis mencoba membangun brand awareness.

Tapi ini sulit atau mahal untuk dilakukan dengan menggunakan metode pemasaran tradisional.

Hubungan masyarakat mungkin terbukti menjadi strategi yang lebih hemat biaya.

Kampanye humas yang dipikirkan dengan matang bisa membantu menghasilkan artikel yang positif tentang bisnis Anda yang bisa menarik perhatian Anda lebih dari kampanye promosi biasa.

Misalnya, Anda bisa menulis kolom di koran lokal untuk menunjukkan keahlian Anda.

Seorang konsultan komputer bisa menyoroti bagaimana bisnis bisa menggunakan teknologi untuk memotong biaya dan merampingkan proses, sementara agen real estat bisa menulis kolom mingguan tentang keadaan pasar perumahan saat ini.

Ini akan memastikan bisnis Anda selalu diingat saat pelanggan membutuhkan layanan Anda dan, yang terpenting, ngga memerlukan biaya sepeser pun.

5. Berada di luar sana.

Terakhir, jangan malu untuk mempromosikan bisnis Anda.

Bisnis saat ini dimanjakan dengan pilihan ketika memilih platform komunikasi, jadi ngga ada alasan untuk ngga menyampaikan pesan Anda.

Cobalah untuk tetap membuka mata untuk peluang baru dan berpikir kreatif tentang bagaimana Anda bisa mengintegrasikannya ke dalam kampanye pembangunan brand awareness Anda.

Misalnya, influencer media sosial adalah cara yang hemat biaya untuk menampilkan merek Anda di depan jutaan pengguna, sementara beberapa platform lain memberikan kesempatan untuk menerbitkan buku sendiri, yang bisa digunakan untuk menonjolkan keahlian Anda.

Peluang ini ngga tersedia untuk bisnis beberapa tahun yang lalu, jadi sangat rugi kalau ngga menggunakannya hari ini.

***

Lima strategi di atas adalah bukti kalau Anda ngga perlu menghabiskan banyak uang untuk membangun brand awareness hari ini.

Anda cuma perlu menginvestasikan sedikit waktu untuk menghasilkan ide-ide strategis, kemudian mulai bekerja mempromosikannya di semua platform, baik online maupun offline.

Semoga bermanfaat!

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun