PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI GERAK BUMI DI KELAS X SMK NEGERI 1 SANGA DESA
Disusun oleh:
DICKA ROSA AMELIA
PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3
UNIVERSITAS JAMBI
2023
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Maka dari itu di dalam proses pembelajaran harus terdapat suatu aktivitas antara guru dan peserta didik, tetapi yang terjadi selama ini adalah banyaknya aktivitas yang dilakukan guru, peserta didik tidak banyak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran, padahal setiap peserta didik mempunyai bakat dan kreatifitas masing -- masing. (Abd Rahman, dkk, 2022)
Hal inilah yang selama ini terjadi di SMK Negeri 1 Sanga Desa, dalam proses pembelajaran Fisika guru masih mendominasi dalam pembelajaran sehingga dari hal tersebut banyak peserta didik kurang antusias dengan proses pembelajaran Fisika yang sedang berlangsung, ditandai dengan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran hanya sedikit siswa yang benar-benar memperhatikan. Pembelajaran yang masih konvensional ini membuat peserta didik merasa bosan karena peserta didik hanya bisa mendengar penjelasan dari guru dan mengingat apa yang di sampaikan oleh guru.
Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pembuatan Animasi Gerak Bumi pada aplikasi Powerpoint yang dipraktikkan ini menjadi penting untuk dibagikan karena sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Menurut Dewi Adyani (2019) menerapkan pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif karena keterlibatannya dalam pembelajaran, peserta didik juga lebih memahami materi pelajaran karena siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari permasalahan di dalam materi yang dipelajari.
PEMBAHASAN
Dalam proses pembelajaran pasti ada tantangan yang akan dihadapi oleh seorang guru. Menurut Fhadol Sevima (2022) Tantangan tersebut bisa disebabkan oleh faktor internal yaitu dari dalam diri guru itu sendiri maupun eksternal yaitu dari peserta didik atau lingkungan sekolah. Tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah peserta didik masih terlihat kebingungan karena belum terbiasa dengan model pembelajaran inovatif (discovery Learning). Kurangnya kemampuan penggunaan teknologi dan dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran yang sudah dibuat. Peserta didik kesulitan mencari informasi (pengumpulan data) terkait permasalahan pada LKPD. Benerapa peserta didik masih membutuhkan bimbingan pada saat praktikum, pada saat pesentasi ada peserta didik yang kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Beberapa peserta didik kesulitan mengakses Link google form untuk menjawab Asesmen Sumatif.
Pada pelaksanaan Aksi pembelajaran ini menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning dengan Praktikum pembuatan animasi Gerak Bumi pada aplikasi powerpoint. Langkah- langkah pelaksanaan aksi, yaitu: merancang dan menerapkan perangkat pembelajaran menggunakan Model Discovery Learning, menerapkan gabungan beberapa metode pembelajaran saat proses pembelajaran seperti praktikum, diskusi, tanya jawab dan presentasi,  menggunakan media pembelajaran yang interaktif dengan TPACK seperti video pembelajaran, menjadikan kegiatan pembelajaran terpusat kepada peserta didik dengan Praktikum pembuatan animasi Gerak Bumi pada Aplikasi powerpoint dan mempresentasikannya di depan kelas, serta  memberikan soal evaluasi berbasis HOTS di akhir pembelajaran.
Dan Solusi yang saya lakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi pada pelaksanaan aksi pembelajaran adalah: guru merancang pembelajaran dan LKPD yang lebih terstruktur dan menarik, menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan berorientasi kepada peserta didik dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Menekankan diskusi kelompok, peserta didik menjadi lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya, peserta didik di berikan keleluasan dalam mencari informasi baik dari buku maupun internet, memberikan bimbingan terbatas terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
Pelaksanaan aksi ini memberikan dampak baik pada proses pembelajaran, terlihat dari respon peserta didik terkait stategi yang dilakukan dalam proses pembelajaran, yaitu: Â Penerapan model pembelajaran discovery Learning dan media pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan rangsangan/stimulus yang membuat peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang sesuai dengan materi pembelajaran, peserta didik sudah aktif dalam kegiatan praktikum dan diskusi, peserta didik sudah mulai terampil berbicara dan tanya jawab pada kegiatan presentasi, serta hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.
No
Model pembelajaran
Hasil belajar Siswa yang mencapai KKM (>75)
Hasil Belajar Siswa tidak mencapai KKM (<75)
1
Pembelajaran Konvensional
5 Siswa
10 siswa
2
Discovery Learning
13 Siswa
Siswa
Berdasarkan analisis hasil belajar dapat diketahui nilai rata-rata siswa adalah 80,66 dikarenakan siswa yang mendapat nilai diatas KKM sudah melebihi dari 75 % yaitu 13 siswa dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak  2 siswa dengan presentase 14%. Nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendahnya 60. Dari hasil observasi yang guru lakukan saat peserta didik melakukan diskusi kelompok hingga presentasi, nilai tertinggi yang diperoleh peserta didik 90 dan nilai Terendah dalah 75. Hasil Analisis Penilaian sikap, peserta didik menunjukkan sikap dengan kriteria Sangat Baik (80-100) ada 11 orang dan dengan kriteria Baik (70-79) 4 orang.
KESIMPULAN
Melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan praktikum pembuatan animasi gerak bumi pada aplikasi powerpoint dapat disimpulkan bahwa peserta didik ikut serta terlibat aktif dalam pembelajaran, peserta didik antusias menyampaikan ide dan gagasan selama proses pembelajaran, percaya diri dalam mengidentifikasi permasalahan,dan kerjasama yang baik dalam bekerja dikelompoknya, semua siswa terlibat dalam menyelesaikan masalah dan menggalinya.
Selanjutnya sebagai guru profesional sebaiknya terus mencari informasi dan membuat inovasi untuk menciptakan pembelajaran fisika yang bermakna dan menyenangkan. Pendidikan dari generasi ke generasi terus mengalami perubahan, seorang guru harus segera merespons dengan cepat perubahan yang terjadi. Maka dari itu guru harus selalu terbuka untuk pembelajaran dan mengembangkan pengetahuannya.
DAFTAR PUSTAKA
Â
Dewi Adyani, 2019. Implementasi Model Discovery Learning sebagai inovasi dalam Pembelajaran.
Fhadol Sevima, 2022. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan.
Abd Rahman, dkk, 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu dan Unsur-Unsur Pendidikan.