Perkembangan teknologi ternyata mempunyai dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pariwisata. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya E-Commerce di bidang wisata serta meningkatnya kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).
Persaingan di era revolusi industri 4.0 tidak hanya meningkatkan daya saing disegala bidang, salah satunya di bidang sumber daya manusia (SDM). Melihat data dan fakta akan perkembangan pariwisata ternyata di lihat sebagai sebuah potensi bagi PT. HolaHalo Mekar Konsep (Hola Halo), sebuah travel market place yang ada di Indonesia.
Menurut Mico Wendy, CEO dari HolaHalo Market Place "Salah satu alasan dilaksanakannya kegiatan seminar ini adalah agar semua rekan-rekan mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia pekerjaan tahu perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia pariwisata".
"Pihaknya mencoba mengkolaborasikan berbagai elemen pariwisata untuk bisa menciptakan iklim pariwisata yang sinergis. HolaHalo juga menggandeng Raja Tour Bandung yang  termasuk salah satu travel agent yang mengikuti perkembangan jaman. Dan kebetulan juga Raja Tour ini merupakan salah satu member/mitra dari Holahalo" tutup Mico.
Menurutnya Industri dan perguruan tinggi penting melaksanakan kerja sama agar adanya informasi terkini yang didapat dari industri dan mahasiswa bisa belajar banyak dari perspektif industri tidak hanya sekedar teori atau konsep. Sehingga lulusan mahasiswa dapat diserap baik oleh industri.Â
Dalam kesempatan tersebut pihak HolaHalo melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Stiepar Yapari. Harapannya dengan kerja sama tersebut dunia industri khususnya pariwisata bisa sejalan dengan dunia pendidikan guna meningkatkan SDM yang unggul dalam menghadapi persaingan bisnis di era pasar bebas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H