Mohon tunggu...
Dian Nogati Ekaputri
Dian Nogati Ekaputri Mohon Tunggu... Guru - Guru

Tulis saja apa yang ingin ditulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

23 Februari 2024   15:53 Diperbarui: 23 Februari 2024   16:14 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

Facts (Peristiwa):

Modul 3.2 tentang Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam proses pemahaman materi di dalam modul 3.2 ini menggunakan alur MERDEKA. Kegiatan di mulai tanggal 15 Februari 2024 sampai dengan 27 Februari 2024.

Materi dalam modul ini adalah sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Dalam ekosistem sekolah, faktor-faktor biotik akan saling memengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya. Faktor-faktor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah. Pendekatan berbasis kekurangan/masalah (deficit-based approach) dan pendekatan berbasis aset (asset-based approach).

Pada modul ini di tugas demonstrasi kontekstual kami diminta untuk menganalisis video tentang visi dan prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA.DI aksi nyata berkolaborasi dengan semua warga sekolah untuk mengetahui dan memanfaatkan asset yang ada untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Feelings (Perasaan)

Setelah mempelajari modul 3.2 ini saya merasa tertarik, gembira dan termotivasi. Selalu ingin belajar lagi untuk meningkatkan kompetensi saya. Proses pembelajaran ini mengajarkan saya bagaimana pemimpin dalam pengelolaan sumber daya dapat menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.

Dengan mengidentifkasi aset atau modal yang dimiliki oleh sekolah dapat mewujudkan perubahan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Seorang pemimpin pembelajaran yang mampu mengelola sumber daya akan memiliki sikap yang optimis terhadap semua keadaan. Serta memandang setiap hal merupakan aset yang menjadi modal utama dalam mengembangkannya. 7 modal utama atau aset tersebut meliputi aset manusia, sosial, fisik, alam/lingkungan, finansial, politik, agama dan budaya.

Findings (Pembelajaran)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun