Mohon tunggu...
Dianisa Rizkika
Dianisa Rizkika Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sedang belajar menulis

Anak teknik yang gemar minum kopi dan bercita - cita menjadi pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Ini Dia Ulasan 4 BRand Lokal Pilihan Situs UKM Juwara Dukung Kolaborasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia

28 November 2021   12:38 Diperbarui: 28 November 2021   12:44 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 4. Produk heySTARTIC (Sumber : https://startic.co/)

Sektor UMKM memiliki peran strategis yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional Indonesia terutama dalam menopang PDB Indonesia. Mengapa demikian? Diketahui bahwa kontribusi pertumbuhan UMKM mencapai angka 57,8% terhadap PDB Indonesia. Tidak hanya berperan dalam peningkatan pendapatan nasional, UMKM juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang fantastis. Dari data laporan Kementerian Koperasi dan UKM RI, diketahui bahwa secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. 

Gambar 2. Akselerasi UMKM dengan Situs UKM JuWAra (Sumber : https://www.whizsky.com/)
Gambar 2. Akselerasi UMKM dengan Situs UKM JuWAra (Sumber : https://www.whizsky.com/)
Go Digital dengan Kanal Resmi UKM JuWAra,  Dukung UMKM Naik Kelas di Tengah Pandemi

Roda perekonomian nasional termasuk performa UMKM mengalami penurunan dan menjadi sektor yang paling rentan terkena imbas pandemi Covid-19. Menghadapi hal tersebut, pemerintah Indonesia terus berusaha memberi beragam bantuan dan stimulus untuk UMKM melalui krisis pandemi yang belum juga berakhir ini. Jenis bantuan tersebut diantaranya subsidi bunga pinjaman, insentif PPh, bantuan produktif, hingga pendampingan dan pelatihan UMKM. Bahkan alokasi anggaran yang disediakan untuk klaster Dukungan UMKM pun tidak main-main, besarannya mencapai Rp95,87 triliun. 

Selain bantuan dan stimulus berupa materi, sentuhan transformasi digitalisasi menjadi salah satu perhatian pemerintah karena terbukti mampu mendorong UMKM untuk bertahan sekaligus memperluas akses pasar melalui kerja sama dengan berbagai platform digital. Oleh karena itu, langkah Go Digital menjadi suatu urgensi yang perlu dilakukan sebagai penguatan terhadap UMKM yang sudah berjalan agar dapat 'naik kelas' dan berkembang lebih baik dari berbagai sisi mulai dari marketing hingga bagian finansial UMKM. Jika UMKM makin berkembang, secara otomatis maka kontribusi mereka bagi perekonomian Indonesia juga makin besar.

Disinilah peran Pemerintah dan mitra dari pihak swasta untuk mendukung secara aktif, mendorong, serta merangkul UMKM dengan membuat program-program strategis dalam rangka memajukan UMKM Indonesia. Salah satu tindakan nyata pemerintah yang perlu diapresiasi yakni terwujudnya katalog digital www.ukmjuwara.id yang merupakan kolaborasi dari perusahaan WhatsApp dan ukmindonesia.id yang penyelenggaraannya didukung oleh yang turut didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, APINDO UMKM AKADEMI, dan pihak lainnya. Akselerasi UMKM  yang dituntut untuk mengambil langkah Go Digital menjadi latar belakang gagasan program UKM JuWAra yang mulai diinisiasikan pada tahun 2020 dan dilanjutkan hingga tahun ini.

Kanal resmi www.ukmjuwara.id berisikan katalog dan profil dari 100 UMKM terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi pada dasarnya, UKM JuWAra adalah wadah atau kalau bahasa kekiniannya jadi tempat 'kongkow' brand-brand lokal UMKM pilihan yang sudah dikurasi. Situs ini menyajikan lima (5) submenu kategori produk, yaitu makanan berat dan bumbu, minuman dan madu, camilan dan kue, pakaian, aksesoris, dan kerajinan. Paket komplit lah intinya.

FYI, pada awalnya situs katalog ini terinspirasi dari pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce. Dengan menggunakan pendekatan tersebut, konsumen dan 100 calon mitra UKM terpilih akan lebih leluasa dan nyaman dalam melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para #UKMJuWAra melalui situs katalog digital di s.id/ukmjuwara dan Katalog WhatsApp Business yang terhubung langsung dengan tautan chat Whatsapp Business, akun media sosial Instagram dan juga e-commerce dari UMKM terpilih. 

Tidak berhenti disitu saja, situs yang memuat katalog dari berbagai UMKM ini menawarkan inovasi yang dapat mempermudah calon pelanggan untuk menjelajahi katalog berdasarkan kategori produk dan lokasi usaha-usaha tersebut. Integrasi dari kedua fitur tersebut dinilai lebih efektif dalam menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal. Menurut WhatsApp Inc, program ini membuat ukmindonesia.id sebagai pelopor atau penggerak komunitas pertama yang mengoptimalkan penggunaan fitur Katalog WhatsApp Business untuk mempromosikan bisnis anggotanya. 

Situs katalog UMKM JuWAra diharapkan dapat memperoleh spotlight dan exposure yang besar di berbagai kalangan, mengingat waktu peluncurannya bertepatan dengan suasana dalam rangka menyambut perayaan natal dan tahun baru, sehingga para calon pelanggan dapat sekaligus mendukung UMKM lokal dalam katalog tersebut. Nantinya hasil capaian visit link, chat whatsapp business, maupun rekapitulasi penjualan  dari program Katalog 100 UKM JuWAra 2020 juga akan dituangkan oleh tim UKM JuWAra ke dalam laporan dampak ukmindonesia.id 2020 yang dapat diunduh secara bebas di situs yang sama.  

Sejalan dengan perkembangan program dan penambahan jumlah UMKM yang terpilih untuk dipromosikan, program katalog digital UKM JuWAra akan terus memproduksi katalog berkala dan melakukan inovasi konten pemasaran. Target berikutnya, akan ada pengembangan program lanjutan dengan menghadirkan variasi tema katalog seperti UKM JuWAra GLOBAL yang berfokus pada promosi UMKM yang sudah sudah Go Digital dan memiliki produk dengan sertifikasi resmi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesiapan untuk penetrasi pasar global, sehingga diperlukan kesesuaian mutu produk yang sesuai standar internasional. Menarik sekali, bukan?

Ulasan Profil 4 Brand Lokal Peserta  Program UKM JuWAra yang Memiliki Produk yang Ciamik

Peserta  program UKM JuWAra yang terdiri dari 100 BRAND LOKAL tentunya bukan brand kaleng-kaleng. UMKM yang terpilih sudah pasti memiliki Unique Value Proposition (UVP) yang ciamik pastinya. Penasaran kan dengan review profil UMKM terpilih? Simak lebih lanjut yuk untuk mengetahui daftar UMKM terpilih yang memiliki produk lokal yang unik dan bermanfaat dari berbagai lini kategori produk.

1. MEDINA SPORTSWEAR

Menyoal pemilihan baju olahraga terutama baju renang untuk seorang muslimah, memang cukup tricky. Untuk urusan sportswear ini sudah seharusnya tak hanya memerhatikan modelnya. Pertimbangan lain tertuju pada baju renang yang berkualitas serta tidak membentuk tubuh, ringan di dalam air, dan nyaman dipakai tentunya sangatlah penting. Untuk menjawab kebutuhan perempuan muslim agar tetap bisa berolahraga namun tetap dapat menutup aurat, maka beberapa brand pun sudah banyak yang mengeluarkan baju renang muslimah yang mana salah satunya adalah Medina Sportswear yang menyediakan baju renang sekaligus baju senam.

Gambar 3. Produk Medina Sportswear (https://medina-sportswear.com/)
Gambar 3. Produk Medina Sportswear (https://medina-sportswear.com/)
Brand yang digagas oleh Nurbaiti dan Ida Nurfarida yang memiliki toko fisik di Cinere Bellevue Mall, Depok ini  menyediakan produk seperti Baju Renang Muslimah, Baju Renang Selam, Baju Renang Rok, Baju Renang Pria atas dan bawah, Celana Renang Pria, Leging, Manset Dewasa, Topi Renang, Bra Senam, Celana Dalam Wanita, dan Baju Senam Wanita. Lengkap sekali, bukan?

Medina Sportswear memproduksi baju renang muslimah yang terbuat dari bahan nylon spandex premium  yang bersifat elastis, longgar dan nyaman saat dipakai berenang. Kabar baiknya, baju besutan Medina Sportswear tidak hanya nyaman, kualitas bahan pun dijamin tahan lama dan tidak luntur serta mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Ditambah dengan desain produk yang trendy dan fashionable ketika berenang, namun tidak terlalu ketat saat digunakan di dalam air. Size yang tersedia pun cukup beragam dan dapat dipakai mulai dari anak-anak hingga ukuran dewasa, karena tersedia ukuran dari S - 5L. Jadi bisa kembaran dengan anak ataupun saudara tercinta. Soal harga bagaimana? Tenang saja dengan kualitas bahan premium, harganya tetap ramah di kantong kok. Yap, harganya affordable banget, mulai dari Rp 35.000,- sampai dengan Rp 530.000,-. dengan bahan dan kualitas produk mantulita, worth it to buy, guys!

2. heySTARTIC

Di bidang aksesoris, produk dari heySTARTIC memiliki daya tarik tersendiri karena menawarkan berbagai fashion yang unik dan ramah lingkungan. Brand heySTARTIC didirikan oleh Vania dan Agnes Santoso. Dua bersaudara yang mengembangkan bisnisnya di Surabaya ini mampu menciptakan karya daur ulang yang disulap menjadi produk fashion yang memiliki desain unik oleh para pengrajin lokal yang berpengalaman sejak tahun 2011.

Gambar 4. Produk heySTARTIC (Sumber : https://startic.co/)
Gambar 4. Produk heySTARTIC (Sumber : https://startic.co/)
heySTARTIC memiliki produk yang cukup beragam, diantara dijual antara lain tas, dompet, clutch, pouch, sandal dan kap lampu, alas meja, kursi, dan masih banyak lainnya yang kebanyakan merupakan produk daur ulang. Semua produk dikerjakan secara handmade, sehingga kesan unik dan eksklusifnya dapet banget! Salah satu produk unggulannya  dinilai merupakan ide cemerlang, karena mampu mengolah karung semen jadi produk berbasis sustainable fashion yang berhasil diterima pasar dengan baik. Tidak heran jika brand ini sudah menerima berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. 

Tak hanya itu,  produk produk eksklusif dari heySTARTIC juga ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu dimulai dari harga Rp.40.000 - 800.000 saja untuk setiap produknya. Melalui bisnisnya ini, dua bersaudara memiliki mimpi untuk menginspirasi generasi milenial untuk mengikuti jejak mereka untuk melestarikan lingkungan dengan cara kreatif, namun tetap menghasilkan cuan.

3. NATURAL AREN KOLTIM

Gula aren sudah mulai menjadi primadona di masyarakat karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan juga memiliki rasa manis yang khas. Jadi tidak heran, jika  sudah mulai banyak masyarakat telah mengganti pemanisnya menjadi gula aren terutama bagi para penderita diabetes dan juga penjual kopi maupun minuman kekinian lainnya. Maraknya penggunaan gula aren ini memunculkan produsen gula aren yang tidak hanya ditemukan di pulau Jawa saja, namun juga di Sulawesi Tenggara. 

Gambar 5. Produk Natural Aren Koltim (Sumber : ukmjuwara.id)
Gambar 5. Produk Natural Aren Koltim (Sumber : ukmjuwara.id)
Brand besutan Hasrul dan Jorgie Aditya, dengan nama Natural Aren Koltim menawarkan berbagai produk gula aren dengan kualitas terbaik. Produk Natural Aren Koltim juga memiliki desain kemasan yang unik dan terdiri dari beberapa jenis dan ukuran yaitu Gula aren serbuk, Gula semut aren, Gula aren cair (Palm sugar powder dan palm sugar syrup). Proses produksi yang higienis serta rasa dan kualitasnya yang mantap jiwa,  jadi kita tidak perlu ragu karena produk Natural Aren Koltim pilihan tepat sebagai alternatif pemanis alami untuk makanan dan minuman favoritmu.  Natural Aren Koltim juga menjamin keaslian gula aren tanpa bahan pengawet, jadi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya setiap hari. Soal harga pun sangat ramah dikantong, berkisar antara Rp 20.000 - 50.000 saja. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, bagi pecinta kopi dan boba mari merapat! Segera nikmati gula aren yang asli dan lebih praktis dengan Natural Aren Koltim. 

4. BOSTEAK

Siapa sih yang tidak suka dengan sajian steak? Sajian western food yang terkenal di dunia ini dianggap sebagai salah satu sajian istimewa bersama keluarga, teman ataupun orang terkasih tentunya banyak disukai oleh berbagai kalangan. Namun, proses olahannya untuk menjadi hidangan lezat cukup sulit, mengingat diperlukan teknik khusus untuk marinasi daging  dengan bumbu agar tercipta cita rasa yang menggoyang lidah. Namun kini kita tidak perlu khawatir lagi, karena brand Bosteak hadir dengan produk steak dengan marinasi yang yang sudah dibumbui dan siap masak. Simpel dan tidak ribet! Dan soal rasa sudah pasti enak, guys.

Produk Bosteak (Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/)
Produk Bosteak (Sumber : https://www.tripadvisor.co.id/)

Brand Bosteak didirikan oleh Yuria Ekalitani dan Fajar Wahyu Pribadi dengan based produksi di daerah Cilacap, Jawa Tengah. Bosteak menyediakan berbagai varian produk marinated steak seperti ada Marinated Steak 100 gr, Marinated Steak 200gr, Steak Up, Steak Nusa, dan Steak Kopi yang tentunya semua produknya dibuat dengan daging pilihan terbaik. Steak Bosteak merupakan steak siap saji karena daging steak telah dimarinasi dengan bumbu-bumbu terbaik mereka dan juga dengan kemasan yang mudah dan praktis untuk langsung diolah, dan tentunya sudah memiliki sertifikasi halal, izin BPOM, dan juga menggunakan daging serta rempah lokal segar yang terbaik dengan kisaran harga produknya mulai dari Rp25,000 sampai Rp85,000 saja. Terjangkau sekali dan tidak bikin kantongmu jebol,kan?. Produk Bosteak memberikan jaminan makan steak sekarang bisa dimana saja dan kapan saja. Buat steak bikinan di rumah menjadi lebih istimewa, dengan Bosteak, karena untuk rasanya dijamin kamu akan ketagihan. Yakin tidak mau coba?

Nah, sudah ada 4 brand dari 100 brand yang tergabung di dalam program UMKM JuWAra yang diulas. Bagaimana? Produknya menarik semua, kan? Semoga 4 contoh rekomendasi produk UMKM diatas dapat membantumu dalam mencari produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu ya di situs UKM JaWAra.

Jangan lupa untuk mengunjungi Situs UKM JuWAra ini ya teman-teman online semua. Situs ini terbukti memudahkan masyarakat untuk mencari, mempromosikan, dan membeli produk dari brand lokal untuk mendukung gerakan #banggabuatanindonesia. Terwujudnya slogan tersebut melalui program UKM JuWAra inilah yang digadang-gadang mampu mendukung gerakan nasional Indonesia untuk menstimulus peningkatan penjualan produk lokal yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Sekali lagi perlu kita ingat, bahwa dengan kita lebih memilih untuk membeli produk buatan lokal, secara tidak langsung akan berdampak dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh lokal yang mengerjakan produk tersebut. Dan jangan salah, kualitas produk lokal juga tidak kalah saing dengan produk yang sejenis yang diimpor, lho. Bahkan yang bikin kaget lagi, sering kali kita temukan kualitas produk lokal lebih baik dari merk luar. Wow banget! Yuk, kita bantu galakkan dan sebarluaskan ke teman-teman katalog UKM JuWAra dan gerakan #banggabuatanindonesia ini. 

Saatnya yang muda yang cinta produk lokal. Kalau bukan kita, siapa lagi?

DAFTAR PUSTAKA

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/

https://www.ukmjuwara.id/tentang-kami

 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/20/berapa-sumbangan-umkm-terhadap-perekonomian-indonesia. 

 https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun