Mohon tunggu...
Dianisa Rizkika
Dianisa Rizkika Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sedang belajar menulis

Anak teknik yang gemar minum kopi dan bercita - cita menjadi pegiat literasi

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Merebaknya Konten Hiburan Edisi Ramadhan Ala Milenial yang Menarik di Berbagai Platform Media Sosial

23 April 2021   12:57 Diperbarui: 23 April 2021   13:53 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
OOTD Bersama Keluarga di Hari Raya (Source : http://www.halalstyle.com/)

 

Milenial jaman now yang katanya melek dan terampil akan penggunaan teknologi seakan tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial setiap harinya. Ya benar, milenial identik dengan penggunaan berbagai platform media sosial merupakan fakta yang tidak terelakkan. Siapa sih yang saat ini tidak berinteraksi di media sosial? Sebut saja media sosial Instagram, Youtube, TikTok, Twitter, Facebook dan masih banyak lainnya. Sosial media ini seakan menjadi candu bagi para milenial sehingga mereka betah berlama-lama membuka sosial media, scrolling timeline, checkout belanjaan online dengan memilih ekspedisi JNE yang siap antarkan kebaikan, hingga senyum-senyum sendiri menonton video lucu di layar smartphone ataupun laptopnya.

Bulan Ramadhan di tahun 2021 berjalan bersamaan dengan pandemi  Covid-19 yang tak kunjung usai. Masyarakat masih harus melakukan pembatasan sosial sehingga acara-acara seperti bukber (Buka Bersama) ataupun SOTR (Sahur on The Road) yang menjadi agenda wajib tiap Ramadhan oleh kebanyakan milenial terpaksa diurungkan. Hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang semakin merebak luas dan sulit dikendalikan.

Di tengah ketiadaan acara-acara rutin tahunan tersebut, nyatanya milenial tidak kehabisan jalan untuk mendapatkan hiburan. Terbukti untuk membunuh waktu bosan, pengguna media sosial semakin meroket tajam sehingga banyak content creator (selebgram, selebtok dan seleb-seleb lainnya) yang memanfaatkan hal ini.

Para content creator yang kebanyakan juga milenial memahami kebutuhan masyarakat yang haus akan hiburan dan mulai berlomba-lomba membuat konten untuk mendapatkan viewers yang banyak guna mendapatkan hasil monetisasi dari konten media sosial yang mereka buat. Oleh sebab itu, dengan menggunakan media sosial, kita bisa mendapatkan banyak informasi, hiburan yang menggelitik hingga edukasi serta konten dakwah yang bermanfaat dari para content creator tersebut.

Pada momen Ramadhan seperti sekarang ini, kita dapat menikmati karya-karya yang segar dan menghibur buatan anak bangsa terutama golongan milenial melalui beragam jenis konten media sosial yang menarik.  Yuk simak beberapa konten menarik dengan berbagai 'genre' yang dapat dinikmati dan beredar di media sosial saat ini.

1. Dakwah dan Konten Pembacaan Al-Quran untuk Siraman Rohani di Bulan Ramadhan

Konten Tiktok Dakwah (Source : TikTok @syams_elmarusy)
Konten Tiktok Dakwah (Source : TikTok @syams_elmarusy)

Ramadhan kali ini terasa berbeda karena kajian-kajian rutin di Masjid dibatasi. Hal ini tidak memutuskan semangat ustadz-ustadz muda untuk menyebarkan dakwahnya dengan cara kreatif melalui video yang diupload di media sosial. Sebut saja dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Husein Jafar dan ustadz milenial lainnya yang aktif berdakwah di media sosial Youtube. 

Tak hanya di Youtube, tapi juga di TikTok beberapa Ustadz muda seperti Ustadz Syams Elmarusy dan beberapa anak milenial dan gen Z seperti Agam Fahrul,Husain Ba syaiban dan masih banyak lainnya yang sering membagikan konten islami. Beberapa pendakwah tersebut seringkali sharing beragam ilmu agama dengan berbagai tema dan membagikan amalan sunnah yang dapat dilakukan lewat konten yang mereka buat. 

Tak hanya dakwah saja, di beberapa akun Youtube juga beredar konten pembacaan Al-Qur'an yang lengkap 30 Juz, merdu dan juga tartil. Kita bisa sekalian belajar memperbaiki bacaan sesuai dengan hukum tajwid yang berlaku agar bacaan lebih tartil selama bulan Ramadhan ini.

Hal ini dilakukan para pendakwah guna menebar kebaikan dan ilmu bermanfaat kepada masyarakat, seperti halnya JNE yang memberikan berkah Ramadhan dengan mengantarkan kebahagiaan saat hari raya ketika raga tak mampu bersua karena kondisi pandemi.

2. Rekomendasi Film WebSeries Tema Islami yang Menyentuh Hati

Web Series Ustad Milenial (Source : Tribbunews.com)
Web Series Ustad Milenial (Source : Tribbunews.com)

Karena tidak bisa leluasa jalan-jalan ke luar rumah saat menunggu buka puasa, banyak yang akhirnya memutuskan untuk menonton film saat ngabuburit ini. Berhubung menonton film adalah kegiatan favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu, hal ini dimanfaatkan oleh para sineas untuk menciptakan web series bernuansa islami yang dibintangi oleh aktor dan aktris muda.

Suguhan film bertemakan cerita Ramadhan dengan berbagai genre ini sangat menghibur apalagi didukung dengan kualitas sinematografi yang ciamik. Referensi web series Islami yang mudah diakses di Youtube dan sarat akan makna yang sedang tayang saat ini seperti Iman (karya RH Entertainment),  Ustadz Milenial  (WeTV Indonesia), Ramadhan The Extra Miles (Sicepat Indonesia), Kosan Bu Ridho (Indosat Ooredoo) dan masih banyak lainnya.

3. Konten Cara Membuat Menu Makanan Sahur dan Takjil Enak dan Anti Ribet 

sxiqcjpk2nqdn3yoozhb-60825fa18ede486d143bca72.jpg
sxiqcjpk2nqdn3yoozhb-60825fa18ede486d143bca72.jpg

Konten Video Memasak Menu Sahur 

(Source: Kumparan.com)

Kuliner adalah salah satu konten yang selalu  diminati dan meraup viewers banyak di berbagai media sosial baik di Instagram, Tiktok dan juga Youtube. Berhubung saat ini tengah memasuki momen bulan puasa, dengan cerdasnya para content creator ini membuat video singkat cara membuat makanan sahur dan berbuka yang cepat dan  dengan menyajikan berbagai menu yang berbeda setiap harinya.  

Yap benar sekali, di platform-platform media sosial banyak bertebaran celebrity chef, ibu-ibu muda, dan banyak pecinta kuliner yang tidak pelit membagikan rahasia resepnya dengan mengunggah video lengkap mulai dari cara membuat hingga cara penyajiannya. Konten video yang mereka buat biasanya dikemas secara artsy dan menarik serta bikin ngiler. Konten kuliner ini menjadi inspirasi para milenial untuk bereksperimen meniru menu sahur dan takjil  yang sederhana dan dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan untuk mereka cicipi.


4. Konten Tutorial OOTD hijab dan Outfit Kembar Bersama Keluarga di Hari Raya

OOTD Bersama Keluarga di Hari Raya (Source : http://www.halalstyle.com/)
OOTD Bersama Keluarga di Hari Raya (Source : http://www.halalstyle.com/)

Khusus untuk kaum hawa yang selalu up-to-date terhadap perkembangan fashion kekinian, tentunya selalu ada keinginan untuk membeli baju lebaran dengan model-model yang sedang nge-tren saat ini. Hal inilah yang menarik banyak minat para content creator untuk berkecimpung di industri fashion setelah melihat peluang besar tersebut.

Berbekal wajah cantik dan fotogenic di depan kamera, mereka membuat konten video tutorial makeup, tutorial OOTD sampai tutorial hijab spesial hari raya. Para content creator ini mampu mempengaruhi para viewers untuk membeli pakaian yang sama dengan yang mereka kenakan. Berbagai tampilan Outfit dari berbagai lokal brand dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand luar negeri dipadu-padankan untuk menciptakan Outfit Of The Day khusus hari raya untuk dijadikan konten yang menarik banyak viewers. Sebab inilah mereka mendapatkan banyak keuntungan dari hasil endorsement yang mereka lakukan. 

Tidak hanya untuk wanita saja, konten yang disajikan juga dapat menonjolkan produk OOTD  yang tersedia untuk couple dan family set. Sehingga, meskipun Lebaran 2021 tidak dapat bersilaturahmi, namun pastinya  kita dapat tetap membagikan kebersamaan di media sosial dengan memposting foto keluarga dengan baju yang senada. Hal ini juga mempengaruhi peningkatan pendapatan dan memperbaiki perputaran roda ekonomi terutama  UMKM di bidang fashion.

 

Salah satu hikmah yang bisa dipetik di bulan suci Ramadhan yang berjalan di tengah pandemi Covid-19 adalah lahirnya para content creator media sosial yang menunjukkan geliat positif karya anak bangsa menyambut bulan suci Ramadhan ini. Berbagai keterbatasan aktivitas tak membuat mereka terhenti menghasilkan karya luar biasa berupa konten yang menghibur dan mengandung nilai positif di bidangnya masing-masing yang patut kita apresiasi.

REFERENSI

https://www.jakmall.com/blog/8-konten-tiktok-puasa-ramadhan-2021-yang-bermanfaat-coba-bikin-yuk/. Diakses pada tanggal 23 April 2021 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun