MODUL 1.2. A. NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
1.2.a.3 Â MULAI DARI DIRI
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Bismillahirrohmanirrohim ... Perkenalkan saya, Dian Handayani salah satu calon guru penggerak angkatan 05.27 dari DKI Jakarta. Pada postingan kali ini saya menuliskan tugas modul 1.2.a.3 Â Mulai dari diri -- Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Kegiatan pembelajaran dimulai membuat diagram trapesium usia, lalu menuliskan refleksi dan nilai peran saya sebagai guru penggerak.
   Â
1. Refleksi
1.1. Peristiwa positif dan negatif, orang-orang yang terlibat dalam masing-masing peristiwa tersebut.
Peristiwa negatif yang pernah saya alami saat usia sekolah, yaitu saat kelas 2 SMA, saya mendapat teguran keras, sindiran tajam dan memalukan oleh guru fisika di depan teman-teman sekelas saya. Guru fisika saya, terkenal galak dan suka marah jika saat dia mengajar ada siswa yang tidak memperhatikan sungguh-sungguh materi yang ia sampaikan. Â Â Saat itu, sedang pembelajaran Fisika berlangsung seperti biasa saya dan teman-teman merasa tegang dan takut saat ditunjuk tidak bisa menjawab pertanyaannya. Suasana kelas yang sangat hening, hanya terdengar suara bu guru menerangkan materi fisika, tiba-tiba saya mendengar suara buang angin aneh yang cukup panjang(tuu..liliittt...) dari teman sebangku saya, karena ia berusaha untuk menahan buang angin tersebut. Seketika itu, spontan saya berupaya menahan rasa tawa, sekaligus takut kepergok bu guru. Kekhawatiran saya menjadi kenyataan, benar saja saya kena marah secara psikis, mental saya dijatuhkan di depan teman-teman.
Bu guru: Â Kenapa kamu senyum-senyum seperti menertawakan saya mengajar, kamu