Mohon tunggu...
Dian Ayana
Dian Ayana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Yuk Mengenal O-Ranger

8 Oktober 2018   16:54 Diperbarui: 8 Oktober 2018   17:00 2667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Oranger membantu siapa aja

Dalam transformasi PT Pos Indonesia terhadap kemajuan dan modernisasi zaman serta bersaing dengan competitor lain yang bergerak di bidang yang sama itulah yang melatarbelakangi mengapa O-Ranger PT Pos Indonesia ini dibentuk, Sesungguhnya modal dari PT Pos ini secara jaringan sudah sangat kuat.

Pos Indonesia merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1746 dengan memiliki jaringan yang sangat luas hingga 4.800 Kantorpos online. Jumlah titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain. Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal, Track and Trace, layanan yang prima, kecepatan, ketepatan, serta harga yang kompetitif. Kantorpos merupakan tempat strategis untuk transaksi penjualan dan atau distribusi barang dan jasa.

O-Ranger merupakan tim yang dibentuk Pos Indonesia untuk melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area.

O-Ranger berasal dari kata Orange, yang merupakan warna lambang dari Pos Indonesia.

Terdiri dari 2 kata yaitu "O" dan "Ranger":

"O" yang merupakan kependekan dari sederetan kata Optimist, Onward, Outstanding, Observant, dan Outgoing.

"Ranger" (ranger) yang berarti pengembara atau penjelajah, melambangkan kegigihan tim dalam melaksanakan tugasnya dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki.

Lalu apa sebenarnya dari tugas serta peran dari O-Ranger PT Pos?

Melakukan pick up service.

Terobosan dan modernisasi PT Pos ini memang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan PT Pos, apalagi persaingan yang ada kini sudah sangat keras, perusahaan jasa kurir lainnya pun memiliki layanan ini, namun kelebihan dari PT Pos Indonesia ini adalah jaringan yang telah terbentuk di Nusantara sangat banyak. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa memiliki jaringan yang sangat luas hingga 4.800 Kantorpos online. Jumlah titik layanan (Point of Sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain.

Menawarkan produk unggulan Pos Indonesia.

Lalu O-Ranger dalam pekerjaannya tentunya akan melakukan promosi produk unggulan dari PT Pos Indonesia. Untuk jasa pengantaran surat ada layanan pos ekspress, pos biasa, serta paket kilat. Oh ya ternyata PT Pos Indonesia ini sudah kerjasama juga dengan PT Garuda Indonesia, jadi pengiriman kargo pun aman untuk dikirim. Bahkan pengiriman internasional pun bisa dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Melakukan pendataan pelanggan dan calon pelanggan.

Data base penting bagi sebuah perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya O-Ranger inilah yang juga akan melakukan pendataan terhadap pelanggan ataupun calon pelanggannya sehingga data base pelanggan pun dimiliki oleh PT Pos.

Memprospek calon pelanggan

Inilah kenapa saya sebut O-ranger adalah salah satu garda terdepan PT Pos. O-Ranger melakukan prospek bagi calon pelanggan, tujuannya adalah jelas bagaimana pelanggan baru akan didapatkan oleh PT Pos Indonesia.

Paket barang yang dikirim cukup besar juga membuat pelangan butuh bantuan untuk diangkut. Itulah sebabnya O-Ranger hadir langsung menjemput barang sekaligus mempromosikan diri. Ujicoba O-Ranger bulan lalu mendapat kesan yang baik pada masyarakat terlebih yang tidak mengenal fungsi pos. Waktu operasional kantor pos juga dirombak total. Jika dulu hanya sesuai jam kantor, kini bisa dinikmati setiap hari sampai tengah malam. Ayo terus bertransformasi PT Pos menjadi Perusahaan berkelas dunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun