Mohon tunggu...
DIANA Sweety
DIANA Sweety Mohon Tunggu... Penulis - penulis, enterprenuer, bisnis

Mahasiswa jurusan Filsafat Islam di Uin Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Merdeka dengan Produk Indonesia

15 Agustus 2018   21:35 Diperbarui: 15 Agustus 2018   23:03 968
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi dimasa sekarang sudah sangat pesat sekali, kita sebut saja era milineal ini sebagai eranya digital. 

Jika dahulu digital sebagai kemudahan dalam era komunikasi, berbeda dimasa saat ini digital sudah sangat canggih untuk memenuhi kebutuhan manusia, termasuk kemudahan dalam bentuk promosi-promosi produk yang ingin kita tunjukkan pada khalayak umum. 

Semakin banyak orang yang mengenal ataupun memakai digital maka tak lepas dari persaingan global yang ketat. Salah satu yang menjadi tantangan besar untuk negara kita yaitu Indonesia adalah teknologi. Begitu mudahnya produk-produk asing yang masuk ke negara kita dan dikenali oleh orang Indonesia itu sendiri. 

Faktanya, mengapa orang Indonesia bangga menggunakan produk asing yang terkadang pembuat utama adalah orang Indonesia itu sendiri. Alasan yang simpel, karena pada saat itu tidak adanya wadah atau tempat yang mau mengapresiasi karya-karya anak bangsa yang sebenarnya tidak kalah dengan kualitas asing.

Kreativitas ataupun karya-karya anak bangsa harusnya diberikan apresiasi dengan harga yang cukup fantastis, jika disadari ternyata orang-orang Indonesia punya jiwa kreativitas yang sangat tinggi, namun kreativitas mereka tidak dikenali di negaranya sendiri. Sehingga mereka menjual karya-karyanya dengan negara lain yang lebih menguntungkan untuk dirinya. 

Produk-produk asing mulai bergerak merambak di era digital melalui belanja online yang memudahkan mereka untuk melihat barang yang ditawarkan dan memudahkan untuk transaksi barang. 

Saat ini indonesia siap bersaing dengan kancah internasional dan memperkenalkan produk-produk kita dengan negara asing, melalui situs online yang mengumpulkan kreativitas anak-anak bangsa Indonesia, karya-karya mereka akan semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. 

Qlapa adalah salah satu yang merangkul kreativitas mereka kedalam sistem digital untuk memperkenalkan produk-produk indonesia yang dibuat langsung oleh orang Indonesia itu sendiri.

Pembelanjaan online sangat digemari dimasa sekarang, mengingat semua orang punya kesibukan masing-masing, sekaligus memudahkan mereka untuk tidak capek-capek berkeliling untuk mencari barang yang sesuai dengan keinginannya. 

Qlapa adalah situs web mal online (marketplace) khusus untuk kerajinan tangan buatan Indonesia. Penawaran yang berbeda dengan situs belanja online lainnya, Qlapa memudahkan transaksi pembeli untuk membeli produk dengan pembuatnya secara langsung. 

Dengan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia, kini Qlapa sudah mempunyai ratusan pembeli. Qlapa merupakan pusatnya produk handmade Indonesia dengan kualitas yang bernilai untuk berbagai hal seperti hadiah, koleksi, dan lifestyle. Qlapa merupakan pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi.

Qlapa adalah perusahaan yang didirikan oleh Benny Fajarai selaku CEO, dan Fransiskus Xaverius selaku CTO yang sebelumnya telah bekerja di perusahaan teknologi terbesar semacam google, Blackberry, Zynga, dan Homejoy. 

Diawal 2015, Frans memutuskan kembali ke Indonesia untuk mengembangkan Qlapa yang sekarang digawangi 10 karyawan. 

Melihat pengrajin Indonesia yang begitu banyak, peluang itu diambil untuk mempromosikan produk-produk berkualitas Indonesia yang saat ini sudah dikenal banyak orang, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di Internasional. Setiap transaksi di Qlapa menggunakan sistem yang diotomatisasi dan menggunakan rekening bersama, sehingga pembeli bisa melakukan transaksi dengan nyaman dan aman.

Produk kerajinan tangan dari Qlapa ini ternyata mendapat apresiasi dari pasar lokal dan internasional karena didorong oleh pertumbuhan penjualannya oleh sekelompok pemuda yang coba menjualnya melalui situs web jual beli online di Qlapa. 

Qlapa menyediakan fitur yang memungkinkan penjual untuk memperoleh pesanan yang dikostumisasi sesuai harapan pembeli. 

Penjual juga bisa menerima pesanan dalam bentuk pre-order jika sipengrajin hanya mau membuat produk berdasarkan pesanan. 

Adapun perhitungan ongkos kirim serta manjemen pemesanan, hal ini diharapkan Qlapa bisa membuat pengrajin bisa lebih efisien dalam menjalankan kegiatan jual-beli dan bisa fokus pada kualitas produk.

Dengan hadirnya Qlapa sebagai wadah kreativitas pemuda Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik dari lokal maupun internasional. Indonesia mempunyai pemuda yang kaya akan kreativitas yang mesti diapresiasi untuk kemajuan dibidang industri, potensi besar tersebut salah satu peluang untuk negara Indonesia dalam mencapai hasil subsektor tertinggi di industri kreatif.

            

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun