Administrasi secara etimologi berasal dari bahasa latin Ad artinya intensif dan minitrare artinya melayani, memenuhi dan membantu.
Secara terminologi administrasi merupakan sebuah upaya untuk melayani, membantu dan memenuhi dalam mencapai suatu tujuan.
Tujuan Administratif :
- Mengatur dan memantau kegiatan
- Penyusunan programÂ
- Mengevaluasi untuk tetap berjalan lancar
Ciri administrasi :
Memiliki tujuan yang jelas
Kegiatan kepemimpinan, bimbingan dan pengawasan.
Fungsi administrasi :
1. Planning
Merencanakan dengan kematangan.
2. Organizing
Pengorganisasian terkait penugasan.
3. Staffing
Menemukan, menilai, mengevaluasi serta menetapkan tenaga kerja.
4. Directing
Membimbing untuk memberikan masukan untuk melahirkan sebuah solusi kemajuan.
5. Cooordinating
Pengkoordinasian agar dapat berjalan sesuai waktu dan tempat.
6. Reporting
Mempertanggungjawabkan dengan menginformasikan semua yang telah dilakukan.
7. Budgeting
Merencanakan penganggaran, asal dana, menghitung kas masuk dan keluar serta melakukan pengawasan.
Jenis administrasi
1. Administrasi Kependudukan
Pendataan terkait sensus penduduk,berdasarkan kategori tertentu.
2. Administrasi Keuangan
Mengatur, mengelola pengelolaan keuangan.
3. Administrasi Lingkungan
Melakukan survei terkait situasi lingkungan.
4. Administrasi Negara
Berkaitan dengan ilmu sosial terkait lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.
5. Administrasi Pembangunan
Merealisasikan pengelolaan oleh negara atau pemerintah dalam pembangunan.
6. Administrasi Perkantoran
Merencanakan keuangan, pencatatan, personalia, dan distribusi serta logistik.
7. Administrasi Niaga
Mengatur segala keperluan terkait perniagaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H