Mohon tunggu...
diananovitasari
diananovitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya suka tentang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Konten Clash of Champions: Apakah Memengaruhi Motivasi Belajar Generasi Muda?

24 November 2024   23:57 Diperbarui: 25 November 2024   00:04 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KONTEN CLASH OF CHAMPION: APAKAH MEMENGARUHI MOTIVASI BELAJAR GENERASI MUDA? 

Platform online sebagai tempat belajar generasi muda 

Era digital yang semakin berkembang, generasi muda sangat terfasilitasi untuk belajar bukan hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas, seperti belajar melalui platform online dan media sosial. Dalam dunia pendidikan dibutuhkan motivasi untuk menjadi faktor pendorong minat belajar generasi muda. Hal ini penting karena motivasi dapat meningkatkan minat belajar untuk mencapai keberhasilan akademik. Platform-platform online yang menyajikan konten pembelajaran mungkin sudah banyak tersedia tetapi jarang diminati oleh generasi muda. Tingkat motivasi belajar yang kurang inilah yang harus dibenahi dengan disediakan konten-konten yang bukan hanya tentang pembelajan dan pendidikan saja, tetapi tentang hiburan yang digabung dengan pendidikan. Proses belajar agar tidak bosan dan jenuh diperlukan suatu hal untuk meningkatkan motivasi terlebih dahulu, setelah tercipta motivasi maka proses belajar baru dapat dilakukan supaya hasilnya bisa lebih optimal.

Konten Clash of Champion menjadi sorotan

 Ruangguru sebagai perusahaan teknologi yang berbasis layanan pendidikan membuat konten Clash of Champions yang diunggah di aplikasi Ruangguru dan Youtube menjadi trending di sosial media. Konten yang berisi tentang hiburan yang digabungkan dengan pendidikan yang menampilkan mahasiswa dari berbagai universitas yang saling bersaing di dalam sebuah permainan yang mengasah kecerdasan. Dalam konten tersebut mahasiswa sangat pintar dalam menjawab soal di dalam sebuah permainan menjadikan para penonton konten tersebut sangat takjub dan terapreasi untuk menjadi seperti mereka. Konten Clash of Champion dapat menjadi pemicu generasi muda untuk belajar mandiri dengan mengasah keterampilan mengerjakan soal karena mahasiswa yang mengikuti Clash of Campions juga membagikan tentang cara-cara belajar mereka.

Membangkitkan motivasi belajar dengan konten Clash of Champions

Saat belajar biasanya generasi muda akan mudah bosan dan jenuh dengan cara belajar yang monoton, Clash of Campion menghadirkan cara baru untuk mengatasi hal ini dengan cara belajar digabungkan dengan permainan untuk memperoleh poin dan mendapatkan peringkat tertinggi. Generasi muda akan merasa bahwa cara belajar seperti ini menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjadi tekanan sehingga meningkatkan motivasi belajar yang lebih signifikan untuk mencapai hasil yang memuaskan. Clash of Champions juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang menjawab soal dengan benar untuk meningkatkan pencapaian sehingga generasi muda juga dapat belajar bahwa untuk mendapatkan penghargaan memerlukan usaha yang keras dalam belajar, penghargaan ini akan membuat generasi muda merasa dihargai dan akan lebih berusaha mempertahankan bahkan meningkatkan cara belajar mereka dan hal itulah yang akan lebih memotivasi mereka.

Dampak positif konten Clash of Champion

            Selain dapat membangkitkan semangat dan menumbuhkan motivasi untuk belajar bagi generasi muda, konten Clash of Champions juga memiliki banyak dampak positif yang dapat kita ambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Clash of Champions dapat membantu mengembangkan keterampilan strategis karena para pemainnya harus bisa mengambil keputusan secara tepat dalam waktu singkat untuk menyelesaikan tantangan dalam permainan. Hal ini dapat membantu generasi muda dalam mengambil keputusan dengan berpikir kritis untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Clash of Champions juga mengajarkan cara bekerja sama dalam sebuah tim. Dalam beberapa permainan para peserta dibuat menjadi sebuah tim yang mengharuskan untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan saling mendukung untuk mencapai kemenangan. Clash of Champions mengajarkan ketangguhan mental dan psikologis, kadang saat berada pada sebuah kompetisi para peserta akan mengalami tekanan untuk tampil secara maksimal pada suatu pertandingan, hal itu dapat menyebabkan stress. Oleh karena itu pengelolaan kestabilan emosi sangat penting untuk tetap bersemangat dan tidak mudah menyerah. Permainan dalam Clash of Champions juga mengajarkan generasi muda untuk dapat belajar dari kegagalan. Kegagalan bukanlah akhir, tetapi sarana belajar untuk mencoba kesempatan selanjutnya dengan strategi yang lebih baik.

Dampak negatif  konten Clash of Champions

            Meskipun Clash of champion banyak  dampak positif yang dapat diambil, tidak dapat dipungkiri bahwa konten tersebut juga membawa dampak negatif. Ketika generasi muda menonton konten tersebut dan membuatnya kecanduan maka bisa menyebabkan gangguan produktivitas dan menganggu waktu belajar. Hal ini akan menyebabkan generasi muda menonton konten-konten yang mirip dengan konten Clash of Champions yang menyebabkan mereka mengabaikan tanggung jawab dan tugas-tugas mereka sebagai pelajar. Konten ini juga memiliki durasi yang lama untuk menontonnya, hal itu dapat menyebabkan berkurangnya generasi muda untuk aktivitas interaksi sosial langsung dengan teman atau keluarga.

Kesimpulan

            Konten Clash of Campions dapat memengaruhi motivasi belajar generasi muda karena menghadirkan cara baru dalam belajar yaitu dengan belajar digabungkan dengan permainan. Dengan banyaknya dampak positif yang sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadikan konten ini baik untuk dikembangkan lebih lanjut agar menjadi lebih bermanfaat di masa depan. Selain dampak positif ada dampak negatif yaitu keterlibatan berlebihan hingga menyebabkan terganggunya waktu belajar dan berkurangnya aktivitas interaksi sosial adalah hal yang harus dikontrol. Generasi muda harus bisa menyeimbangkan antara hiburan dan tanggung jawab agar tercipta kehidupan yang baik dan seimbang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun