Mohon tunggu...
Dian AnggreniBr
Dian AnggreniBr Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hai, Saya Dian Anggreni Br Tarigan sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Palangka Raya. Saya menyukai banyak hal salah satunya yaitu Game. Game yang sering saya mainkan Mobile Legend. Walaupun Noob tapi saya tetapa bermain. hehehheheh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Daya Saing UMKM Dapur Yuko Kota Palangka Raya

22 Mei 2023   21:25 Diperbarui: 22 Mei 2023   21:25 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Analisis Daya Saing UMKM Dapur Yuko Di Kota Palangkaraya Serta Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran

Muhammad Farras Nasrida, S. Pd., M.Si.

Novusa Aliantie

Dian Anggreni Br Tarigan

Universitas Palangkaraya

Jl. Hendrik Timpang, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

novosaalyantie2585@gmail.com

diananggrenitg@gmail.com

ABSTRAK

Dalam struktur dan ruang lingkup ekonomi di Indonesia UMKM memiliki peran dan posisi yang penting dan strategis dalam menjaga stabilitas perekonomian secara mikro. UMKM sendiri akan mampu bertahan apabila dapat menerapkan pengelolan manajemen dengan baik, pengelolaan manajemen mencakup di bagian bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan. Strategi pemasaran adalah salah satu keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu perusahaan yang memproduksikan barang dan jasa. Penelitian ini kami lakukan di Jl Bukit Keminting Palangkaraya, yang bergerak dalam bidang usaha Donat. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa Donat di Dapoer Yuko merupakan UMKM yang lumayan besar di kota Palangkaraya dengan memiliki 2 cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data dianalisis dengan menggunakan komunikasi terbuka dan percakapan. Menurut peneliti UMKM Dapoer Yuko ini sudah tepat dalam mengevaluasi usahanya, kualitas pelayanan yang diberikan dengan cara tidak langsung terhadap karyawan untuk melihat baik tidaknya pelayanan yang diberikan. Dari segi harga pun donat kentang Dapoer Yuko juga termasuk ramah dikantong,dengan komposisi  bahan yang digunakan penjualan donat kentang Dapoer Yuko ini terbilang relative murah yaitu dengan harga mulai dari Rp.18.000-Rp. 35.000/box untuk isi serta size yang disediakan.

 

1. PENDAHULUAN

Dalam struktur dan ruang lingkup ekonomi di Indonesia UMKM memiliki peran dan posisi yang penting dan strategis dalam menjaga stabilitas perekonomian secara mikro. Selain berperan dalam menjaga kestabilan dari pertumbuhan ekonomi nasional, peran langsung UMKM adalah mengurani beban tanggung jawab pemerintah dalam memberi peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat. UMKM juga tidak hanya menyumbangkan pajak dalam jumlah yang besar, tetapi mampu mengurangin tingkat pengganguran yang ada di Indonesia, maka pemerintah diharapkan dapat mendukung UMKM untuk dapat terus bertahan serta berkembang. UMKM sendiri akan mampu bertahan apabila dapat menerapkan pengelolan manajemen dengan baik, pengelolaan manajemen mencakup di bagian bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan.

Strategi pemasaran adalah salah satu keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu perusahaan yang memproduksikan barang dan jasa. Penyusunan strategi pemasaran dibutuhkan konsep dan perencanaan yang baik untuk memenangkan persaingan, konsep dan perencanaan pasar harus disusun secara tepat supaya mampu memberikan informasi yang benar. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran adalah terkait dengan berhasilnya menentukan produk yang tepat, harga yang baik, saluran distribusi yang baik serta media promosi yang efektif.

2. LANDASAN TEORI

a. UMKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan yang dikelola oleh individual atau perorangan yang tidak dibentuk ataupun dikelola oleh badan usaha yang bersifat independent. UMKM juga adalah usaha yang memiliki potensi yang sangat besar di setiap wilayah di Indonesia, dikarenakan sifat yang nyata dalam menciptakan peluang dan juga pengaruh dari pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah.

b. Daya Saing

Persaingan merupakan inti dari sebuah kesuksesan atau kegagalan perusahaan yang mana kemampuan suatu komoditasnya untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan di dalam pasar. Persaingan dengan sisi kesuksesan mendorong perusahaan untuk dapat lebih dinamis dan mampu bersaing dalam menghasilkan sebuah produk serta memberikan layanan yang baik bagi pasar, sehingga persingan dapat dianggap sebagai peluang motivasi bagi perusahaan. Daya saing juga ditentukan oleh keunggulan bersaingan perusahaan dan sangat bergantung pada tingkat sumber daya yang relatif atau bisa juga disebut keunggulan kompetitif.

c. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang dan jasa secara kesinambungan untuk dapat memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Strategi pemasaran sendiri terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran perusahaan, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran dilakukan dengan mengembangkan keunggulan bersaing dan program yang digunakan untuk pasar sasaran.

3. METODE PENELITIAN

Penelitian ini kami lakukan di Jl Bukit Keminting Palangkaraya, yang bergerak dalam bidang usaha Donat. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa Donat di Dapoer Yuko merupakan UMKM yang lumayan besar di kota Palangkaraya dengan memiliki 2 cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data dianalisis dengan menggunakan komunikasi terbuka dan percakapan.

4. HASIL DAN PEMBAHASAN

Dalam usaha mikro kecil menengah keadaan pasang surut adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkiri.setiap bisnis apapun itu pasti ada pasang surutnya dan semua pembisnis pasti akan merasakan hal tersebut. Hampir semua pembisnis akan mengalami apa itu penurunan penjualan. Jadi kita sebagai pembisnis harus bisa menghadapi hal tersebut dan bangkit dari keterpurukan penjualan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan sebagai pembisnis untuk menyelamatkan bisnis yang telah kita jalankan.

1. Lakuakan Evaluasi

Evaluasi adalah salah satu hal yang penting dalam kita berbisnis. Dalam evaluasi ini syarat utama yang diperlukan yaitu menemukan penyebab dari penurunan penjualan anda.

Mulailah memikirkan apa yang kurang tepat dalam penjualan baik itu strategi marketingnya, target marketnya,atau layanan pelanggan. Menurut peneliti UMKM Dapoer Yuko ini sudah tepat dalam mengevaluasi usahanya, beliau (owner) dari Dapoer Yuko ini selalu memikirkan kualitas pelayanan yang diberikan dengan cara langsung datang ke toko untuk melihat karyawan baik atau tidaknya pelayanan yang diberikan. Beliau juga dalam pemilihan lokasi pemasaran selalu melihat target marketnya salah satu contohnya cabang yang ada di Jl Bukit Keminting yang memiliki target market mahasiswa/I UPR.

2. Promosi (Promotion) Seta Perbaikan Harga (Price)  

Promosi adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh pengusaha untuk menawarkan dagangan yang di pasarkan baik secara langsung maupun melewati platfrom-platfrom yang telah disediakan,salah satu platfrom yang digunakan adalah Instagram. Dalam instragam pengikut atau followers dari Dapoer Yuko ini relative banyak yaitu sebesar 2,529k dari situlah masyarakat atau pelanggan mengetahui apa yang di dipasarkan oleh beliau.

Dari segi harga pun donat kentang Dapoer Yuko juga termasuk relative ramah dikantong,dengan komposisi  bahan yang digunakan penjualan donat kentang Dapoer Yuko ini terbilang relative murah yaitu dengan harga mulai dari Rp.18.000-Rp. 35.000/box untuk isi serta size yang disediakan. Dipasarannya sendiri yang ada di kota Palangkaraya untuk harga tersebut Dapoer Yuko telah unggul,karna dipasaran harga donat donat perboxnya mulai dari Rp.25.000-Rp.100.000.

5. KESIMPULAN

Jadi evaluasi dan promosi sangat penting dalam membangun sebuah usaha karena memiliki pengaruh terhadap usaha yang dijalankan. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan yang dikelola oleh individual atau perorangan yang tidak dibentuk ataupun dikelola oleh badan usaha yang bersifat independent. Persaingan merupakan inti dari sebuah kesuksesan atau kegagalan perusahaan yang mana kemampuan suatu komoditasnya untuk masuk ke dalam pasar luar negeri dan kemampuan untuk bertahan di dalam pasar. Strategi pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang dan jasa secara kesinambungan untuk dapat memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Evaluasi adalah salah satu hal yang penting dalam kita berbisnis. Dalam evaluasi ini syarat utama yang diperlukan yaitu menemukan penyebab dari penurunan penjualan. Promosi adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh pembisnis untuk menawarkan dagangan yang beliau pasarkan baik secara langsung maupun melewati platfrom-platfrom

DAFTAR PUSTAKA

Journal Economics and Management (JECMA) Volume 4, No. 1, Februari 2022, p. 1-10 Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Kabupaten Bekasi

Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol V, No 1, April 2014 Peningkatan Daya Saing UMKM Alas Kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun