Diana F Singgih
Diana F Singgih Mohon Tunggu... Lainnya - baru belajar menulis

Pensiunan yang saat ini hobinya merajut dan traveling

Pahawang, Surga Kecil di Selatan Pulau Sumatera

8 Oktober 2024   20:39 Diperbarui: 8 Oktober 2024   21:19 19

Tak banyak yang tahu tentang pulau Pahawang, sebuah pulau kecil di antara beberapa pulau kecil lain di Propinsi Lampung. Kalau kita masukkan kata Pahawang di mesin pencari, maka akan muncul gambar pasir putih, air jernih hingga dasar lautnya terlihat, dan gubuk-gubuk yang berdiri di atas laut.

Persis seperti resort mahal di kepulauan Maldives, tapi ini di negeri sendiri dan lokasinya relatif tidak jauh dari ibukota.

Penasaran dengan Pahawang, meluncurlah kami di suatu hari yang cerah dengan mobil pribadi. Hanya pak suami dan saya, seperti biasa.

Baca juga: Di Peron Stasiun

Perjalanan darat kami cukup lancar, dari Bekasi masuk tol dalam kota, lanjut tol Jakarta Merak hingga sampai di pelabuhan Merak. Nah, setelah sampai di pelabuhan itu kami baru tahu bahwa membeli tiket penyeberangan harus lewat aplikasi Ferizy.

Sambil antre kami mendaftar dan membeli tiket. Karena tidak pernah menyeberang dengan ferry maka kami mengikuti mobil di depan kami, dan ternyata ada 2 antrean, ekspres dan reguler, dan kami antre yang reguler. Beruntung masih pagi jadi antrean belum terlalu panjang. Sambil menunggu kami sempat jajan makanan kecil dulu di mall pelabuhan.

Penyeberangan memakan waktu 2 jam. Begitu mendarat di Bakauheni kami langsung mencari masjid terdekat, yaitu masjid BSI Bakauheni, untuk sholat zuhur. Masjid ini baru diresmikan Maret 2023.

Setelah sholat dan mencari warung makan terdekat, kami melanjutkan perjalanan melintasi jalan tol Bakauheni - Bandar Lampung untuk jalan-jalan dulu di kota Bandar Lampung dan menginap semalam.

Keesokan paginya setelah sarapan kami berangkat ke titik pertemuan dengan tour guide yang sudah mengatur perjalanan dengan perahu ke resort di Pahawang. Titik pertemuan adalah dermaga kecil tempat para pelancong yang ingin berwisata ke pulau Pahawang dan pulau Kelagian.

Sampai di dermaga kami bertemu dengan tour guide, dan tak lama kemudian kami sudah di perahu kecil yang akan mengantar kami ke penginapan. Air laut tenang karena dermaga ini terletak di teluk. Paket perjalanan kami termasuk snorkeling, jadi perahu kami berhenti sejenak di area snorkeling.

Cukup banyak pengunjung yang sedang menikmati pemandangan bawah laut dengan ikan berwarna warni dan terumbu karangnya.