Mohon tunggu...
Diana Pujiatie
Diana Pujiatie Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi di SMAN 1 Pulaupanggung Tanggamus Lampung

Menulis adalah cara terbaik mengeja bilangan tahun.Menulis adalah jalan setapak menorehkan kenangan.Menulis adalah jalan panjang menciptakan sejarah diri sendiri.Menulis adalah cara papipurna untuk mencipta keabadiaan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ada Air Mata di Lokakarya 3

25 Maret 2023   11:42 Diperbarui: 25 Maret 2023   12:17 422
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tanggamus, 11 Maret 2023. Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung menggelar Lokakarya 3 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 kabupaten Tanggamus bertempat di SMPN 2 Pugung Kabupaten Tanggamus diikuti oleh Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik. Selain itu dihadiri juga perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus dan BGP sebagai tim monitoring dan evaluasi.Pada lokakarya 3 angkatan ke-7 dibagi menjadi 4 kelas dengan tiap-tiap kelas terdiri dari 2 pengajar praktik dan 10 Calon Guru Penggerak.1 orang Pengajar Praktik mendampingi 5 orang Calon Guru Penggerak.

Kelas yang dibentuk berbeda dengan lokakarya 2 dengan tujuan agar saling mengenal . Kegiatan lokakarya 3 dimulai dengan pembukaan. Sesi pembukaan menjadi kunci keterlibatan peserta di pelatihan. Pengajar Praktik memulai pelatihan dengan sapaan hangat dan bersemangat.  Musik instrumen dengan irama ceria diperdengarkan sebagai pembuka kegiatan.

Berada di Kelas D _PP_A7_06_B2 Diana Pujiatie dengan para CGP 1) Zainal Arifin SMAN 1 Sumberejo;  2) Dian Afril Lia Maya Sari SMAN 1 Limau;  3) Tri Turidah Ulfah SMPN 1 Pulau Panggung ; 4) Vebia Yonata SDN 1 Banding Agung;  dan 5) Isariani SDN 2 Kuripan Kota Agung  bersama _PP _ A7_06_B5  Apiv Avisa Kusuma dengan para CGP- nya dengan para CGP- nya 1)Yuni Sri Haryani SDN 1 Campang; 2) Meliawati SDN 2 Sukamerindu; 3) Apriyadi SDN Tegal Binangun; 4) Tika Sulistiana SMPN 1 Air Naningan; dan 5) Agung Ari Wibowo SMKN 1 Kota Agung Barat.

Aktivitas Pembelajaran di Ruang Lokakarya 3

Agenda kegiatan di Lokakarya 3   bertemakan "Peran Pemimpin dalam Pembelajaran"   terbagi dalam 6 kegiatan/sesi

 1. Pembukaan (30")

 2. Simulasi pembelajaran berdiferensiasi. (110' )

3. Praktik berkesadaran penuh (mindfulness). (90')

4. Praktik integrasi  kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran. (80')

5. Membuat rencana berbagi pengalaman belajar konsep pembelajaran  

    berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.(30')

  6. Penutup (10') 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
Tujuan Belajar

Setelah melalui tahapan belajar  pada lokakarya 3 diharapkan : 1) Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang pembelajaran berdiferensiasi; 2)Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka mengenai mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar; 3) Calon Guru Penggerak merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.

Kegiatan awal di kelas D Sesi pembukaan menjadi kunci keterlibatan peserta di pelatihan. Pengajar Praktik memulai pelatihan dengan sapaan hangat dan bersemangat.  Musik instrumen dengan irama ceria diperdengarkan sebagai pembuka kegiatan.Pembukaan dipandu oleh PP_A7_06_ B2 Diana Pujiatie dengan Ice Breaking " Tebak yang Saya Katakan"

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki kegiatan inti, yaitu melakukan kesepakatan kelas yang meliputi kesepakatan waktu, partisipasi, fokus, ketertiban, toleransi, dan kebersihan.

Sesi 1 di pandu oleh PP Apif Avisa Kusuma dengan materi 1) . Simulasi pembelajaran berdiferensiasi. (110' ) Tujuan : 1) Calon Guru Penggerak mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang pembelajaran berdiferensiasi; melalui simulasi mengajar ;  2) CGP dapat melakukan identifikasi 5 aspek yang perlu diperhatikan dalam menyusun pembelajaran diferensiasi.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi

Satu CGP yang sudah ditunjuk melakukan simulasi mengajar; dua orang sebagai observer; CGP yang lain menjadi murid.

Alur Simulasi:

Waktu simulasi adalah 1 JP atau 45 menit; setelah simulasi mengajar berlangsung observer dipersilahkan mengajukan pertanyaan sesuai panduan observasi; refleksi hasil simulasi mengajar. 

Refleksi Terbimbing Hasil Simulasi:

Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak  berdiri membentuk lingkaran. Nyatakan refleksi dengan empat kata yang dimulai dengan kalimat: ' ternyata pembelajaran berdiferensiasi itu .... Terakhir menyimpulkan tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Sesi 2 : Praktik Mindfulness dan Refleksi (90').

CGP dapat melakukan praktik mindfulness Teknik STOP (Stop :Berhenti Sejenak; Take abreath: ambil napas dalam; Observer: amati sensasi pada tubuh,perasaan,pikiran dan lingkungan; Proced:selesai dan lanjutkan). Latihan Mindfulness terbagi dalam 3 sesi,Latihan Teknik STOP: 1) Mindfulness; 2) Mindfull lintening; 3) Mindfull Seeing.

Sesi ini PP yang memandu adalah PP_A7_06_B2 Diana Pujiatie.

Untuk mengawali praktik Mindfullness dan refleksi PP memberikan penjelasan kepada para CGP.Pada praktik Mindfullness para CGP terbawa emosi, karena mereka melakukan Mindfullness nya dengan hati. Kalimat-kalimat penuh sugesti yang dinarasikan oleh PP Diana Pujiatie membawa CGP pada kedasaran penuh. Beberapa CGP seakan terhipnotis dan mengeluarkan air matanya. Tak kuasa untuk menahan apa yang ada pada dirinya Ketika menghadirkan kesadaran penuh seutuhnya.

Pada sesi ini pengajar praktik memfasilitasi CGP dengan menyampaikan amati pikiran dan perasaan anda, sebelum melakukan, saat melakukan (apakah mudah kehilangan fokus) dan sesudah melakukan latihan. Semua itu ditulis di sticky note kemudian ditempelkan di kertas plano yang sudah ada.

dokpri
dokpri

Tepat Pukul 12.00 WIB peserta istirahat dan memasuki ruang kelas kembali pada pukul 13.00

Sesi 3 Praktik Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran (80').

Pada kegiatan ini diharapkan CGP dapat mendemontrasikan pemahamannya tentang integrasi kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran.

Dalam Integrasi Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran CGP menyiapkan RPP berdiferensiasi yang dibawa untuk di didkusikan dan memasukkan minimal dua kompetensi sosial emosional ke dalam RPP tersebut. KSE yang dikembangkan meliputi: 1) kesadaran diri;2) pengelolaan diri; 3) Kesadaran sosial; 4) Keterampilan berelasi; 5) pengambilan keputusan yang bertanggungjawab. Tiap kelompok mensimulasikannya dan observer menyampaikan observasinya.

Sesi 4: Startegi Berbagi Hasil Pembelajaran (30').

CGP dapat membuat strategi berbagi dengan rekan sejawat di sekolahnya tentang ilmu yang didapat dalam program guru penggerak. Diskusi strategi berbagi hasil pembelajaran dibagi menjadi 3 kelompok, mendiskusikan sttarategi berbagi dengan teman sejawat, waktu 10 menit kemuadian mempresentasikannya. 

Sesi 5: Penutup Lokakarya.

CGP melakukan refleksi pembelajaran atas lokakarya yang dilalui. CGP mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk sesi pendampingan individu selanjutnya (PI 4). Pada PI 4 ada evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran, observasi kelas dalam penerapan modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, sosial-emosional, observasi pembelajaran yang berpusat pada murid. 

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Ada pepatah yang menyatakan "guru terbaik adalah pengalaman", Setiap pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di lokakarya 3 ini.

Untuk menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran di lokakarya 3 ini, bisa dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan format P3 berikut: 1) PERASAAN - Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah mengikuti sesi lokakarya 3; 2) PEMBELAJARAN -- Apa saja yang telah Bapak/Ibu pelajari di sesi lokakarya ini?; 3) PENERAPAN -- Bagaimana Bapak/ibu menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah bapak/ibu bertugas?

Maknai, Optimalkan dan aktualisasikan dalam keseharian sebagai Calon Guru Penggerak dalam perannya sebagai pemimpin dalam pembelajaran.

Luar biasa praktik yang telah dilakukan oleh CGP dalam lokakarya 3.Banyak hal yang didapatkan dari proses diskusi yang memberikan motivasi dan inspirasi untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan pendidikan. Semoga pada setiap Lokakarya menjadi ruang untuk saling berbagi, saling belajar, dan saling memberikan semangat untuk tergerak, bergerak, dan menggerakkan.

Rangkaian kegiatan lokakarya 3 sukses dilaksanakan. Semua merasakan kegembiraan, tidak ada wajah yang bersedih, semua bahagia. Sampai bertemu lagi di Lokakarya 4 yang akan dilaksanakan tanggal 8 April 2023. Guru Penggerak Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan. Salam guru penggerak.Sayonara.

Sumber : Bahan Tayang dan Rencana Moderasi Lokakarya 3 PGP

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun