Mohon tunggu...
Nur Diana Holida
Nur Diana Holida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

be the best version of you

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Transformasi Mahasiswa Pasca Pandemi Menuju Era Society 5.0: Berkembang atau Tumbang?

20 September 2023   10:51 Diperbarui: 20 September 2023   10:53 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

Pandemi Covid-19 telah mengguncang dunia dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selain memengaruhi kesehatan global dan perekonomian,pandemi juga merubah lanskap pendidikan secara signifikan. Mahasiswa,sebagai aktor kunci dalam sistem pendidikan telah mengalami perubahan yang sangat besar dalam cara belajar,berinteraksi,dan beradaptasi dengan keadaan. Artikel ini akan membahas transformasi mahasiswa pasca pandemi dan sejauh mana mereka bisa berkembang atau umbang dalam menghadapi era society 5.0.

Era Society adalah konsep yang menggambarkan masyarakat yang sangat terhubung secara digital, di mana teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran sentral dalam transformasi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Transformasi ini menciptakan peluang dan tantangan baru yang signifikan, dan mahasiswa adalah salah satu kelompok yang paling dipengaruhi oleh perubahan ini.

Pandemi dan Pendidikan Tinggi

Pandemi telah memaksa universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia untuk mengambil langkah-langkah drastis,termasuk peralihan ke pembelajaran jarak jauh (virtual),mahasiswa yang biasanya hadir ke kampus harus menghadapi tantangan baru, seperti aksesibilitas teknologi, motivasi belajar, dan kesejahteraan mental (Altbach & de Wit, 2020). Namun, pandemi juga telah mempercepat perubahan dalam pendidikan tinggi dan memunculkan potensi transformasi yang positif.

Transformasi Mahasiswa Pasca Pandemi

1. Keterampilan teknologi yang ditingkatkan

Salah satu hasil positif dari peralihan ke pembelajaran online adalah peningkatan keterampilan teknologi mahasiswa.Mereka sekarang lebih terampil dalam menggunakan alat-alat digital, platform e-learning, dan berkolaborasi secara virtual. Kemampuan ini akan sangat berharga dalam era society 5.0 yang sangat terhubung secara digital.

2. Kemandirian dalam pembelajaran

Pembelajaran jarak jauh telah mendorong mahasiswa untuk menjadi lebih mandiri dalam belajar. Mereka harus mengatur waktu mereka sendiri ,mengorganisir pembelajaran, dan mencari sumber daya secara mandiri. Ketrampilan ini akan menjadi aset berharga ketika mereka memasuki masyarakat yang semakin mandiri dalam era society 5.0.

3. Kesadaran sosial dan lingkungan yang ditingkatkan

Pandemi telah menyadarkan mahasiswa terhadap isu-isu sosial seperti ketidaksetaraan akses pendidikan dan kesehatan,serta keberlanjutan lingkungan. Banyak mahasiswa terlibat dalam kegiatan sosial dan kerja suka rela (volunteer) untuk membantu masyarakat. Kesadaran ini penting dalam era society 5.0 yang menekankan tanggungjawab sosial dan lingkungan.

4. Kesejahteraan mental yang menjadi prioritas

Pandemi telah mengingatkan kita atas kesejahteraan mental. Mahasiswa harus belajar untuk mengelola stress dan tekanan dengan lebih baik. Kemampuan ini akan sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan kompleks yang mungkin muncul dalam era society 5.0.

5. Pembelajaran hibrida dan pembelajaran jarak jauh

Mahasiswa telah mengalami peralihan dari pembelajaran tradisional di kelas ke pembelajaran hibrada atau sepenuhnya online dari rumah. Ini mengharuskan mereka untuk beradaptasi dengan teknologi pembelajaran digital dan pembelajaran mandiri.


Kesimpulan

Meskipun pandemi telah membawa sejumlah tantangan bagi mahasiswa,perubahan ini juga lah yang telah membawa mereka untuk terus berkembang. transformasi mahsiswa pasca pandemi melibatkan peningkatan ketrampilan teknologi,kemandirian dalam pembelajaran,kesadaran sosial dan lingkungan yang ditingkatkan,serta peningkatan kesejahteran mental. Mahasiswa yang mampu mengadaptasi perubahan,menjadi lebih tangguh,dan tetap fokus terhadap tujuan pendidikan. Mereka memiliki peluang besar untuk berkembang dan berhasil dalam era society 5.0 yang semakin terhubung dan berkelanjutan. Pandemi telah mengajarkan kita bahwa dalam kesulitan,ada peluang untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

Referensi

Altbach, P. G., & de Wit, H. (2020). The COVID-19 crisis and international higher education: Potential implications and promising paths. International Higher Education, 102, 12-15

Starkey,Louise. (2019).Teaching and Learning in the Digital Age: What Educators Need to Know

Nur Diana Holida  202310230311450

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun