Mohon tunggu...
DIAN WIDYA SARI
DIAN WIDYA SARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Matematika, UNISSULA

Jangan mudah cepat puas atas apa yang engkau capai.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Perbedaan Modul Ajar dengan RPP

20 Juli 2023   04:03 Diperbarui: 20 Juli 2023   04:28 5009
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dian Widya Sari (Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Unissula)

Dr. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pengampu Mata Kuliah Psikologi Pendidikan, Unissula)

Kurikulum Merdeka memiliki perbedaan dengan kurikulum sebelumya yaitu Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 ada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), sedangkan dalam Kurikulum Merdeka terdapat Capaian Pembelajaran (CP). Tak hanya itu dalam Kurikulum 2013 ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sedangkan dalam Kurikulum Merdeka diganti nama dengan modul ajar yang terdiri dari Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Penguatan Pendidikan Karakter di Kurikulum 2013 berganti nama dengan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Medeka. Dalam Kurikulum 2013 mengacu per kelas, sedangkan Kurilum Merdeka mengacu per fase.

Dari perbedaan tersebut bukan penghalang untuk kita semua belajar bersama mengenai Kurikulum Merdeka. Mari kita ulas lebih dalam mengenai modul ajar dalam Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah dokumen yang mengandung tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan pada satu unit/topik dari alur tujuan pembelajaran.  Guru dapat membuat modul ajar mereka sendiri, memilih, dan mengubahnya sesuai dengan konteks, karakteristik, dan kebutuhan siswa. Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan, guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran/modul ajar.

Modul ajar memiliki komponen yang kompleks dibandingkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penulisan modul ajar bertujuan untuk memandu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar ditentukan oleh guru berdasarkan kebutuhannya. Dapat diketahui komponen modul ajar yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran.

1. Informasi umum

    a. Identitas Penulis Modul

        Identitas penulis terdiri dari nama penulis, institusi, dan tahun penyusunan modul ajar. Guru juga dapat menambah mata 

        pelajaran, fase atau kelas, dan alokasi waktu.

   b. Komponen Awal

        Komponen awal berfokus pada identifikasi kompetensi awal yang dimiliki oleh siswa. Ini membantu guru menilai kemampuan

        siswa dan menyesuaikan modul yang sesuai.

   c. Profil Pelajar Pancasila

       Profil Pelajar Pancasila bertujuan untuk membentuk perilaku dan kompetensi siswa Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai

       Pancasila. Elemen Profil Pelajar Pancasila ada 6 yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia;

       Berkebinekaan Global; Mandiri; Bergotong Royong; Bernalar Kritis; Kreatif.

   d. Sarana dan Prasarana,

        Sarana dan prasarana di modul ajar adalah fasilitas dan alat yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Beberapa sarana dan

        prasarana yang umumnya digunakan dalam modul ajar antara lain: LCD, buku teks, alat peraga, dan laptop.

   c. Target Siswa

        Target siswa dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut

  • Siswa reguler/tipikal: umum, tidak mengalami kesulitan dalam mencerna dan memahami materi.Siswa yang mengalami kesulitan belajar.
  • Siswa  nonreguler (siswa tidak tetap).
  • Siswa dengan gaya belajar terbatas, misalnya hanya dengan visual saja (siswa dengan gaya belajar terbatas, misalnya hanya dengan visual).

   d. Model Pembelajaran yang digunakan.

        Beberapa model pembelajaran yang banyak digunakan di Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut:

  • Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah model pembelajaran dimana siswa dihadapkan pada masalah dunia nyata dan bekerja sama untuk mencari solusi.
  • Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) adalah model pembelajaran dimana siswa mengerjakan proyek-proyek yang berkaitan dengan minat mereka dan masyarakat di sekitar.

2. Komponen Inti

     a. Tujuan Pembelajaran

          Tujuan pembelajaran dalam kurikulum Merdeka dijelaskan sebagai pencapaian tiga aspek kompetensi yang meliputi

          pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa.

     b. Asesmen

          Asesmen merupakan penjelasan mengenai cara mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Asesmen dibagi

         menjadi 2 yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif.

     c. Pemahaman Bermakna

         Pemahaman bermakna merupakan penjelasan mengenai cara mengajarkan materi pembelajaran agar siswa dapat memahaminya

        dengan baik.

    d. Pertanyaan Pemantik

         Pertanyaan pemantik merupakan penjelasan mengenai pertanyaan yang dapat memancing minat siswa untuk belajar.

    e. Kegiatan pembelajaran

        Kegiatan pembelajaran merupakan penjelasan mengenai kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk memahami materi

        pembelajaran.

    f. Refleksi Siswa dan Guru

        Refleksi siswa dan guru merupakan penjelasan mengenai cara siswa dan guru merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan.

3. Lampiran

     a. Lembar Kerja Siswa

          Lembar kerja siswa adalah alat yang digunakan untuk membantu siswa mempelajari dan mempraktikkan konsep-konsep baru.

          Lembar kerja siswa dirancang untuk diselesaikan oleh siswa secara mandiri, dan dapat mencakup berbagai kegiatan seperti

          pertanyaan pemahaman bacaan, latihan pemecahan masalah, atau petunjuk menulis.

     b. Pengayaan dan Remedial

  • Kegiatan pengayaan dalam modul ajar Kurikulum Merdeka diberikan kepada siswa yang memiliki tingkat pemahaman dan kemampuan yang lebih tinggi dari teman sebayanya. Kegiatan ini dirancang untuk menantang siswa dan membantu mereka mengembangkan potensi mereka secara maksimal 
  • Remedial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan seorang guru kepada siswa yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau mengulang proses pembelajaran.

    c. Bahan Bacaan Siswa dan Guru

        Bahan bacaan siswa dan guru merupakan bahan bacaan tambahan yang digunakan untuk merangsang dan memperdalam

        pemahaman materi pelajaran sebelum, selama, atau setelah kegiatan pembelajaran.

   d.  Glosarium

        Glosarium adalah bagian yang memberikan definisi dan penjelasan tentang istilah dan konsep kunci yang digunakan dalam bahan

        ajar.

    e. Daftar Pustaka

        Daftar pustaka di modul ajar Kurikulum Merdeka adalah daftar sumber referensi yang digunakan dalam pembuatan modul ajar.

Modul ajar dan RPP adalah perangkat ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun keduanya serupa, namun memiliki perbedaan sebagai berikut:

1.    RPP

  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  • Menjelaskan prosedur dan struktur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan berdasarkan standar isi yang dijelaskan melalui silabus pendidikan.
  • Komponen yang terdiri dari identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, alokasi waktu, dan sumber belajar.
  • Berfokus pada langkah-langkah dalam proses belajar mengajar.
  • Digunakan guru sebagai panduan dalam pembelajaran.

2.    Modul Ajar

  • Panduan dan pedoman bagi para guru untuk melakukan proses pembelajaran.
  • Mengacu pada alur tujuan pembelajaran yang berdasarkan dari capaian pembelajaran.
  • Komponen yang lebih lengkap daripada RPP.
  • Fokus pada semua tahapan proses pengajaran.
  • Digunakan siswa sebagai sumber belajar.

Baik modul ajar maupun  RPP memiliki perbedaan dalam hal acuan yang digunakan, komponen, dan fokus yang digunakan. Namun, keduanya berfungsi sebagai perangkat ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun