Mohon tunggu...
Dian Purnama
Dian Purnama Mohon Tunggu... Freelancer - klaverstory.com

-Job fils your pocket, adventure fils your soul-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jogja Pasaraya Anniversary, Grow Up to Infinity

10 Agustus 2022   16:40 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:01 678
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pusat oleh-oleh Jogja terlengkap, Jogja Pasaraya Malioboro merayakan hari jadinya pada tanggal 8 Agustus 2022. Bertempat di Cornerstone lantai 3 Pakuwon Mall Jogja, perhelatan Anniversary Jogja Pasaraya ke 2 yang mengambil tema "Grow Up to Infinity" diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada para mitra/supplier atas supportnya sekaligus mengenalkan website official Jogja Pasaraya untuk memperluas marketing secara online.

Selama dua tahun perjalanan, Jogja Pasaraya menggandeng hampir 400 brand pengusaha lokal di wilayah Jogja dan sekitarnya. Tidak mudah memulai bisnis di awal pandemi. Namun, usaha yang dilandasi dengan niat baik ini menjadi harapan para pengusaha mikro menghadapi lesunya bisnis mereka waktu itu.

Perhelatan ini dihadiri oleh tamu undangan yaitu perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, perwakilan GKR Bendara, mitra bank, para supplier/mitra UMKM dan media. Tidak ketinggalan saya bersama tiga kawan Kompasianer turut pula diundang untuk mewakili KJog. Sebagai tuan rumah hadir juga Bapak Suryadi Suryadinata selaku founder Jogja Pasaraya beserta ibu dan Bapak Aditya Suryadinata selaku CEO Jogja Pasaraya beserta keluarga.

Bp. Suryadi Suryadinata Founder Jogja Pasaraya dan keluarga (foto. Jogja Pasaraya)
Bp. Suryadi Suryadinata Founder Jogja Pasaraya dan keluarga (foto. Jogja Pasaraya)

Sekilas Tentang Jogja Pasaraya 

Jogja Pasaraya adalah sebuah toko berkonsep mini department store yang menghadirkan berbagai macam produk UMKM lokal seperti produk kerajinan, traditional body care, fashion batik dan oleh-oleh makanan. 

Lokasinya berada di tengah jantung kota Jogja, pusat pariwisata dan ekonomi, di mana lagi kalau bukan di Malioboro. 

Rasanya setiap orang yang ke Jogja tidak pernah melewatkan Malioboro, bukankah begitu? 

Jogja Pasaraya Malioboro sangat mudah ditemukan, berada di deretan sisi barat jalan Malioboro, tepatnya di depan Hotel Mutiara. 

Bila masih kurang yakin bisa cek melalui aplikasi map dengan alamat Jalan Malioboro No 39. 

Jogja Pasaraya menghadirkan suasana yang hangat dan homy. Mendesain interior tokonya dengan nuansa tradisional modern yang menonjolkan aksen tradisional khas Jawa sehingga menarik perhatian pengunjung dan membuatnya betah berlama-lama belanja. 

Demi kenyamanan wisatawan Malioboro selama pandemi berbelanja, Jogja Pasaraya rutin melakukan peyemprotan disinfektan di toko.  

Apresiasi Jogja Pasaraya kepada Mitra UMKM

Salah satu visi dan misi Jogja Pasaraya adalah mengenalkan dan mengangkat produk-produk lokal Yogyakarta ke seluruh Indonesia bahkan dunia. 

Melalui program kemitraan ini Jogja Pasaraya menjadi wadah bagi UMKM lokal Yogyakarta untuk berkolaborasi. Tidak hanya itu produk UMKM bisa lebih maju memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi di pasar global.

Pemenang Kategori Best Fashion D'Via (foto. Dianp)
Pemenang Kategori Best Fashion D'Via (foto. Dianp)

Para pengusaha UMKM yang hadir dalam acara Jogja Pasaraya Anniversary menyampaikan hal senada, mereka bersyukur dan berterima kasih kepada Jogja Pasaraya karena telah memberikan harapan saat kondisi usaha mereka terdampak pandemi. 

Sistem atau proses masuk suatu produk bisa dititipkan di Jogja Pasaraya tergolong mudah. Produsen tinggal mengirimkan sample produk beserta harga dan kontak perusahaan. 

Setelah itu ada proses kurasi yang dilakukan oleh pihak Jogja Pasaraya, misalnya saja untuk kategori makanan harus sudah memiliki ijin P-IRT, keterangan tanggal expired yang jelas, kemasan produk yang aman dan menarik. 

Para supplier sama sekali tidak dikenakan biaya sewa oleh Jogja Pasaraya. Hal itu sejalan dengan visi misi dan keinginan founder untuk mengembangkan UMKM lokal.

Dalam kesempatan ini Jogja Pasaraya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para mitra UMKM yang sudah berjalan bersama selama dua tahun ini. Sebagai bentuk rasa terima kasih, Jogja Pasaraya memberikan apresiasi yang disampaikan melalui penghargaan/award kepada mitra terbaik untuk tiga kategori yaitu food and beverage, fashion dan craft. 

Peraih penghargaan masing-masing untuk tiap kategori tersebut adalah Toko Lezat Davronas untuk kategori best food and beverages, D'Via untuk kategori best fashion dan Sriti sebagai best craft. Dalam sambutannya ketiga pemenang menekankan pada inovasi produk dan kualitas produknya. 

Sebagai pengusaha mereka selalu melakukan inovasi-inovasi agar produk mereka tetap bertahan dan menarik minat konsumen.

Strategi Digital Marketing Jogja Pasaraya

Sesuai dengan teman Jogja Pasaraya 2nd Anniversary Grow To Infinity, pada momen ini website official Jogja Pasaraya dilaunching. "Grow To Infinity" diwujudkan melalui kehadiran Jogja Pasaraya di dunia digital. 

Pasar digitallah satu-satunya yang mampu mencapai  jangkauan semakin luas dan tidak terbatas. Jadi selain memiliki toko offline di kawasan Malioboro,  Jogja Pasaraya juga hadir melalui online dengan branding digital jogjapasaraya(.dot)com. 

Strategi Digital Marketing Jogja Pasaraya (foto. Dianp)
Strategi Digital Marketing Jogja Pasaraya (foto. Dianp)

Lebih lanjut Bapak Dion Aji Pradipta selaku web developer menyampaikan penjelasan singkat mengenai alasan Jogja Pasaraya menghadirkan website. Yap, website ini merupakan pengembangan stategi digital marketing yang sebelumnya sudah didukung melalui Instagram, Facebook Shopping , fitur blog wisata, profile. 

Nantinya, tentu saja website ini bisa diakses untuk melakukan transaksi online belanja oleh-oleh khas Jogja. Web Jogja Pasaraya sengaja didesain agar menjadi e-commerce one stop shopping dengan fitur standar umum website yang sudah mencakup pengecekan ongkos kirim hingga metode pembayaran dan akan terus diupdate mengikuti perkembangan terkini. 

Jogja Pasaraya benar-benar menjadi pusat oleh-oleh Jogja terlengkap baik secara offline (store) maupun online (e-commerce).

Penutup

Selama kurang lebih satu setengah jam acara gathering Jogja Pasaraya berlangsung meriah dan gayeng. Deretan hiburan untuk memeriahkan acara diantaranya Septian Mario Bros melalui lagu Tak Ingin Usai, fashion show, keseruan aneka games dengan banyak hadiah dan joget bersama. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh hadirin.

Foto bersama seluruh hadirin Jogja Pasaraya Anniversary (foto. Dianp)
Foto bersama seluruh hadirin Jogja Pasaraya Anniversary (foto. Dianp)

Raut bahagia terpancar di wajah satu persatu para pengusaha UMKM yang hadir. Bagaimana tidak, rasanya terasa lebih ringan saat ada yang membagi beban kesulitan mereka menghadapi pandemi yang tak kunjung pasti. Buah kesabaran dan ketlatenan mereka seolah terbayar. 

Selama dua tahun ini situasi pariwisata kembali membaik, usaha mereka terselamatkan. Selamat ulang tahun Jogja Pasaraya, tetaplah terus mengembangkan UMKM dan maju bersama UMKM lokal. Sukses di tahun-tahun mendatang dan semakin mendunia. 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun