Mohon tunggu...
Dian Asih Kusumawardani
Dian Asih Kusumawardani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru di salah satu SMP di Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice dengan Metode Star Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep Peserta Didik

20 Januari 2023   03:50 Diperbarui: 20 Januari 2023   05:39 927
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar di atas adalah QR Code  best practice dengan metode Star Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep Peserta Didik.

Motivasi belajar dan Pemahaman Konsep adalah komponen penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Motivasi belajar yang tinggi akan sangat mempengaruhi ketercapaian tujuan pembelajaran. Begitu juga dengan kemampuan pemahaman konsep dalam matematika. Kedua hal tersebut sangat berketerkaitan. 

Dalam 2 tahun belakangan ini terutama dunia pendidikan sangat terasa sekali dampak Covid -19. Pembelajaran peserta didik yang tidak maksimal memberikan dampak yang luar biasa pada hasil belajar peserta didik. Dimana selama pembelajaran daring mereka banyak menghabiskan waktu di rumah. Pembelajaran dari rumah dan menyelesaikan semua tugas sekolah dengan mengandalkan platform matematika.

Hal itu masih berlanjut saat pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan. Peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran. Dalam hal ini ditemukan juga rendahny pemahaman konsep matematika terutama pada materi  Sistem persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV)  pada peserta didik kelas VIII.  Selain itu guru masih melakukan pembelajaran yang monoton dimana pusat pembelajaran masih berada pada guru.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :

  • Motivasi belajar peserta didik yang masih rendah
  • Rendahnya pemahaman konsep matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
  • Pembelajaran yang monoton, guru belum memberikan pembelajaran yang inovatif.
  • Anggapan peserta didik bahwa matematika pelajaran yang sulit dan membosankan
  • Pembelajaran masih Teacher Center
  • Minimnya penggunaan TPACK dalam pembelajaran

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu :

  • Dapat menjadi referensi/ solusi terkait permasalahan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika.
  • Dapat memotivasi guru lain untuk membuat inovasi dan kreativitas dalam mendesain pembelajaran yang lebih berpusat kepada peserta didik.
  • Dengan menggunakan model pembelajaran PBL menjadikan peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran dan lebih aktif.
  • Dengan menggunakan aplikasi Geogebra peserta didik lebih antusias dalam mengerjakan LKPD dan lebih memahami konsep matematika dalam SPLDV.
  • Dengan menggunakan E-LKPD Liveworksheets peserta didik lebih bersemangat dalam mengerjakan LKPD dan lebih memahami konsep matematika dalam SPLDV
  • Menjadikan pembelajaran lebih kontekstual
  • Proses pembelajaran menyenangkan dan lebih menarik
  • Guru berperan sebagai fasilitator
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai yang direncanakan.
  • Peran tanggung jawab

Sehingga sudah saatnya guru mulai harus melakukan inovasi cara mengajar. Yang mana langkah-langkah  yang saya lakukan adalah

Pemilihan Media pembelajaran.

  • Guru menggunakan media aplikasi Geogebra pada PPL Aksi 1 dan E-LKPD Liveworksheets  pada PPL Aksi 2 dan dikolaborasikan dengn LKPD dari canva, PPT dengan canva, Pre test dan Post Test dengan Google Form serta bahan ajar dengan barcode anyflip.

Pemilihan Model Pembelajaran

  • Guru memilih model yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi. Guru memilih Problem Based Learning (PBL) karena sesuai dengan hasil kajian literatur dan wawancara dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika.

Menumbuhkan motivasi dan kemampuan pemahaman konsep matematika

  • Guru menyampaikan manfaat pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari. Serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan mengaplikasikan TPACK ke dalam pembelajaran

Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun