Mohon tunggu...
Dian KhoirulAnang
Dian KhoirulAnang Mohon Tunggu... Administrasi - Anang_anang

Admin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar

6 Desember 2020   15:29 Diperbarui: 6 Desember 2020   15:54 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  • Pendahuluan

Era globalisasi merupakan era yang memberikan peluang bagi siapa saja dalam memperoleh informasi termasuk siswa usia sekolah dasar. Salah satu karakter siswa usia sekolah dasar yaitu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Berkarakter artinya memiliki kepribadian, tingkah laku, dan watak yang menjadi ciri khas seseorang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak, budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Karakter adalah nilai-nilai unik yang terpateri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku.

Berdasarkan pengertian karakter di atas dapat disimpulkan bahwa karakter adalah sesuatu yang menjadi ciri khas, menempel pada diri seseorang dan terbentuk akibat adanya faktor-faktor yang membentuk karakter. Dalam penyusunan program pelaksanaan pembelajaran sangat penting bagi guru untuk memahami karakter masing-masing siswa. Hal ini bertujuan agar guru mampu mendapatkan informasi yang tepat terkait karakteristik siswa, sehingga program pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat tepat sasaran dan efektif karena program yang dijalankan tidak bisa diterapkan ke setiap siswa. Guru bertugas mengidentifikasi karakter siswa.

  • Pembahasan
  • Menurut Winnie dalam buku Fatchul Mu'in menjelaskan bahwa istilah karakter memiliki dua pengertian. Pertama, ia menunjukkan bagaimana perilaku buruk. Sebaliknya, apabila seseorang berperilaku jujur, suka menolong, tentulah orang tersebut memanifestasikan karakter mulia. Kedua, istilah karakter erat kaitannya dengan personality. Seseorang baru bisa disebut orang yang berkarakter apabila tingkah lakunya sesuai dengan kaidah moral seseorang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus, tentulah orang tersebut memanifestasikan.

Menurut Sudirman (1990) Karakteristik siswa adalah keseluruhan pola kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan dari lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalam meraih cita-citanya.

Pembawaan yang dimaksut pada pendapat Sudirman (1990) yaitu pembawaan dari lingkungan sosial dimana karakter siswa terbentuk akibat pengaruh dari lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial terdiri dari lingkungan tempat tinggal, kondisi sosial, hubungan sosial antara keluarga, teman, dan orang lain.

Apabila guru dapat memahami seluruh karakter siswanya akan mudah bagi guru untuk menentukan program pelaksanaan pembelajaran berikut strategi yang tepat untuk mewujudkan pembelajaran tersebut. Untuk dapat memahami karakter siswa guru dapat menggunakan berbagai macam cara, seperti melakukan pengamatan secara berkala ketika siswa berada dalam kelas maupun di luar kelas, ketika siswa sedang bermain, belajar, bekerja dalam kelompok.

Selain dengan kegiatan mengamati atau observasi, identifikasi karakter siswa juga dapat dilakukan dengan menyusun angket yang kemudian akan di isi oleh siswa. Angket tersebut disusun secara sistematis serta bisa digunakan secara lebih efektif dengan tipe angket pribadi dan angkat penilaian teman sejawat. Angket disusun dengan butir pertanyaan yang memuat informasi tentang siswa. Angket pribadi yang di isi oleh siswa itu untuk menilai dirinya sendiri berisi pertanyaan terkait minat, bakat, hal yang disukai dan hal yang tidak di sukai, tentang cara belajar siswa, mata pelajaran apa yang disukai dan tidak, apa yang diharapkan siswa. Sedangkan angket penilaian teman sejawat berisi bagaimana sikap temannya, bagaimana tipe teman yang disukai, alasan menyukai bergaul dengan teman tersebut. Melalui langkah-langkah sederhana dalam memahami karakteristik tersebut dapat diperoleh informasi tentang karakteristik siswa setelah guru menganalisis datanya.

Adapun beberapa karakteristik siswa yang akan dijabarkan penulis secara sederhana sebagai berikut:

No.

Karakter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun