Mohon tunggu...
Diah Trisnamayanti
Diah Trisnamayanti Mohon Tunggu... Guru - Pengajar, Ibu rumah tangga, Penulis

I had worked as a teacher at about 23 years. I teach Majoring English in SMK MedikaCom Bandung. Sometime I write in my blog, Facebook, Twitter, Linked, Instagram or Wattpad. I write actually in my spare time after teaching my class. I just wanna to try my positive behavior in order that my students will rise them up more better than me. If I had a lot of trouble to giving lesson, I just send my difficulty to Allah S.W.T.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Upaya JNE dan UMKM "Home Industry" Getarkan Ekonomi Mikro

27 Desember 2021   08:00 Diperbarui: 27 Desember 2021   08:54 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh Diah Trisnamayanti, S.S.

Setiap detik perjalanan hidup, sangat penting diperhatikan. Begitupun perjalanan sebagai pelaku bisnis. Untuk mengembangkan usaha, ada banyak faktor pendukung; satu diantaranya adalah jasa kurir. Ada banyak jasa kurir saat ini yang terpercaya dan dapat membantu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya yaitu Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). JNE 31 tahun menghadirkan program layanan berkualitas bagi pelanggannya.

Diawali dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan  Departemen Keuangan untuk memperbaiki roda perekonomian Indonesia sejak pandemi terjadi dengan sasaran utamanya tentu saja UMKM, diharapkan adanya pertumbuhan perekonomian di skala mikro menjadi lebih baik. Pertumbuhan ekonomi yang stabil akan terjadi bila dalam pelaksanaan pemulihan dilakukan bersama antara UMKM dan faktor pendukung dari sektor riil maupun jasa.

JNE melalui produk jasa pengiriman barang dan makanan memberikan dukungan pada sektor riil UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty dan lainnya. Apalagi sejak bencana pandemi terjadi, JNE membantu pelanggan UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty dan dokumen mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Pelayanan produk JNE baik Reguler maupun YES (Yakin Esok Sampai) sangat diperlukan oleh dunia usaha UMKM online/e-commerce dan dunia usaha riil lainnya. Sebagai guru honorer swasta, blogger dan penulis lepas, saya memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan JNE dimana saya mendapat kiriman buku Antologi Wisata pertama dan kedua yang ditulis oleh beberapa penulis di Indonesia satu diantaranya, saya sendiri. Buku dan Sertifikat sebagai penulis sampai ke alamat rumah saya dalam waktu yang singkat dan baik (tanpa cacat) setelah saya mendapat chat dari teman penulis yang berada dari provinsi berbeda.

Dok. pribadi Januari 2021
Dok. pribadi Januari 2021

Berbicara tentang layanan, Cekresi diberikan JNE untuk melayani  pelanggan yang ingin melakukan pengecekan ulang barang yang dikirim sampai atau tidak atau belum sampai pada pemesan.

Jika pengguna jasa JNE ini bagian dari pelaku bisnis UMKM yang berupaya memberikan kepuasan pada pelanggannya melalui jasa pengiriman tepat waktu, pilihan tepat dengan mempercayai layanan JNE Reguler, Express, YES dan lainnya sebagai alat untuk pengiriman barang.   

Untuk mengawal pengiriman tersebut, ada cara mudah menemukan posisi kiriman dapat dilakukan sendiri oleh pengirim yang menjadi konsumen pengguna jasa JNE secara online yaitu melalui website resmi www.jne.co.id atau melalui aplikasi android MyJNE. Dengan menggunakan situs resmi tersebut, pelanggan dapat melacak sendiri posisi barang kirimannya.

Di bawah ini, beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh pelanggan saat akan melakukan pengecekan ulang baik itu JNE Express, YES, REG,  OKE, JTR (JNE Trakcing):

Dok pribadi kiriman sembako dan Screenshoot Cekresi JNE
Dok pribadi kiriman sembako dan Screenshoot Cekresi JNE

Pertama; temukan Nomor resi (Airway Bill Number/No.Barcode/No e-connote)  pada lembar bukti pengiriman paket. Pelanggan diharapkan untuk menyimpan Bukti Resi pengiriman paket dengan baik.

Kedua; masukan nomor connote/resi tersebut pada kotak tracking pengiriman.

Ketiga; klik tombol "Cek Resi" yang ada di sebelah kanan

Keempat; Posisi barang/paket yang dikirim statusnya akan ditemukan dibawah kotak pencarian.

Kelima; Jika masih ada barang yang ingin dicek, pelanggan melakukan hal yang sama sesuai urutan di atas.

 Langkah pengecekan kiriman di atas menguntungkan bagi pelaku UMKM yang berupaya meningkatkan kepercayaan pelanggannya sehingga penjualan UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty atau form dokumen kerjasama dari pelaku UMKM  mampu meningkat lebih stabil di level yang juga lebih baik.

Betul; Kestabilan ekonomi mikro bukan hanya dilihat melalui satu sektor saja. Tetapi dengan bentuk mitra kerja antara pelaku UMKM dan sektor pendukung lain seperti jasa kurir ini misalnya, merupakan sebuah terobosan yang perlu dikuatkan. Sebagai contoh, UMKM toko e-commerce crochet dari fesyen home industri membutuhkan bahan-bahan seperti benang-benang rajut dan packaging yang diperlukan dalam penjualannya. Benang rajut bisa dibeli secara online yang pengirimannya dapat menggunakan Jasa kurir. Jika pengiriman bahan baku produksi terkendala, maka otomatis pergerakan usaha toko e-commerce crochet akan terhenti. Setidaknya ada upaya yang dapat mempertajam pergerakan ekonomi mikro sektor UMKM selain menambahkan modal usaha. JNE dengan berbagai produk pengirimannya mencoba membantu meningkatkan penjualan UMKM, hanya memang perlu diperhatikan bagi pengguna jasa JNE ini terutama UMKM kuliner sembako; untuk mengikuti prosedur penggunaan terkait pengiriman. Ini juga yang perlu ditingkatkan oleh JNE sendiri jika pengguna sudah mengikuti prosedur yang berlaku, setidaknya JNE dapat menjaga keutuhan barang kiriman hingga sampai ditujuan dengan selamat tanpa rusak.

Trusted dalam bisnis sangat penting. Dengan cara menjaga milik pengguna seperti milik sendiri dalam menggunakan jasa pengirimannya, JNE akan semakin memperkuat kepercayaan yang diberikan UMKM kepada pelanggannya melalui kiriman tepat waktu dan aman. Fakta ini mungkin menjadi harapan pengguna jasa kurir JNE. Hasil akhirnya biarkan pengguna merasakan kenyamanan pengiriman barang tekno, fesyen, kuliner maupun dokumen dengan selalu berinovasi terhadap pelayanan pelanggan.  Di JNE 31 tahun ini, tentunya membuktikan bahwa JNE dan UMKM berupaya membantu untuk meningkatkan  perekonomian Indonesia meskipun hanya pada tatanan mikro. Selamat JNE #1 Tahun! dan majulah Indonesia bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah getarkan ekonomi mikro yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun