Mohon tunggu...
Diah NawangWulan
Diah NawangWulan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penting! Belajar Perihal Strategi Pemasaran

22 Desember 2021   12:39 Diperbarui: 22 Desember 2021   13:03 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

strategi pemasaan merupakan perihal yang sangat penting bagi suatu perusahaan maupun para pelaku yang menjalankan bsinis. strategi pemasaran  juga sebagai suatu cara yang dilakukan untuk memperoleh tujuan perusahaan.  Dalam menjalankan usaha kecil ataupun usaha besar diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasaran. oleh  Karena itu strategi pemasaran yang baik, akan membuat tujuan dari perusahaan akan tercapai.

lantas apa saja strategi pemasaran yang dapat dilakukan?

definisi strategi pemasaran menurut porter strategi merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing. Sedangkan menurut Chandler, strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut serta prioritas alokasi sumber daya. Dan menurut Stephani K. Marrus, strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Dalam proses menyusun strategi pemasaran, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

1) Segmentasi pasar

Segmentasi pasar merupakan tindakan mengidentifikasikan dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing segmen konsumen ini memiliki karakteristik, kebutuhan produk, dan bauran pemasaran tersendiri. Segmenting berguna untuk mengkelompokkan mereka pada satu kesatuan. Pengkelompokkan tersebut menjadi fokus sasarannya.

2) targeting 

Targeting adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Proses ini mempertimbangkan segmentasi nasabah dan kesesuai produk yang ditawarkan.

   3) positioning

Penentuan posisi pasar (positioning) adalah strategi untuk merebut posisi dibenak konsumen, sehingga strategi ini menyangkut bagaimana membangun kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi pelanggan. Menurut Philip Kotler, positioning adalah aktifitas mendesain citra dan memposisikan diri di benak konsumen. Sedangkan bagi Yoram Wind, positioning adalah bagaimana mendefinisikan identitas dan kepribadian perusahaan di benak pelanggan. Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix)  Manajemen pemasaran dikelompokkan dalam empat aspek yang sering dikenal dengan marketing mix atau bauran pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong  bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran terdiri dari empat yaitu :

a) product/ produk

produk merupakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada psar sasaran.

b) price/harga

harga  merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk. harga termasuk unsur bauran pemasaran yang paling untuk disesuaikan dan membutuhkan waktu yang lebih singkat.

c) place/tempat 

Tempat atau saluran pemasaran meliputi kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran.

d) promotion/ promosi

promosi dilakukan untuk melakukan kegiatan aktivitas untuk mempengaruhi konsumen memunculkan minat membeli produk.

setelah membahas mengenai strategi pemasaran ada juga pembahasan mengenai  strategi penetrasi pasar. 

. Lantas apa yang dimaksud dengan strategi penetrasi pasar itu dan ada berapa macam strategi penetrasi pasar?

 Penetrasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu keberhasilan penjualan suatu produk atau layanan dipasar tertentu. Ada beberapa pengertian strategi penetrasi pasar. Dalam konsep strategi pertumbuhan menurut Igor Ansoff merupakan suatu pendekatan yang biasa digunakan untuk pemilihan strategi dalam rangka meningkatkan pendapatan perusahaan (revenue growth).

Setelah mengetahui definisi dari strategi penetrasi pasar, terdapat berbagai mcam -- macam mengenai strategi penetrasi pasar antara lain:

a)Strategi Rapid Skimming, Strategi ini dijalankan dengan menetapkan tingkat harga penjualan dan tingkat kegiatan promosi yang tinggi

b) Strategi Slow Skimming, Strategi ini dikasanakan dengan menetapkan harga penjualan yang tinggi adalah untuk memperoleh laba per unit yang setinggi-tingginya, sebelum para pesaing memasuki pasar dengan menawarkan produk yang sama.

c) Strategi Rapid Penetration, Strategi ini dijalankan dengan menetapkan harga produk yang rendah dan kegiatan promosi yang tinggi

d) Strategi slow Penetration, strategi ini di laksanakan untuk menetapkan harga jual yang rendah dan kegiatan promosi yang rendah juga.

Demikian pembahasan mengenai strategi pemasaran, adapun tujuan pembuatan artikel ini sebagai  tugas UAS dari mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Bpk. Dr Syaeful Bahri, S.Ag, M.M

Nama : Diah Nawang Wulan

Nim : 191410029

Ekonomi Syariah A

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun