Siapa sih yang enggak kenal sama JNE? Kalau baca nama JNE, saya yakin yang terbayang di pikiran kita adalah teriakan pak kurir: "paketttt!". Hehe. Betul, bukan?
Brand ekspedisi atau pengiriman antar barang yang satu ini memang sudah melekat sekali di benak masyarakat Indonesia. Dan bukan hanya melekat di pikiran kita, namun faktanya brand ini juga sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia di zaman now.
Apalagi sejak masa pandemi, yang kita tahu aktivitas jual beli online semakin marak. Maka peran JNE dalam pengiriman barang-barang sangat tampak. Di tengah munculnya ekspedisi-ekspedisi lain, JNE yang berdiri sejak tahun 1990 ini masih menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna jasa pengiriman. Hal ini tentu saja karena pelayanan dari perusahaan ekspedisi ini memuaskan.
JNE Raih Penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023
Maka enggak heran jika JNE kerap menerima penghargaan sebagai apresiasi dari berbagai pihak atas kiprahnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
Tak terkecuali di pertengahan tahun 2023 ini, JNE menerima penghargaan bergengsi yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service. Apa itu?
Indonesia WOW Brand 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Markplus Inc. melalui salah satu divisinya yaitu MarkPlus Insight. Penghargaan Gold Champion kategori Courier Service ini didapat JNE setelah melalui sebuah survey Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia.
Survey ini mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Kemudian berdasarkan hasil survey tersebut terpilihlah brand-brand terbaik Indonesia dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023.
JNE sebagai brand ekspedisi atau pengiriman barang berhasil menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek-merek lain di industri sejenis.
Survey ini dipengaruhi oleh berjalannya era konektivitas saat ini, dimana perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial.
Artinya JNE telah dikenal oleh lebih banyak orang dan menggunakan jasa pengirimannya, hingga para pelanggan tersebut pada akhirnya juga merekomendasikan (advokasi) kepada orang lain untuk menggunakan JNE juga. Maka skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness dari JNE menjadi sangat tinggi.
Penghargaan Gold Champion kategori Courier Service Indonesia WOW Brand 2023 tersebut diberikan langsung oleh Jacky Mussry selaku Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. yang diterima oleh Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta pada tanggal 11 Mei 2023 lalu.
Sementara itu disaat yang sama untuk ke-delapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, yang merupakan pestanya orang-orang brand di Indonesia. Acara tersebut bertajuk WOW Brand Festive Day, yang merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia.
Acara yang mengangkat tema Branding for the Game Charger tersebut dihadiri oleh sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 brand terbaik Indonesia dan diisi oleh pembicara brand expert yang memaparkan konsep brand terkini.
Nah, dalam kesempatan ini JNE melalui Kurnia Nugraha sebagai Head of Media Relation JNE Express memberikan pemaparan mengenai “Boost Affinity by Brand Collaboration” yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi JNE.
Kurnia juga memaparkan mengenai komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, yang telah berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian bangsa serta negara. Hal itu diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat.
Pengembangan bisnis terus dilakukan oleh JNE dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik. Sehingga JNE dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra.
Selain itu dalam acara WOWBrandFestiveDay2023 ini Kurnia Nugraha mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa untuk JNE ini.
"Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service”.
Lebih lanjut Kurnia menjelaskan bahwa tujuan utama didirikannya JNE yaitu agar perusahaan tersebut dapat membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal maupun eksternal perusahaan. Hal itu sesuai dengan tagline dari perusahaan tersebut, yaitu “Connecting Happiness”.
Oleh karena itu, penghargaan Gold Champion kategori Courier Service Indonesia WOW Brand 2023 tersebut tentunya menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis.
JNE seperti yang disampaikan oleh Kurnia Nugraha, berharap berbagai program dan langkah JNE dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Sehingga JNE sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian dapat mewujudkan tagline Connecting Happiness.
Demikianlah salah satu prestasi JNE pada tahun 2023 ini. Saya sebagai masyarakat biasa yang juga kerap menerima manfaat dari adanya JNE, turut senang mendengar berita tersebut. Semoga kedepannya JNE semakin baik memberikan pelayanan dalam bidang pengiriman barang kepada masyarakat melalui ribuan outlet-nya di seluruh Indonesia :)
***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H