Mohon tunggu...
Diah Asih Sukesi
Diah Asih Sukesi Mohon Tunggu... Administrasi - Hobby Menulis, Travelling, Masak jika mau

Pegawai Menikah dan memiliki 3 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

7 Ciri Guru Merdeka Belajar yang Menggerakkan Perubahan

26 Maret 2022   05:00 Diperbarui: 26 Maret 2022   05:14 3012
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

7 ciri guru merdeka belajar yang Menggerakkan Perubahan

Mengutip dari Chanel Bapak Joko Wahyono, Praktisi pendidikan 5 thn jd guru dan Kepsek di Jakarta dan terakhir menjadi Kepsek di Tambang Batubara Kaltim Prima Gold, mengelola sekolah di Yayasan Al khairot dan Pebisnis Digital dalam rangka persiapan persiapan pensiun dan penulis beberapa buku yaitu :

  1. Sekolah Kaya sekolah miskin , Guru kaya guru miskin

  2. Cara ampuh merebut hati murid , dari buku ini beliau keliling Indonesia

  3. Menjadi guru Merdeka yang membawa perubahan besar tapi masih dalam proses.

Guru Merdeka , tidak ada yang membahas tentang guru merdeka pas cari di internet ada artikel yang berjudul,"What is an Independent Teacher ?" Chrish Davis menggambarkan bahwa guru merdeka itu seperti "Artis Indie". Di bidang seni dan kreatif , artis Indie adlh pekerja seni dan kreatif, Artis Indie adlh pekerja seni yang menciptakan karya seni,memproduksi dan memasarkannya sendiri, tanpa korporasi."Saya pikir konsep yg sama sedang diterapkan pada Guru" Ujar Chris Davis adalah pengusaha dan pendidik dari National Louis Univercity.

Seperti apa Guru Merdeka itu, diambil dari buku yang berjudul The Teacher Liberation Handbook karya Joel Hammon tahun 2019. Hammon memberikan gambaran ttg sekolah konvensional yg byk memaksakan sejmlh mata pelajaran yg blm tentu disukai murid. "Pemaksaan" ini membuat anak2 tak lagi suka belajar, melkkan perlawanan dan kehilangan potensi diri. Secara ekstrim, Hammon mengajak untuk meninggalkan sekolah dan menciotakan tempat dimana kaum muda bisa berkembang.

Dari 4 permasalahan yang dirilis oleh Kemendikbud salah satunya adalah  sebanyak 41 persen yang mengalami perundungan dan buliyan ini bisa menjadi ketdknyamanan anak2 di sekolah ini pendapat sok tahu bapak Joko, sesuai penuturannya.

Ada satu buku lagi dari Coach Fahmi tentang Pengembangan diri pemimpin yang tangguh dan ini menurut pak Joko cocok digunakan sebagai prinsip2 guru merdeka. Apa saja ya , ayuk simak pernyataan berikut ini :

  1. Bebas belajar yaitu untuk meningkatkan kapasitas ilmunya

  2. Bebas bekerja utk meningkatkan kapasitas amal usahanya

  3. Bebas berjuang untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinannya

  4. Bebas bersinergi untuk meningkatkan kapasitas kerjasamanya

  5. Bebas berbagi untuk meningkatkan kapasitas berkontribusi.

Definisi Guru Merdeka konsep Pak Menteri Pendidikan, Kebudayàan Ristek Dikti RI menyatakan bhw guru merdeka adalah guru dan muridnya mempunyai kebebasan untuk berinovasi belajar dengan mandiri dan kreatif. Dan esensi guru merdeka adlah guru yang daoat memberdayakan dirinya sendiri dan memberdayakan murid-muridnya.

Dari 4 pendapat tadi ttg huru merdeka menurut pak Joko adalah guru yg memiliki kebebasan untuk belajar, bekerja, berjuang, bersinergi dan berbagi serta dapat membangun dirinya dan muridnya secara kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa dan negaranya.

Apa saja ciri guru Merdeka itu?

1.Memiliki kebebasan yg bertanggungjawab  adalah a. kebebasan yg berkekuatan atau keterberdayaan; b.Kebebasan dlm pengetahuan, pengalaman dan motivasi; c.Kebebasan yg tetap berpedoman pada komitmen dan kesepakatan. Kebebasan tetap hrs berpatokan pd norma2 yg berlaku yi agama, adat istiadat dan etika atau kode etik keguruan yg hrs dijaga agar kita bs.menjlnkan visi dan misi utk pemberdayaan organosasi.

2. Memiliki jati diri yg memantik perubahan, antara lain : a. Memiliki sikap mental yang positif yaitu keyakinan setiap anak istimewa. Jika guru ony keyakinan utk gagal maka akan gagal sedangkan jika guru itu ingin berhasil mk akan berhasil dan setiap anak adlh anugerah dan setiap anak istimewa dan Alloh swt tdk mungkin memproduksi anak tersebut salah, jd pasti ada anugerah dibalik itu; b. Bertumbuh yaitu tetap bljr dan meningkatkan skill. Jd sbg guru kita hrs meningkatkan skill. Sedangkan sikap tumbuh agar terus memperbaharui ; c. Memotivasi yaitu mengenergize agar antusias. Ciptakan guru yg energik dan antusias krn sikap ini akan beepengaruh dlm memberi energi bagi anak2nya; d. Membesarkan hati yaitu saat mereka berkecil hati , besarkanlah; e. Mendorong harapan yaitu temukan sayu kelebihan dan bakatnya. Sehingga kita mampu menemukan bakat2 instimewa pada peserta didik kita.

3. Memiliki mindset sebagai guru pemenang yaitu a. Bermental tangguj dlm memperjuangkan kebajikan; b. Memiliki sikap dan kepercayaan diri yg kuat serta konsisten; c. Berlaku disiplin , memiliki daya juang dlm kehidupannya sehari-hari

4. Praktik mencontohkan caranya yaitu : a. Guru merdeka adalah guru yang tidak pernah meminta muridnya untuk mengerjakan suatu tugas yang dia sendiri enggan melakukannya; b. Guru harus menjadi model model dari perilaku yang mereka harapkan dari orang lain; c. Guru harus mencontoh caranya.

5. Keberanian menghadapi tantangan adalah :a. bgm guru berinovasi utk mencari ide segar bagi dirinya dan murid-muridnya; b. Membangun kultur yang dicirikan oleh tantangan yaitu energy, semangat, ketetapan hati, inspirasi dan inovasi.

  1. Kekuatan guru merdeka yaitu : a. Kekuatan posisi yg ada dibalik otoritas jabatan kita . Kita akan memiliki otoritas mengatur orang-orang. Untuk posisi kita  sebagai guru, kita memiliki otoritas utk peserta didik; b. Kekuatan kepribadian adalah bersumber dari apa yang kita miliki seperti kekuatan karakter, hasrat, inspirasi atau kebijaksanaan; c. Kekuatan tugas yaitu bersumber dari tugas dan pekerjaan tertentu. Ini adalah kekuatan yang dimiliki karena kemampuan untuk membantu orang lain dalam sebuah proses atau prosedur kerja ; d. Kekuatan hubungan bersumber dari pergaulan kita dengan orang lain dgn membangun persahabatan, menumbuhkan hubungan dan mengetahui siapa saja yang pernah kita bantu. Leader inspirasi utk berbagi pengalaman utk menjadi sukses dan presentasi di depan muridnya di sekolah Al Khairat.

; e. Kekuatan pengetahuan adalah hal dari sebuah ketrampilan dan juga dibuktikan dengan gelar dan sertifikasi yang menunjukkan pelatihan khusus yang telah diikuti. Kita dapat berbagi kekuatan pengetahuan dari setiap tugas .

  1. The power of love guru merdeka bagaimana cara mewujudkannya yaitu :a. Melihat dari sudut pandang orang lain yaitu memunculkan sikap empati. Kita harus melihat persoalan dari sudut pandang orang lain agar org bs menceritakan masalahnya dan tanpa diminta kita tdk usah minta saran, ketika mendengarkan aaja itu kita sdh mampu membantu menyelesaikan sebuah persoalan.

;  b. Menumbuh kembangkan atau memberdayakan tepatnya menuju perbaikan yaitu beri kesempatan dan dukungan ; c. Menggunakan bahaaa yang positif atau motivasi yang dapat menumbuh kembangkan rasa cinta kasih. Selain mengasah kecerdasan juga mendidiknya dengan cinta

Semoga tips ini bisa jadi pegangan para guru dan orang tua untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didiknya. 

Jadi ketika ada kurikulum merdeka maka gurunyapun harus merdeka begitu juga para muridnya .

Depok, 25 Maret 2022p

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun