Mohon tunggu...
DIAH FITRIANI
DIAH FITRIANI Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiswa

saya seorang mahasiswa BPI

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pengoptimalan Media Sosial untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

25 Agustus 2022   10:50 Diperbarui: 25 Agustus 2022   10:53 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pendahuluan 

      

Perkembangan zaman yang dinamis menunjukkan kemajuan yang begitu pesat dalam segala aspek kehidupan, salah satunya pada aspek tehnologi, pengaruh teknologi menjadikan orang-orang begitu bergantung akan kehadirannya, terlebih setelah kemunculan internet, orang-orang dengan mudah memperoleh beragam informasi.

Teknologi informasi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dalam kurun waktu tersebut mucul berbagai platfom yang mudah di akses salah satunya akun media social seperti whatshap, facebook, instagram, dan lain sebagainya, selain itu juga ada beberapa platform jual beli seperti took pedia, lazada, shopee, dan masih banyak lagi. Media sosial tersebut sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk dan dijadikan salah satu strategi bisnis oleh beberapa pelaku bisnis.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, pelaku bisnispun banyak bermunculan. Hal ini terjadi dikarenakan dorongan akan kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin tinggi sehingga masyarakat mencari solusi untuk meningkatkan perekonomian. Bisnis bisa dijalankan dengan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki.

 Pembahasan

  1. Pengertian Media Sosial

Pada era digital ini penggunaan media sosial merupakan suatu fenomena tersendiri. Hampir setiap orang tidak akan pernah lepas dari sosial media baik untuk mencari informasi terkini ataupun  untuk berkomunikasi satu orang degan orang yang lain. Media sosial merupakan hal yang tidak bisa di lepaskan dari pengunaan internet. Bahkan penguna internet di dunia berjumlah 4,66 miliar orang dari 7,83 miliar jiwa pada bulan Januari 202. jadi di awal tahun 2021 penguna internet di seluruh dunia mencapai 59,5% dari jumlah penduduk di dunia. Dari data We Are Social yang menjelaskan mengenai jumlah pengguna internet sebanyak 4,66 miliar, dan 4,2 miliar adalah penguna media sosial atau bisa di katakan bahwa penguna media sosial adalah 90% dari penguna internet.[1]

Media sosial merupakan perpaduan antara sosiologi dan teknologi  yang demokrasi informasi yang merubah seseorang dari yang mengawali konten menjadi penerbit konten. Media sosial sudah menjadi sangat terkenal di karenakan media sosial memberikan kesempatan bagi hampir setiap orang untuk ssaling terhubung di dunia online baik dalam bentuk hubungan personal, sosial, politik, perekoomian, dan kegiatan bisnis.[2]

 

            Media Sosial merupakan layanan atau platfom online yang digunakan oleh seseorag utuk membentuk jaringan sosial degan orang lain untuk berbagi pendapat, pemikiran, cara pandang dan pengalaman. Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli megemukakakan bahwa media sosial merupakan media yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya  baik informasi yang faktual, spesifik, berkaitan dengan pengalaman dan bersifat non-komersial, yang dapat diperoleh dan diakses melalui sumber-sumber informasi di lingkungan kehidupan sosial pengguna.[3] 

Media sosial merupakan salah satu media yang mempermudah komunikasi interaktif antara pengusaha dengan siapapun, termasuk konsumen, dan berbagai pihak yang berkepentingan, kapanpun dan dimanapun. Media sosial sangat membantu sebagai penghubung informasi dan komunikasi dari produsen ke konsumen dimanapun mereka berada dan berapapun jaraknya. Media sosial merupakan media yang sangat berpotensial untuk menemukan konsumen serta membangun image tentang merk suatu produk (Merry, 2011).

            Jenis-Jenis Media Sosial

 Media sosial berbagi video Video Sharing. Media ini sangat efektif untuk menyebarkan beragam informasi baik berupa berita, promosi usaha maupun hiburan. Salah satu contohya yakni YouTube, DailyMotion, Snack video, dan lain-lain.

 Media sosial mikroblog. Media ini meruapakan media yang paling mudah digunakan di bandingkan dari program-program media sosial yang lainnya. Pengguna tidak harus meguaka Smart Phone akan tetapi hanya perlu mengunakan perangkat jaringan internet dan menginstal aplikasi. Cotoh nya yaitu Twitter dan Tumblr.

 Media  jaringan sosial. Ada beberapa media jaringa sosial yang cukup popoler yang di guakan Indonesia yaitu Google Plus,  Facebook, serta Path.

 Media jaringan profesional. Pengguna media ini biasanya dari kalangan intelektual, kalangan akademisi, mahasiswa atau para peneliti, pegawai pemerintah dan ilmuan. Ada beberapa media jaringan profesional yang cukup terkenal dan diminati di Indonesia salah satunya yaitu Scribd, LinkedIn, dan Slideshare.

Media berbagi foto. Media ini cukup terkenal dan di minati di kalangan masyarakat Indonesia. Sesuai karakteristiknya, media ini merupaka media materi komunikasi sosial yang lebih santai dari pada yang lain, tidak serius, biasanya di temukan beberapa materi yang aneh, menghibur, lucu, bahkan menyeramkan. Oleh karena itu aplikasi ini sangat cocok untuk media promosi, maupun periklanan. Ada beberapa media yang cukup populer di Indonesia yaitu Picasa, Pinterest, Flickr dan Instagram.[4]

Dalam media sosial ini orang tidak hanya bertukar informasi saja, namun juga gambar, foto ataupun video, bahkan tidak jarang digunakan sebagai media untuk berbisnis bagi penggunanya. Bagi pihak penjual, perdagangan elektronik melalui media sosial akan membantu untuk memperluas daerah pemasaran produk yang akan dijualnya, sedangkan bagi pembeli, akan mempermudah mendapatkan dan membandingkan informasi tentang produk yang akan dibelinya.

  1. Pengertian Perekonomian 

 Ekonomi secara umum di devinisikan sebagai salah satu ilmu sosial yang mengkaji aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ilmu ekonomi ini banyak dipelajari dan sering di terapkan dengan keuangan rumah tangga. Ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu “oikos” yang artiya keluarga atau rumah tangga dan “nomos” yang artiya peratuan, aturan, atau hukum. Sedangkan ekonomi menurut istilah yaitu aturan rumah tangga atau bisa di sebut juga sebagai manajemen rumah tangga.[5]

Sedangkan menurut Abraham Maslow ekonomi merupakan suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalaham kehidupan manusia melalui penempaan dari seluruh sumber ekonomi yang tersedia yang berdasarkan teori dan juga prinsip yang ada pada sistem ekonomi tersebut yang memang diyakini efisien dan efektif.

 Menurut Robbins menjelaskan bahwa ekonomi adalah sebuah studi tentang perilaku manusia yang berkaitan antara tujuan dengan ketersediaan sumber daya supaya yang di gunakkan untuk mencapai tujuan tertentu.

 Faktor ekonomi adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalani kehidupan, Setiap manusia pasti akan berusaha semaksimal mungkin agar kebutuhan ekonominya dapat tercukupi tentunya dengan cara bekerja. Seperti yang sudah tertulis diatas bahwa ekonomi merupakan peraturan atau manajemen rumah tangga, jadi setiap orang yang sudah berrumah tangga khususnya kepala keluarga haruslah bekerja mencari nafkah supaya mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Faktor ekonomi memang sangat penting agar keberlangsungan hidup sehari-hari, sehingga faktor inilah yang mempengaruhi para perempuan atau ibu-ibu rumah tangga supaya akhirnya ikut bekerja membantu suami mencari nafkah.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka kebutuhan dan keinginan manusia semakin beragam. Untuk itu, semakin berkembang pula aktivitas manusia untuk mengelola sumber daya yang ada dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, diantaranya yaitu melalui fakor perekonomian. Perekonomian merupakan suatu bentuk sistem yang berfungsi untuk mengatur serta menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi, dilakukan melalui hubungan antar manusia dan kelembagaan (Dumairy, 2002).

  1. Optimalisasi media sosial untuk menigkatkan perekonomian

Media sosial kini marak digunakan oleh masyarakat selain digunakan untuk menambah relasi dan teman yang jaraknya jauh juga digunakan untuk media pengembangan bisnis. Di zaman moern saat ini, media sosial merupakan salah satu alat komunikasi yang murah dan dapat diakses secara mobile. Dengan aktif di media sosial merupakan salah satu strategi untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan dalam mempertahankan bisnis agar semakin berkembang. Melalui media sosial akan memudahkan dan mempercepat dalam mendapatkan feedback dan komunikasi dari konsumen juga partner bisnis. Maka dibutuhkan strategi untuk mengoptimalkan media sosial untuk pengembangan bisnis yaitu dengan strategi sebagai berikut:

 Konsisten

 Menyempatkan meluangkan waktu tip hari untuk fokus mengerjakan bisnis dengan konsisten pada media sosial. Menjadikan media sosial bermanfaat dan tampil menarik sehingga para pelanggan menjadi tertarik untuk mencari tahu lebih dalam terkait dengan bisnis yang dijalankan.

 Fokus dengan salah satu media

 Banyak sekali media sosial yang dapat digunakan untuk memulai bisnis. Tetapi, lebih baik ketika fokus menggunakan salah satu media sosial saja. Pilih media sosial yang sekiranya cocok dan dapt digunakan serta mudah diakses oleh pelanggan.

 Memberi sentuhan personal di setiap konten media sosial

 Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda atau ciri khas tersendiri. Hal ini sangat penting atau sangat dibutuhkan untuk membangun branding bisnis. Ciri khas yang diberikan dalam setiap konten menjadikan pengguna media sosial mengenal pemilik bisnis, sehingga para pelanggan merasa percaya dan dekat dengan pemilik bisnis.[6]

 Kesimpulan

Sosial media merupakan media yang paling bagus di gunakan dalam pemasaran produk sehingga media ini dapat di manfaatkan masyarakat banyak untuk meningkatkan perekonomian. Dalam menggunakan sosial media sebagai lahan marketing para pembisnis harus benar-benar mensurvai secara detail platfom mana yang akan di gunakan.

 DAFTAR PUSTAKA

 Guawan, Budi, Barito Mulyo Ratmono. Medsos di Antara Dua Kutub Sisi Balikya Luar Biasa. Rayana Komuikasi Id.

 Liedfray, Tongkotow, dkk. 2022. Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society. Vol, 2 No, 1.

 Tindangen, Megi, dkk. 2020. Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol, 20 No, 03.

 Vernia, Dellia Mila. 2017. Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Vol, 1 No, 2. 106.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun