Mohon tunggu...
Diah Mardiah
Diah Mardiah Mohon Tunggu... Guru - Guru

seorang guru yang penuh semangat demi mewujudkan generasi penerus bangsa yang Berkarakter, beriman dan berakhlak. Mempunyai hobi membaca....semoga disini saya dapat menuangkan tulisan karya saya dan bermanfaat bagi semua pembaca..Aamiin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Perencanaan Pembelajaran SD "Merumuskan Pemahaman Bermakna"

23 Januari 2023   20:29 Diperbarui: 23 Januari 2023   20:31 46397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu'alaikum Wr. Wb .........

Perkenalkan Nama Saya Diah Mardiah

Guru SDN 2 Sindangkasih 

Kabupaten Purwakarta 

Merumuskan Pembelajaran Bermakna Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam 

Apa itu Pembelajaran Bermakna ? 

Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yang menyenangkan yang akan memilikikeunggulan dalam meraup segenap informasi secara utuh sehingga konsekuensi akhirmeningkatkan kemampuan peserta didik. Pembelajaran bermakna merupakan suatu prosesdikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitifseseorang. Pembelajaran bermakna ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek,konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan didalam struktur kognitif peserta didik. 

Cara Menerapkan Pembelajaran Bermakna 

Berdasar pengalaman emperis, dak mudah untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagipeserta didik. Pendidik sering mengalami kendala berkaitan dengan masalah pengelolaan pembelajaran.Namun demikian, bukan mustahil hal itu dapat diwujudkan. Syaratnya, pendidik selalu melakukananalisa terhadap proses dan hasil belajar yang dicapai. Dengan landasan ini pendidik akan dapatmenarik kesimpulan, mengapa pembelajaran dak bermakna. Dengan demikian pendidik dapatmemikirkan bagaimana strategi pembelajaran agar bermakna.Analisis terhadap kegiatan pembelajaran mutlak dilakukan oleh seap pendidik. Analisis dilakukanterhadap proses pembelajaran maupun hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Analisis ini dak selaludilakukan dalam bentuk kegiatan penilaian.

Rancangan Pembelajaran Bermakna 

1. Sikap dan gaya mengajar 

    Pendidik hendaknyamenunjukkan sikap yang demokratis dan simpati. Dua sikap ini dirasakan berpengaruh besar terhadap suasana belajar. Boleh jadi sikap demokras dansimpati akan menjadi senjata ampuh bagi pendidik untuk menarik perhaian peserta didik untukmengikuti pelajaran. karena sangat berpengaruh terhadap suasana belajar.

 

Dokpri
Dokpri

2. Penyampaian Materi 

     Dalam belajar, sesungguhnya peserta didik membutuhkan kepastian akan kebenaran materi pelajaranyang mereka terima. Oleh sebab itu pendidik perlu menguasai materi dengan baik dan disampaikandengan lancar, tidak tersendat-sendat. 

Dokpri
Dokpri

3.  Penggunaan Strategi dan Metode Mengajar 

      Dalam hal ini dibutuhkan strategiuntuk menentukan dan memilih metode mengajar yang sesuai dengan kondisi terkini di ruang kelas.Sesuai dengan daya tangkap peserta didik, relevansi materi dan didukung oleh sarana belajar yangtersedia.

Dokpri
Dokpri
 

4. Penggunaan Media Belajar 

     Media belajar adalah semua alat bantu yang digunakan untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran. Disini media yang digunakan yaitu alat peraga atau alat bantu siswa untuk memudahkan dalam mengurutkan tata cara sholat yang baik dan benar. Sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami siswa.

Dokpri
Dokpri

5. Pengetahuan Peserta didik dan keterkaitan materi

     Materi pelajaran yang disampaikan perlu dikaitkan dengan pengetahuan dan pengalaman peserta didik dalam sehari-hari. Jika materi pelajaran dirasa jauh dengan pengetahuan dan pengalaman peserta didik, pendidik perlu memodifikasi materi pelajaran dalam bentuk sederhana, seperti lingkungan alam sekitar

Dokpri
Dokpri

Berikut Umpan Balik Siswa setelah Pembelajaran Bermakna di laksanakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 

Sekolah Dasar 

1.  Saya Elvarretta Kharisma Diantika , saya sangat senang belajar  PAI dengan Bu Diah, Karena Belajar menyenangkan dan membuat saya percaya diri 

2. Assalamu'alaikum...., saya Aulia Tanjihan kelas 4, Saya  sangat Suka belajar  PAI dengan Bu Diah, Karena gaya belajar nya selalu menggunakan alat peraga  jadi membuat saya lebih paham 

3. Assalamu'alaikum...., Sampurasun, Saya Muhammad Wildan Nirwana kelas 4 merasa bangga kepada Bu Diah karna Belajar dengan bu Diah kami bisa aktif dan tambah semangat 

Demikian Aksi nyata Perencanaan Pembelajaran dengan merumuskan Pemahaman Bermakna yang saya lakukan di kelas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 4 

Tulisan ini merupakan salah satu tugas Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar Topik 2 Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Semoga Bermanfaat !!

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh 

Terimakasih 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun