Revolusi industri 4. 0 merupakan suatu sebutan yang diciptakan awal kali di Jerman pada tahun 2011 yang diisyarati dengan revolusi digital. Revolusi industri ini ialah sesuatu proses industri yang tersambung secara digital yang mencakup bermacam tipe teknologi, mulai dari 3D printing sampai robotik yang diyakini 2 sanggup tingkatkan produktivitas.
Pemerintah Indonesia dikala ini tengah melakukan langkah langkah strategis yang diresmikan bersumber pada peta jalur Making Indonesia 4. 0. Upaya ini 4 dicoba buat memesatkan terwujudnya visi nasional yang sudah diresmikan buat menggunakan kesempatan di masa revolusi industri 4. 0. Salah satu visi penataan Making Indonesia 4. 0 bagi Satya( 2018: 19) merupakan menjadikan Indonesia masuk dalam 10 besar negeri yang mempunyai perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Kenaikan mutu Sumber Energi Manusia( SDM) ialah salah satu bagian dari 10 prioritas dalam melakukan program Making Indonesia 4. 0. SDM merupakan perihal yang berarti buat menggapai kesuksesan penerapan Making Indonesia 4. 0. Indonesia berencana buat merombak kurikulum pembelajaran dengan lebih menekankan pada Science, Technology, Engineering,
serta Mathematics( STEM), menyelaraskan kurikulum pembelajaran nasional dengan kebutuhan industri di masa mendatang.
STEM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering and Math. Sebagian golongan terdapat yang meningkatkan disiplin Seni( Art) ke dalamnya, sehingga jadi STEAM. STEM yang digagas oleh Amerika Serikat ini ialah pendekatan yang mencampurkan keempat disiplin ilmu tersebut secara terpadu ke dalam tata cara pendidikan berbasis permasalahan. Tata cara pendidikan berbasis STEM mempraktikkan pengetahuan serta keahlian secara bertepatan buat menuntaskan sesuatu permasalahan.
Sebutan STEM awal kali digunakan oleh NSF pada tahun 1990 jadi singkatan dari STEM Definisi bawah dari tiap kata merupakan:
( 1) Ilmu: merupakan bagian dari ilmu yang menekuni esta alam, kenyataan, fenomena serta keteraturan yang terdapat di dalamnya.
( 2) Teknologi: terbuat selaku inovasi, pergantian, modifikasi area natural membagikan kepuasan terhadap kebutuhan serta kemauan manusia. Teknologi bertujuan buat melaksanakan modifikasi pada dunia buat penuhi kebutuhan manusia,
( 3) Rekayasa: terdiri dari memastikan permasalahan( bertanya), membayangkan( membayangkan), merancang( merancang), membuat( menghasilkan), serta meningkatkan( tingkatkan). Metode merupakan profesi di mana pengetahuan ilmiah serta matematika diperoleh lewat riset, eksperimen, serta aplikasi ataupun diterapkan buat mengoperasikan ataupun merancang prosedur buat membongkar permasalahan guna penuhi kebutuhan hidup manusia
( 4) Matematika: cabang dari disiplin yang menekuni pola ataupun ikatan.
Pelaksanaan pendekatan STEM ini pula sangat cocok dengan tuntutan masa revolusi 4. 0, dimana kehidupan tumbuh secara pesat dengan teknologi digital yang dimanfaatkan masing- masing bidang pekerjaan. Di masa revolusi 4. 0 ini sumber energi manusia dituntut buat mempunyai keahlian dalam bidang science, teknologi, mesin serta matematika dalam mengalami kehidupan.
Bagi Jamaloodeen( 2015), ada 3 tren yang nampak pada model pembelajaran STEM( Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang ada pada tingkatan pembelajaran menengah, antara lain:
1) tren pemrograman di sekolah menengah atas;
2) tren computing saintifik di sekolah menengah atas; dan
3) tren computing mobile.
Hingga dari itu, pemakaian platform open source saintifik semacam Scilab dapat digunakan selaku media yang cocok dengan siswa. Buat mengenalkan bawah matematika dalam pemrograman pc, penulis berupaya mengaplikasikan media pendidikan berbantuan aplikasi Scilab. Aplikasi Scilab ialah sesuatu aplikasi yang berfungsi dalam menolong membongkar soal- soal yang sifatnya matematis. Aplikasi ini sangat mirip dengan Matlab, sebab mempunyai sebagian program dalam melaksanakan komputasi numerik serta memvisualkan informasi. Scilab sendiri ialah aplikasi freeware/ open source yang dapat didapatkan oleh tiap orang. Scilab ini diharapkan sanggup menanggulangi kejenuhan siswa yang merasa dalam aktivitas belajar mengajar terasa monoton. Salah satu keuntungan dari pemakaian Scilab selaku media pendidikan merupakan menjadikan siswa lebih kreatif serta terampil dalam menguasai kompetensi bawah matematika serta mendesak siswa buat berpikir secara komputasional.
Dalam mencapai tujuan pendidikan itu, sehingga dituntut profesionalisme guru dengan menaikkan kompetensi, merumuskan tujuan instruksional pengajaran, kemampuan menarangkan modul pelajaran, mengenakan tata cara pendidikan yang gampang dimengerti partisipan didik, kemampuan memotivasi, kemampuan mengenakan perlengkapan penataran dan terjalinnya komunikasi timbal balik Bagi Sobiruddin( 2015), Scilab merupakan suatu aplikasi ataupun aplikasi yang leluasa bayaran ataupun free buat digunakan. Scilab sendiri merupakan aplikasi yang nyaris mirip dengan Matlab.Â
Matlab merupakan suatu program komputasi numerik serta memvisualkan informasi yang sifatnya interaktif. Matlab ialah salah satu aplikasi yang bisa menolong tingkatkan keahlian menuntaskan permasalahan numerik mahasiswa. Hasil riset yang sudah dicoba oleh Sobirudin pula menampilkan kalau mahasiswa membagikan reaksi yang positif terhadap pemakaian aplikasi Matlab dalam pendidikan tata cara numerik. Salah satu kelemahan dari fitur lunak Matlab merupakan tidak bisa diunduh secara free ataupun wajib membayar. Perihal ini berbeda dengan Scilab yang bisa diunduh secara free pada halaman http:// www. scilab. org. Arfinanti( 2018) mengemukakan kalau terdapat sebagian khasiat dari aplikasi Scilab, antara lain ialah:
( 1) pada bidang matematika serta terapan, ialah digunakan buat melaksanakan bermacam pembedahan matematika serta analisis informasi yang kerap ditemui pada bidang metode serta sains.
( 2) Menvisualisasikan foto dalam 2D serta 3D, ialah berperan buat memvisualisasikan informasi dalam bermacam tipe plot serta grafik( 2D serta 3D).
Khasiat buat optimasi, ialah membuat algoritma buat memcahkan permasalahan optimasi kontinu serta diskrit tanpa hambatan serta tidak terbatas. Khasiat di bidang Statistik, ialah selaku perlengkapan buat analisis informasi serta pemodelan. Pada bidang desain serta analisis sistem kontrol, Scilab digunakan buat membuat algoritma serta perlengkapan standar dalam riset sistem kontrol. Pada pemrosesan sinyal, digunakan buat memvisualisasikan, analisis serta filter sinyal dalam domain waktu serta frekuensi. Pada pengembangan aplikasi, bisa digunakan buat tingkatkan guna asli Scilab serta mengendalikan pertukaran informasi dengan perlengkapan eksternal. Berikutnya pada bidang Fisika, ialah bisa digunakan buat pemodelan sistem mekanis, sirkuit hidrolik, serta sistem kontrol.
Dengan keahlian buat menghitung secara komputasi serta memvisualisasikan informasi, Scilab ialah aplikasi yang mirip sekali dengan Matlab. Sisi aplikasi Scilab sendiri pemanfaatannya cuma memakai dari bagian Scilab console. Scilab Console sendiri memiliki guna selaku tempat buat menulis perintah sintaks pada Aplikasi Scilab itu sendiri. Perintah yang diinputkan hendak secara langsung dijalankan dikala memencet tombol enter di keyboard serta hasilnya hendak langsung ditampilkan.
Pada Foto 1, diperlihatkan foto tampilan interface Scilab. Tampilan interface ini dipecah sebagian bagian, antara lain File Browser, Console, Variable Browser, serta Command History. Scilab dapat secara langsung digunakan buat menghitung pernyataan- pernyataan dari pembedahan matematika.
Contohnya merupakan statment dari penjumlahan berikut.
--
3+ 4 ans= 7
--
3- 4ans=- 1
--
3* 4 ans= 12
--
12/ 4 ans= 3
Dari contoh pembedahan penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian di console Scilab di atas, terdapat variabel default" ans". Variabel" ans" ini merupakan variabel default yang menaruh hasil dari pembedahan statment matematika. Variabel" ans" bisa digunakan selaku variabel wajar. Berikut merupakan operator- operator dari matematika bawah yang dapat dipergunakan dalam aplikasi Scilab antara lain selaku berikut ini.
Tabel 1
Tidak hanya itu pula terdapat variabel- variabel standar di Scilab yang dapat menolong dalam perhitungan dalam pembedahan matematika sehingga kita cuma memasukkan saja fungsi- fungsi tersebut. Contoh dari gunanya merupakan selaku berikut.
Tabel 2
Pada perhitungan bilangan lingkungan, hingga dibutuhkan pula guna universal dalam menyakatan pembedahan matematika tersebut. Berikut contohnya
Tabel 3
Tidak hanya itu pula terdapat sebagian contoh guna trigonometri yang digunakan dalam aplikasi Scilab. Berikut merupakan contoh pemakaian watak trigonometri dalam Scilab.
Tabel 4
Berarti sekali buat diingat kalau statment dalam wujud guna trigonometri di aplikasi Scilab wajib dalam wujud radian.
Pada Foto 2, dalam Jendela kerja Scilab ataupun Console, perintah yang dimasukkan merupakan pembedahan bilangan simpel. Contoh soal buat mengaplikan dalam pemakaian Scilab merupakan dengan mencari luas dari suatu persegi panjang. Langkah awal dengan memasukkan huruf" p" selaku representasi dari panjang dengan nilai 5 di Environment Scilab serta langsung mengetuk tombol" Enter" di keyboard Komputer. Langkah ke 2, memasukkan huruf" l" selaku representasi dari lebar dengan nilai 4 di Environment Scilab serta langsung mengetuk tombol" Enter" di keyboard Komputer. Serta langkah yang terkahir merupakan memasukkan rumus luas dari persegi panjang dengan mengetik di Environment Scilab" luas=p*l" sama maksudnya dengan rumus persegi panjang ialah luas persegi panjang diperoleh kala panjang dikalikan dengan lebar bidang datar tersebut. Sehabis itu diketuk tombol" Enter" di keyboard Komputer yang kesimpulannya menciptakan nilai 20 dari hasil kali panjang 5 serta lebar 4.
Begitu pula halnya dengan matriks serta vektor di aplikasi Scilab, perlakuan yang sama hendak diberikan pada matriks serta vektor sebab tidak terdapat manipulasi dalam memasukan perintah dari matriks ataupun vektor. Matriks sendiri merupakan suatu larik nilai yang tersusun dalam wujud baris serta kolom. Bila matriks cuma mempunyai satu kolom ataupun satu baris hingga diucap vektor.
Pelaksanaan STEM dalam matematika bisa menstimulasi keahlian kita dalam memandang data serta dari sudut pandang yang berbeda( Sumarni at angkatan laut(AL)., 2019), sebab pada model ini kita akan dihadapkan dengan kasus yang berhubungan dalam kehidupan tiap hari lewat pengintegrasian 4 bidang secara terrpadu serta dituntaskan secara komprehensif. Keahlian memandang data dari sudut pandang yang berbeda sangatlah berarti buat menolong menuntaskan kasus di kehidupan tiap hari yang meliputi penalaran matematika, argumentasi matematika, komunikasi matematika, pemodelan, pemecahan permasalahan, representasi, serta pemakaian alat- alat matematika yang ialah indicator dari keahlian literasi matematika.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H