Mohon tunggu...
dhita agustin
dhita agustin Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa teknik sipil universtas jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program PPKM (Pendampingan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan) di Masa Pandemi Covid-19

27 Agustus 2021   14:03 Diperbarui: 27 Agustus 2021   14:08 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah Kerja Nyata atau sering dikenal KKN adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh S1 yang merupakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat berhubungan dengan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Pada kali ini peneliti (Dhita Agustin dari kelompok 37) melakukan kegiatan KKN di Desa Puger Wetan Kabupaten Jember dimana Kabupaten Jember sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. 

Desa Puger Wetan ini merupakan salah satu desa yang berada di daerah paling selatan Kabupaten Jember. Kegiatan pembelajaran online di masa pandemi menuntut siswa untuk mengikuti pembelajaran secara maksimal agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Namun, sistem pembelajaran ini terhalang oleh beberapa kendala. 

Kendala yang ditemukan oleh peneliti di desa Puger Wetan, diantaranya yaitu kurangnya pendampingan dan monitor dari orang tua karena orang tua kesulitan dan lupa akan materi pembelajaran sehingga siswa lebih memilih bermain dibandingkan dengan belajar, serta penguasaan teknologi informasi yang terbatas karena lokasinya terletak di pedesaan. Hal ini mengakibatkan banyak keluhan dari orang tua semasa belajar secara online/daring di rumah. 

Kendala tersebut, membuat peneliti ingin membuat dan menciptakan suatu inovasi yang menarik terutama untuk meningkatkan minat siswa SD dalam melakukan proses pembelajaran. Visi peneliti dalam menangani kendala tersebut yaitu meningkatkan minat belajar anak saat masa pandemi Covid-19, sedangkan misinya yaitu membentuk kelompok literasi untuk membantu mendampingi pembelajaran anak secara mandiri pada masa pandemi Covid-19, dan memberikan edukasi dengan menggunakan model pembelajaran menarik dan kreatif pada anak. 

Tujuan dari program yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu dapat memberikan wawasan pada anak dengan cara pendampingan, memaksimalkan prooses belajar pada anak menggunakan media yang menarik, dan mempermudah serta memperlancar komunikasi pembelajaran pada anak.

Peneliti membentuk kelompok belajar dan memberikan edukasi dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif. Media pembelajaran yang dibuat disesuaikan dengan materi sekolah siswa. Berikut adalah beberapa kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan :

Mengenal Keberagaman Indonesiaku

Pada kegiatan ini siswa disediakan media peta Indonesia yang sudah memiliki keterangan nama-nama provinsi, dan juga ada gambar-gambar rumah adat, tari tradisional, dan alat musik tradisional yang sudah ditempelkan pada tusuk gigi. Mekanisme dari media ini yaitu siswa meletakkan gambar rumah adat, tari tradisional dan alat musik tradisional sesuai dengan daerahnya masing-masing. Tujuan dari media pembelajaran ini yaitu memberikan wawasan yang luas mengenai Indonesia, selain itu siswa juga akan dididik mengenai toleransi terhadap perbedaan sehingga dapat menumbuhkan rasa empati dengan menyadari bahwa teman-temannya memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Dengan begitu akan menimbulkan rasa cinta siswa terhadap budayanya sendiri.

Tebak Kata Hewan Karnivora dan Herbivora

Pada kegiatan ini siswa disediakan beberapa nama mengenai hewan-hewan pemakan tumbuhan dan pemakan daging. Mekanisme dari media ini yaitu membentuk tim untuk permainan dan menebak nama hewan yang telah disediakan. Tujuan dari media pembelajaran ini yaitu menambah pemahaman siswa untuk bisa membedakan hewan berdasarkan jenis makanannya. Kemudian melalui permainan tebak kata dapat mendorong keterampilan siswa dalam berkomunikasi sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial.

Membuat Origami

Pada kegiatan ini siswa disediakan kertas origami dan bebas membuat bentuk apapun. Tujuannya meningkatkan kreativitas siswa, siswa dapat menemukan solusi dari rangkaian persoalan lipatan dan dapat berpikir matematis dan perbandingan (proporsi) dari jenis lipatannya.

Lomba-lomba 17 Agustus

Peneliti juga akan melakukan kegiatan lomba-lomba yang menarik untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Nb: Semua kegiatan pembelajaran yang sudah diuraikan di atas, dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun