Mohon tunggu...
dhinar oktavia
dhinar oktavia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Education

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Penerapan CSR pada Program Beasiswa Pendidikan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

23 Desember 2021   16:00 Diperbarui: 23 Desember 2021   16:15 7274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendahuluan

Pendidikan di Indonesia sendiri pastinya memiliki permasalahan-permasalahan yang harus dicari solusinya. Padahal dengan adanya Pendidikan masyarakat memiliki wadah untuk bisa memajukan negara ini dengan menimba ilmu di sekolah ataupun universitas kemudian juga mengembangkan minat dan bakat dari masyarakat. Namun kenyataannya Pendidikan di Indonesia sendiri belum merata ke seluruh daerah. Seperti kesulitan ekonomi keluarga, kurangnya tenaga pendidik yaitu guru yang memenuhi kompetensi yang sesuai, sarana dan prasarana yang tidak memadai, sulitnya akses internet yang saat ini sangat dibutuhkan, bahkan jarak sekolah yang sulit dijangkau. Maka dari itu, dari permasalahan yang ada dalam sektor Pendidikan ini membutuhkan perhatian dari sektor lainnya. Seperti kerjasama antara pemerintah, perusahaan baik swasta ataupun milik negara, ataupun sektor lainnya. Hal ini bisa dibantu dengan adanya Corporate Social Responsibility (CSR) atau program dari tanggung jawab sosial dari perusahaan.

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) dalam lingkup perusahaan besar ataupun kecil terbilang sudah sangat berkembang. Pelaksanaan CSR ini telah menjadi bagian dari perusahaan bahkan termasuk ke dalam kebijakan yang diterapkan dalam dunia bisnis. Program-program yang akan dijalankan oleh setiap perusahaan nantinya akan  melewati proses perencanaan sampai evaluasi dengan menggunakan konsep CSR tersebut secara baik. Tanggung jawab ini pada dasarnya adalah untuk mendapatkan opini dari publik melalui tanggung jawab sosialnya tersebut. Hal ini dikarenakan perusahaan juga melaksanakan fungsinya dengan masyarakat sekitar, baik itu dalam sektor sosial, lingkungan ataupun juga ekonomi.

Menurut Archie B. Carrol (Jonker dan Witte, 2006) mengatakan bahwa penerapan CSR ini berpijak pada prinsip Triple Bottom Line yaitu dengan adanya profit, people dan planet. Sebagaimana ketika menjalankan sebuah bisnis, perusahaan memiiliki kewajiban untuk mendapatkan keuntungan dalam segi ekonomi (profit), di lain hal perusahaan juga harus memberikan kesejahteraan pada masyarakat dan lingkungan hidup (people dan planet).

Salah satu perusahaan dengan memiliki program CSR terbaik di Indonesia yaitu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan total food solutions yang sangat terkenal dengan kegiatan operasionalna melalui tahap produkses hingga produk akhir yang diciptakan.

Strategi dari CSR itu sendiri yaitu guna mempertahankan figure yang positif dari strategi dan upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan terus berupaya untuk berkomitmen dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan. Dimana penerapan ini berfokus pada 5 pilar yakni, pembangunan SDM, peningkatan nilai ekonomi, kegiatan kemanusiaan dan komunitas serta menjaga kelestarian lingkungan hidup. Program yang ingin dibahas ini yaitu Beasiswa Indofood Sukses Makmur (BISMA) yang menjadi salah satu program CSR PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

            PT. Indofood Suksess Makmur Tbk melaksanakan program CSR ini secara terencana. Hal ini dikarenakan agar kontribusi yang diberikan benar-benar optimal. Prinsip yang digunakan oleh perusahaan iini yaitu dengan mengikuti ISO 9001. Yang dimana ISO tersebut adalah bagian dari ISO 9000 yang merupakan sistem pengelolaan dari seluruh rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan sistem mutu organisasi yang telah diakui oleh dunia internasional serta bersifat global, dimana hal tersebut terlihat pada titik beratnya, yang dimaksudkan pada produk dengan mutu yang tetap konsisten. ISO 9001 merupakan sistem mutu model untuk pemastian mutu seperti design, pengembangan, produksi, pemasangan, pelayanan. Landasan tujuan yang digunakan dalam melaksanakan program CSR Perseroan ini adalah menciptakan hidup yang lebih baik setiap hari. Program beasiswa ini dilakukan guna membantu Pendidikan yang ada di Indonesia. Saat ini CSR dalam perusahaan telah banyak yang memberikan program dari dana beasiswa untuk anak-anak penerus bangsa dan meminimalisir permasalahan-permasalahan yang ada pada sektor Pendidikan.

PROGRAM CSR BEASISWA INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK DALAM MEMBANTU MASYARAKAT YANG KURANG MAMPU DALAM PENDIDIKAN

Upaya PT Indofood dalam mengembangkan sumber daya manusia yaitu dengan mewujudkan pemberian beasiswa kepada masyarakat. Setiap tahunnya PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini memberikan beasiswa yang disebut sebagai BISMA atau Beasiswa Indofood Sukses Makmur. BISMA ini merupakan salah satu bentuk kegiatan CSR Indofood yang berupa beasiswa dimana hal ini ditujukan untuk masyarakat umum dan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi sejak 2007. Beasiswa ini bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Empat. Sasaran dari BISMA ini sendiri yaitu untuk anak dari karyawan yang bekerja di PT Indofood dan untuk mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitan Padjajaran dan sebaginya. Proses seleksi dari BISMA ini merupakan seleksi yang sangat ketat baik itu dilihat dari kategori pengetahuan yaitu berupa IPK dan prestasi non akademik, kemudian skills atau kemampuan fisik, komunikasi dan kreativitas, serta perilaku baik itu dari kedisiplinan, kepedulian, perkembangan serta kerjasama dari mahasiswa tersebut.

Pada tahun 2011, program BISMA telah meraih apresiasi dan penghargaan nasional yaitu Anugerah Peduli Pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bantuan yang diberikan BISMA kepada masyarakat yang berprestasi dari keluarga yang terbilang kurang beruntung dalam aspek ekonomi yaitu seperti dana untuk kebutuhan uang kuliah, internet, biaya buku yang diperlukan serta pemondokan. Selain dana-dana tersebut, BISMA ini juga menyediakan tunjangan dana riset bagi mahasiswa berprestasi yang akan menempuh proses tugas akhir atau skripsi. Nantinya para penerima BISMA akan dibekali melalui pelatihan kepemimpinan melalui adanya program dari CSR ini seperti Indofood Leadership Camp. Dimana tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun kepercayaan diri mahasiswa, kedisiplinan, kreativitas serta membangun jiwa kewarganegaraan yang positif dari masing-masing individu.Selain itu, penerima BISMA ini juga nantinya akan memperoleh kesempatan untuk mengembangkan karirnya dengan mengikuti pelatihan soft skills dalam bentuk program orientasi kerja dan magang. Pada tahun 2021 beasiswa ini telah melaksanakan seleksi pada bulan Juli yang diikuti oleh 2090 mahasiswa. Walaupun pada masa pandemic seperti ini, interview tersebut dilaksanakan dengan menggunakan Zoom Meeting.

Program bantuan dalam sektor Pendidikan dari PT Indofood selain adanya BISMA terdapat juga bantuan lain yaitu seperti mengelola sekolah di sekitar area perkebunan daro jenjang SD hingga SMK/SMA. Memberikan dukungan berupa alat edukasi kepada sekolah PAUD yang berlokasi di sekitar kantor Indofood di seluruh Indonesia. Serta memberikan Pendidikan multikultur dengan membagikan buku ensiklopedia pustaka anak nusantara ke berbagai perpustakaan Sekolah dasar dan Menengah pertama.

ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM CSR BEASISWA INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK DALAM MEMBANTU MASYARAKAT YANG KURANG MAMPU DALAM PENDIDIKAN

           

            Pada tahap penerapan ini merupakan tahapan yang terbilang sangat penting dalam keadaan yang nyata atau disebut sebagai rill dimana hal tersebut telah direncanakan pada awalan proses ini. PT Indofood merupakan sebuah perusahaan yang telah melakukan penerapan program CSR dalam bidang Pendidikan khususnya melalui Beasiswa Indofood Sukses Makmur atau disebut dengan BISMA. Bantuan beasiswa ini diberikan melalui tahapan seleksi yang nantinya akan diikuti oleh para calon penerima BISMA. Setelah melewati tahapan seleksi dan mahasiswa ini dinyatakan sebagai penerima BISMA, nantinya mereka akan mengikuti pelatihan mengenai pembangunan karakter, dasar kepemimpinan dan pengenalan industry, motivasi dan kemampuan bekerjasama, pengenalan budaya perusahaan serta etos kerja dalam pengabdian masyarakat. Dimana hal tersebut merupakan kegiatan dari Indofood Leadership Camp (ILC).

            Dari adanya ILC ini merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk bisa belajar dan mengembangkan kemampuan diri mereka. Program ini merupakan salah satu bentuk CSR atau tanggungjawab organisasi sosial dari PT Indofood kepada masyarakat di bidang Pendidikan. Dimana langkah-langkah yang dilakukan mengenai program CSR ini pastinya melibatkan pemerintah, karyawan, serta para stakeholders. Seperti perusahaan akan menugaskan karyawan yang memiliki kemampuan ataupun komitmen dan bertanggung jawab akan CSR dalam bidang Pendidikan ini. Kemudian melakukan monitoring atas penerapan atau pelaksanaan pada peningkatan kegiatan CSR yang berbentuk beasiswa seperti yang telah direncanakan. Setelah pelaksanaan tersebut pastinya dilakukan evaluasi atas program BISMA. Setelah kegiatan itu semua dilakukan maka perusahaan harus menjamin kegiatan CSR ini nantinya dapat dilakukan kembali.

            Penerapan CSR pada PT Indofood ini memiliki prinsip yang mengacu pada ISO 9001. Pada ISO 9001 ini dikeluarkan oleh Technical Committee (TC) 176 yang dimana mereka bertanggung jawab ada standar system manajemen mutu. Hal ini bertujuan agar standard terus berkemajuan dan relevan untuk perusahaan. ISO 9001 ini juga menjadi arahan untuk perusahaam dalam berperilaku secara sistematis. Dengan mengacu pada ISO 9001 ini PT Indofood bertujuan agar dapat menjaga system manajemen kualitas, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, serta pengukuran, Analisa dan peningkatan. Hal ini dilakukan agar mempermudah manajemen organisasi untuk menetapkan kualitas, yang tujuannya adalah memenuhi harapan untuk konsumennya.

Maka dari itu, penerapan dan pelaksanaan program CSR atau Corporate Social Responsibility di bidang Pendidikan yang dilakukan secara berkelanjutan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Selain perusahaan, pihak lainnya yang bekerjasama dalam membangun program inipun akan menikmati dampak yang dihasilkan melalui CSR, seperti para stakeholders. Selain itu, melalui bantuan dana atau beasiswa ini akan menumbuhkan kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat khususnya di Indonesia ini menjadi lebih terbantu dan terjamin. Maka nantinya tujuan dari adanya program CSR ini juga akan memberikan peningkatan atas reputasi dan citra dari masyarakat untuk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.

            Hal ini menandkan bahwa penerapan program CSR yang dilakukan oleh PT Indofood melalui BISMA sudah efektif karena dengan adanya Community Relation atau kegiatan dari program ini memiliki keterkaitan dengan pengembangan atas komunikasi dan informasi kepada pihak-pihak yang terkait seperti masyarakat dan para stakeholders atas program BISMA ini. Selain itu terdapat Community Empowering, melalui BISMA para mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan ini bisa membentuk wawasan dan menggali potensi yang mereka miliki untuk mengetahui karakter diri mereka masing-masing. Selain itu, mereka juga bisa mengembangkan public speaking, etika profesionalisme dan olah emosi ketika nantinya mereka lulus kuliah dan bekerja. Maka dari itu, penerapan CSR ini sangat diperlukan karena antara perusahaan dan masyarakat saling memiliki manfaatnya.

PENUTUP

Untuk meminimalisir permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia khususnya permasalahan ekonomi yang dirasakan oleh keluarga, penerapan program CSR yang diberikan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui BISMA ini sangat membantu masyarakat khususnya bagi para mahasiswa. Karena dengan adanya beasiswa ini mereka tetap bisa berkuliah dengan bantuan dana yang diberikan, selain itu mereka juga bisa mengembangkan skills mereka nantinya untuk mengenyam kegiatan setelah berkuliah. Oleh karena itu solusi bagi para perusahaan selain memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas dan citra mereka, alangkah baiknya mereka menerapkan CSR atau tanggungjawab sosial mereka untuk membangun negara ini menjadi lebih baik, Karena dengan adanya CSR tidak hanya masyarakatnya saja yang terbantu, tetapi perusahaan dan para stakeholders juga bisa sangat mengembangkan nama dan kredibilitas masing-masing jika program tersebut mengikuti sistematika yang baik dan benar.

DAFTAR PUSTAKA

Jurnal:

Hadisuamardjo, Harsono. 20. Efektivitas Implementasi Kebijakan Program Csr Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 21, No. 2.

Herman. 2018. Manfaat Corporate Social Responsibility oleh Stakeholder Primer dan Sekunder (Studi Kasus Pada PT. Asia Sawit Makmur Jaya Provinsi Riau). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. Vol. 2, No. 9, h. 265-267.

Nianda, Resta. 2017. Model Shuriken Pada Social Responsibility Indofood Riset Nugraha (Studi Kasus Komunikasi Korporasi Pada PT. Indofood Sukses Makmur). Jurnal Ilmiah Komunikasi. Vol. 7, No. 2, h. 60-61

Purnama, N. 2005. Tinjauan Kritis Terhadap Implementasi ISO 9000. Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 2, No. 10, h. 163-178.

Web:

Gumilang. 2019. http://www.ceritaindofood.com/2019/04/15/bisma-bukan-beasiswa-biasa/. (Diakses 21 Desember 2021 pukul 19.13)

PPID DISNAKERTRANS. 2020. https://disnakertrans.bantenprov.go.id/Berita/topic/268. (Diakses 23 Desember 2021 pukul 13.00)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun