Mohon tunggu...
Dhimas R
Dhimas R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pemula

Berani Mencoba Segala Hal Selagi Itu Merupakan Kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Merencanakan Pembelajaran yang Aktif dengan Melakukan Perencanaan Pembelajaran

12 Desember 2021   22:51 Diperbarui: 12 Desember 2021   22:57 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

hai sobat reader. pada pembahasan kali ini kita akan membahas betapa pentingnya perencanaan pembelajaran untuk kegiatan mengajar yang efektif dan aktif.

seperti yang kita ketahui, keberhasilan kegiatan belajar mengajar terletak sejauh mana matangnya sebuah perencanaan pembelajaran. atau bisa kita simpulkan juga bahwa perencanaan pembelajaran salah satu indikator kesuksesan kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan oleh seorang guru.

nah, oleh sebab itu. sangat penting sekali untuk calon guru atau seorang guru untuk mempersiapkan perencanaan pembelajaran. yuk kita langsung "membedah" apa sih itu rencana pembelajaran.

PENGERTIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN.

pada dasarnya, perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran serta penilaian dalam alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

selain itu. ada beberapa pengertian perencanaan pembelajaran menurut para ahli, seperti Menurut smith & Ragan perencanaan pembelajaran adalah proses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam rancangan untuk bahan dan aktivitas pembelajaran. selain perencanaan pembelajaran menurut Smith & Ragan. ada juga perencanaan pembelajaran Menurut ibrahim, perencanaan pembelajaran adalah kegiatan merumuskan tujuan apa yang akan dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi apa yang disampaikan, bagaimana cara menyampaikan, serta alat/media apa yang diperlukan.

TUJUAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN.

setelah kita memahami pengertian dari perencanaan pembelajaran. selanjutnya kita akan membahas tentang tujuan dari perencanaan pembelajaran.

pada intinya tujuan perencanaan pembelajaran adalah berkembangnya kemampuan siswa baik dari segi pengetahuan, keterampilan, sikap dan sifat kearah yang lebih baik.

lalu, jika kita analisis lagi tujuan perencanaan pembelajaran, maka tujuan dari perencanaan pembelajaran diantaranya:

    siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

    terciptanya kelas yang kondusif dan efektif serta siswa yang memiliki keaktifan

    mencapai KI dan KD dengan mudah

    merancang kelas agar tidak membosankan.

itulah beberapa tujuan perencanaan pembelajaran.

FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN.

selanjutnya mari kita cari tahu apa sih fungsi perencanaan pembelajaran itu? menurut Kostelnik secara spesifik fungsi perencanaan pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

    Mengorganisir pembelajaran yaitu proses mengelola seluruh aspek yang terkait dengan pembelajaran agar tertata secara teratur, logis dan sistematis untuk memudahkan melakukan proses dan pencapaian hasil pembelajaran secara efektif dan efesien.

    Berpikir lebih kreatif untuk mengembangkan apa yang harus dilakukan siswa; yaitu melalui perencanaan, proses pembelajaran dapat dirancang secara kreatif, inovatif. Dengan demikian proses pembelajaran tidak dikesankan sebagai suatu proses yang monoton atau terjadi sebagai suatu rutinitas.

    Menetapkan sarana dan fasilitas untuk mendukung pembelajaran; melalui perencanaan, sarana dan fasilitas pendukung yang diperlukan akan mudah diidentifikasi dan bagaimana mengelolanya sehingga sarana dan fasilitas yang dibutuhkan dapat terpenuhi untuk menunjang terjadinya proses pembelajaran yang lebih efektif.

    Memetakan indikator hasil belajar dan cara untuk mencapainya; yaitu melalui perencanaan yang matang, guru sudah memiliki data tentang jumlah indikator yang harus dikuasai oleh siswa dari setiap pembelajaran yang dilakukannya. Dengan demikian guru tentu saja sudah membayangkan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai setiap indikator tersebut.

    Merancang program untuk mengakomodasi kebutuhan siswa secara lebih spesifik; yaitu melalui perencanaan, hal-hal penting yang terkait dengan kebutuhan, karakteristik, dan potensi yang dimiliki siswa akan teridentifikasi dan merencanakan tindakan yang dianggap tepat untuk meresponnya.

    Mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajaran; yaitu melalui perencanaan segala sesuatu yang terkait dengan kepentingan pembelajaran sudah dikomunikasikan, baik secara internal yaitu terhadap pihak-pihak yang terkait langsung dengan tugas-tugas pembelajaran, maupun dengan pihak eksternal yaitu pihak-pihak mayarakat (stake holder).

banyak sekali fungsi dari perencanaan pembelajaran.

MANFAAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN

seperti yang sudah kita ketahui bahwa perencanaan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh seorang guru. dimana nantinya seorang guru mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa serta perencanaan pembelajaran menjadi langkah awal untuk memulai kegiatan belajar dan mengajar. dari perencanaan pembelajaran, terdapat beberapa manfaat yang diterima baik oleh guru maupun siswa, diantaranya:

  • Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.
  •  Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan.
  •  Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid.
  • Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan kelambatan kerja.
  • Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja.
  •  Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya.

kesimpulannya perencanaan pembelajaran bisa dibilang langkah awal seorang guru dalam mempersiapkan seluruh kegiatan belajar mengajar. baik itu dari media pembelajaran, metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran. semuanya harus disiapkan secara matang. selain itu juga perencanaan pembelajaran memiliki tujuan, fungsi, dan manfaat yang benar-benar dapat membantu guru dan siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar.

itulah kenapa kita sebagai guru dan calon guru harus mampu memaksimalkan perencanaan pembelajaran.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun