Marketing Public Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan program dan aktivitas pemasaran (marketing strategy implementation) dengan aktivitas program kerja public relation. (work program of public relation), maksudnya adalah suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat bukan iklan berupa baliho, papan iklan bahkan iklan di TV sehingga citra suatu perusahaan dapat dikenal oleh banyak orang dan kemudian banyak yang membeli produk tersebutDi dalam MPR terdapat dua peran yaitu segi pemasaran dan segi komunikasi. MPR dapat dilakukan dengan beberapa bentuk yaitu publikasi, sponsorship, berita, kegiatan layanan publik dan berpidato.
1. Terdapat 3 Strategi Marketing Public Relations:
a. Pull Strategy, Public Relation memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.
b. Push Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mendorong berhasilnya pemasaran.
c. Pass Strategy, Public Relation memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan.
2. Peranan Marketing Public Relation dari Segi Pemasaran
a. Mengadakan riset pasar.
b. Menciptakan produk yang sesuai dari hasil riset pasar tersebut
c. Menentukan harga produk yang rasional dan kompetitif
d. Menentukan dan memilih target konsumen (target audience).
e. Merencanakan dan melaksanakan kampanye promosi produk