Mohon tunggu...
Dhanang DhaVe
Dhanang DhaVe Mohon Tunggu... Dosen - www.dhave.id

Biologi yang menyita banyak waktu dan menikmati saat terjebak dalam dunia jurnalisme dan fotografi saat bercengkrama dengan alam bebas www.dhave.net

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Romantika Zaman Belanda di Pulau Dua Enggano

10 Juni 2020   14:40 Diperbarui: 11 Juni 2020   01:27 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dermaga Pulau Dua. | dokpri

Dahulu, Pulau dua ibarat las vegas. Di sana ada pusat pertokoan, rumah sakit, rumah-rumah orang Belanda, bahkan tempat judi. Begitu pengakuan Pak Harun tua-tua ada di Pulau Enggano, provinsi Bengkulu.

Hari ini saya berkesempatan menyambangi Pulau dua. Dari Malakoni saya mengendarai motor hampir 12 km jauhnya. Perjalanan menuju Pulau Dua dimulai dari dermaga nelayan dari Kahyapu. Dengan menumpang kapal nelayan saya dan rekan-rekan diajak menyebrang ke Pulau dua.

Dari selat kecil saya melihat gundukan batu karang. Konon itulah Pulau Bangkai. Nama yang mengerikan untuk nama sebuah pulau. Benar saja, dahulu pulau itu digunakan untuk mengisolasi mereka yang menderita penyakit kusta. Di Pulau tersebut mereka ditinggalkan sampai ajal menjemput, dan diberinama Pulau Bangkai.

Sekitar 20 menit sampailah di Pula dua. Pulau ini kosong, namun ada beberapa bangunan permanen berupa pondok nelayan dan beberapa resort yang kosong. Sebuah perahu nelayang juga sedang bersandar untuk menanti malam.

Langsung saja, saya diajak masuk ke dalam pulau yang kini penuh dengan semak belukar dan nyamuk bakau yang ganas-ganas. Obat nyamuk oles dan parem urut tidak mau mengusur nyamuk yang terus mencari celah untuk menghisap darah.

Pengukuran dan dokumetasi makam kuno.
Pengukuran dan dokumetasi makam kuno.
Saya diajak ke sebuah pemakaman kuno. Nah rekan saya pak Untung yang bekerja sebagau arkeolog dari Balar Sumsel langsung mengeluarkan mistar. Dia mengukur dan menggambar makam kuno tersebut. Semoga dia tidak melanjutkan eskavasi.

Di sela-sela makam kuno, kami ditunjukan sisa-sisa pondasi bangunan masa lalu. Konon pulau ini adalah pulau utama di Enggano. Orang Belanda memilih tinggal di sini dari pada di Pulau Besarnya. Mereka lebih aman, karena semua bisa dikendalikan.

Kembali saya menyusuri hutan berkanopi rapat di Pulau Dua dan akhirnya lega setelah sampai di tepi pantai. Di sepanjang pantai ditemukan beberapa batu bara yang dulu adalah peninggalan Jepang. Sebenarnya pulau ini banyak menyimpan sejarah tenyang kolonial Jepang dan Belanda, namun saya sekarang terkesima dengan keindahannya.

Akhrinya saya merapat juga di sisi barat pulau ini. Ombaknya besar. Benar saja di pulau ini terdapat resort yang kebanyakan tamunya adalah para peselancar dari mancanegara. Kebetulan saya sempat berkenalan dengan pemilik resort, namun saat itu dia sedang di Bengkulu.

Runtuhan menara masjid.
Runtuhan menara masjid.
Untuk melepas penat, saya langsung menyeburkan diri ke laut. Padang lamun dan terumbu karang kecil menghampar di depan saya.

Saya menikmati snorkling, dan sepertinya pulau ini milik saya. Tidak bisa diungkapkan dengan kata, namun saat itu memang saya seorang diri yang "nyemplung".

Dusta apalagi yang kau nistakan "kata teman saya". Sembari di hamok dia menikmati air kelapa muda yang baru saja dipetik. "banyune nyeprit" katanya, maksdunya air kelapa sensasinya seperti minuman bersoda. Ah surga itu dan saya mengikutinya di hamok sebelah membayangkan romantika zaman Belanda.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun