Mohon tunggu...
Dhany galih Nugroho
Dhany galih Nugroho Mohon Tunggu... Guru - Guru PJOK

Semua tindakan yang baik diawali dengan proses berfikir yang baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Bola Kasti Dhany Galih Nugroho

28 September 2022   12:07 Diperbarui: 28 September 2022   12:15 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama             : Dhany Galih Nugroho, S.Pd.

No. UKG        : 201502980412

Unit Kerja   : SD Negeri 2 Karangasem

LPTK                : Universitas Negeri Surabaya Kelas     : PJOK B-01

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD Negeri 2 Karangasem

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan keterampilan gerak dasar pada permainan bola kecil bola kasti,

Meningkatkan hasil belajar PJOK materi permainan bola kecil bola kasti

Penulis

Dhany Galih Nugroho, S.Pd

Tanggal

28 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Motivasi peserta didik rendah dalam mengikuti pelajaran PJOK materi bola kecil kasti
  • Kurang interaktifnya peserta didik dalam pembelajaran materi bola kecil kasti.
  • Guru kurang menerapkan kegiatan pembelajaran dan permainan gerak yang kreatif dan inovatif.
  • Guru belum menggunakan teknologi dalam menyampaikan materi pelajaran.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :

  • Sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini.
  • Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  • Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi guru lain dalam hal mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  • Praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru-guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan pembelajaran ini.

Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bola kecil kasti.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai  tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Peserta didik jarang diajak untuk berinteraksi, diskusi dan presentasi pada pembelajaran PJOK.

  • Rendahnya motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran PJOK variasi gerak dasar permainan bola kasti

Guru kesulitan menentukan media pembelajaran inovatif yang tepat untuk peserta didik.

Rendahnya kompetensi awal peserta didik terkait materi bola kecil kasti.

Berdasarkan penyebab dari permasalahan di atas, untuk mencapai tujuan yang dihadapi guru yaitu:

  • Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  • Modifikasi alat pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
  • Modifikasi permainan bola kasti sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran.
  • Guru harus mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajarnya melalui proses pembelajaran yang mudah, asyik, seru, menantang dan menyenangkan.
  • Berdasarkan empat tantangan di atas bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru dalam hal Kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu: Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional. Sementara dari sisi peserta didik yaitu keaktifan peserta didik

Keterlibatan dalam pembelajaran yaitu guru, teman sejawat, kepala sekolah, peserta didik dan orang tua peserta didik.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Pemilihan media pembelajaran inovatif
  • Berdasarkan kajian literatur, strategi yang dilakukan yaitu menggunakan media pembelajaran inovatif dengan cara menampilkan video pembelajaran yang menarik. Adapun media pembelajaran ini disebut dengan pembelajaran berbasis ICT
  • Proses pembuatan media pembelajaran inovatif dibuat oleh guru sendiri yaitu dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, mendesain bentuk medianya, dan membuat medianya sesuai dengan desain rancangannya.
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran inovatif ini yaitu: Buku Aktif Berolahraga kelas V, jaringan internet, laptop, printer, aplikasi Youtube dan proyektor.
  • Modifikasi alat pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
  • Berdasarkan kajian literatur, strategi yang dilakukan yaitu menggunakan alat pembelajaran berupa bola kasti berbahan kertas.
  • Proses pembuatan alat pembelajaran inovatif dibuat oleh guru sendiri yaitu dimulai dari memilih bahan dan menentukan bola yang aman untuk peserta didik.
  • Modifikasi alat pembelajaran ini mudah dibuat di sekolah masing-masing.

  • Modifikasi permainan bola kasti sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam modifikasi permainan bola kasti yaitu dengan menggunakan permainan bola kasti dengan modifikasi peraturan , ukuran lapangan dan jumlah pemain.
  • Proses pemilihan permainan ini yaitu: mempelajari jumlah peserta didik dan ukuran lapangan yang akan digunakan untuk permainan.
  • Sumber daya yang diperlukan yaitu: jaringan internet, buku-buku yang terkait permainan PJOK, buku penjas kelas V, jaringan internet, laptop, dan aplikasi Youtube.
  •  
  • Meningkatkan keaktifan peserta didik
  • Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan tampilan PPT
  • Menerapkan pemanasan bersifat dinamis untuk memantik semangat siswa
  • Sumber daya yang diperlukan adalah kompetensi dan kreatifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada aktifitas peserta didik.

Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari      Langkah-langkah      yang dilakukan?     Apakah     hasilnya efektif?    Atau    tidak    efektif? Mengapa?    Bagaimana    respon orang lain terkait dengan strategi yang     dilakukan,     Apa     yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang           dilakukan?           Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari:

  • Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT/TPACK  ini sangat membantu pemahaman awal peserta didik pada konsep pembelajaran PJOK materi permainan bola kecil bola kasti serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses mengamati.
  • Penggunaan alat modifikasi bola kasti membantu meningkatkan keberanian siswa dalam mengikuti pembelajaran variasi gerak dalam permainan bola kasti.
  • Modifikasi permainan bola kasti meningkatkan semangat siswa dalam melaksanakan permainan bola kasti.

    • Sebagian besar respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang jika pembelajaran menggunakan media yang sangat menarik yaitu media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dilihat dari angket respon peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran dilaksanakan.
    • Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan media pembelajaran yang inovatif serta penggunaan modifikasi permainan gerak yang dikembangkan dalam Modul Ajar yang telah dibuat.
    • Berdasarkan proses dan aktifitas pembelajaran yang telah dilaksanakan guru, kesimpulan yang bisa diambil adalah guru harus lebih kreatif dan inovatif memilih media pembelajaran agar pembelajaran menjadi mudah, asik, seru, menantang, dan menyenangkan sehingga dapat mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran yang nantinya berdampak pada peningkatan hasil belajarnya

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun