Mohon tunggu...
dhandy hari420
dhandy hari420 Mohon Tunggu... Lainnya - Profesi saya barista di salah satu tempat coffe yang ada di surabaya

Saya berprofesi sebagai barista hobi dan kegemaran saya hapir sama dengan pekerjaan saya yaitu menikmatin kopi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Penjualan Jajan Kering di Desa Trosobo melalui Media Online

30 Juni 2022   18:29 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:56 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dhandy Hari Sugiyanto_ 1311600032

Universitas 17 Agustus 1945

Fakultas Hukum 

Email: dhandyhari420@gmail.com

Sebagai salah satu generasi penerus bangsa, Mahasiswa memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat melewati masa-masa sulit seperti ini dengan terjun langsung ke dalam masyarakat melakukan pengabdian dengan tujuan untuk membantu sedikit beban yang dipikul oleh masyarakat.

Melalui Kuliah Kerja Nyata ini, mahasiswa menyusun program penjualan makanan ringan melului online. Dengan cara pengembangan penjualan melalui media online seprti membuat akun toko di shoope,, yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Mahasiswa juga memberikan pengarahan tentang kemasan dan foto produk yang akan dijual melalui media online agar menarik konsumen serta membatu mengatur kemasan yang lebih higienis. Dengan kemasan yang lebih higienis konsumen yang melihat produk penjualan di media online lebih percaya dengan produk yang ada didalamnya.

Dengan adanya media online ini UMKM yang ada di Desa Trosobo bisa mengoptimalkan potensi dan produtivitas penjualan. Semua UMKM harus menyadari digitalisasi dan perkembangan teknologi untuk memasarkan produknya. Sehingga UMKM tidak mengalami keterpurukan seperti dimasa pandemi.

UMKM atau yang sering disebut dengan usaha mikro, kecil, dan menengah mempunyai peran yang sangat penting dalam memajukan dan mendorong perokonomian suatu negara. Bagi Indonesia sendiri UMKM mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Dengan, adanya UMKM di Indonesia dapat mengurangi pengangguran yang diakibatkan tidak terserapnya angkatan kerja dalam dunia kerja. Peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian Indonesia membuat Pemerintah Indonesia terus berupaya mendukung UMKM untuk terus maju.

Keterbelakangan pengetahuan tentang teknologi menjadi salah satu problematika yang tengah dihadapi oleh pelaku UMKM. Peningkatan pemahaman tentang tekonologi dalam penjualan online dibutuhkan oleh masyarakat UMKM untuk meningkatkan penjualan menjadi lebih besar karena cakupan calon konsumen yang lebih luas dan memungkinkan peningkatan pendapatan yang dicapai dengan pengetahuan mengenai perkembangan teknologi informasi melalui program marketing berbasis tekonologi.

Permasalahan 

1. Kurangnya cakupan promosi yang hanya terbatas pada satu platform social media yaitu Whats App.

2. Pemotretan, desain kemasan Produk perlu dilakukan perbaikan sehingga dapat memikat konsumen dan menaikkan penjualan.

3. Ketidaktahuan dan ketidakpahaman penggunaan jejaring media online dalam mempromosikan produk.

Tujuan Kegiatan

1. Mengenalkan media penjualan melalui aplikasi Instagram

2. Memberikan disain produk kemasan dengan box makanan yang berlogo UMKM di desa Trosobo

3. Membantu meningkatkan penjualan makanan dan promosi

Hasil yang di peroleh dalam kegiatan KKN menghasilkan kegiatan yang bertujuan membantu UMKM jajan kering yang ada di desa trosobo untuk memperluas jangkauan penjualan melalui media sosial yang bertujuan meningkatkan penjualan mitra.

Mitra UMKM jajan kering juga mendapat produk kemasan baru dengan logo serta stiker produk kemasan dengan disain baru yang lebih menarik konsumen jajan kering. Produk kemasan baru ini selain menarik juga menjaga jajan kering lebih aman, bersih, higienis, dan juga tahan lama.

Produk jajan kering ini di pasarkan melalui media online seperti Instagram untuk memperluasa promosi dan pemasaran produk JARING (jajan kering).

Selain membantu mitra UMKM mempromosikan. Membuat kemasan serta disain logo baru. Kami juga melakukan foto produk JAJAN KERING dengan tema dan tampilan yang lebih bisa menarik konsumen yang ada di media online (Instagram)

  1. Mencari kendala yang di alami mitra dalam usaha UMKM jajan kering
  2. Mendisain packaging yang lebih menarik dan simpel serta aman 
  3. Membuat logo serta stiker kemasan dengan desain baru
  4. Proses pembuatan akun media online
  5. Foto produk jajan kering sebagai alat promosi melalui media online (instagram)
  6. Proses membantu bimbingan pengunaan media online
  7. mempromosikan produk jajan kering melalui media online 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Kegiatan pertama mencari masalah dan kendala yang dialami mitra UMKM. Setelah menemukan masalah yang dialami oleh mitra, selanjutnya mencari solusi untuk permasalahan mitra tersebut. Ketika sudah mendapat solusi kegiatan akan dimulai dengan memperbarui produk kemasan, membuat logo serta menempep stiker di kemasan dengan desain yang lebih menarik. Kegiatan dilakukan dengan membuat akun instagram untuk mempromosikan produk UMKM.

Adanya akun instagram berfungsi untuk mempromosikan produk UMKM dengan foto produk yang menarik serta menonjolkan ciri khas untuk menarik konsumen serta melakukan pengemasan produk dengan kemasan baru dan logo serta penempelan stiker di tahap akhir dan melakukan promosi melalui media sosial yang telah dibuat

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun