Oleh: Dewi Sahara, S.Pd
CGP Angkatan 8 Kab. Pesisir Barat Prov. Lampung
Â
Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah fasilitas pembelajaran di kelas yang dilaksanakan dengan tujuan memenuhi kebutuhan belajar individu. Lewat pembelajaran berdiferensiasi, murid tidak hanya berkembang potensinya secara maksimal, namun proses pembelajaran juga akan lebih memberikan banyak ruang bagi murid untuk membuat dan menentukan pilihan dan memberikan suara, sehingga proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan.
Perlu kita garis bawahi bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Di mana keputusan-keputusan yang dibuat tersebut dapat guru lakukan di kelas  dengan cara:
1. Merumuskan tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Tujuan pembelajaran ini disampaikan kepada murid
2. Memetakan kebutuhan belajar murid. Dilakukan dengan cara membuat dan menerapkan RPP yang mengakomodir kebutuhan belajar tiap siswa
3. Memciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan. Membuat murid selalu menunggu momen belajar bersama guru tersebut dengan tetap memperhatikan tujuan pembelajaran.
4. Pengelolaan kelas yang efektif. Di mana struktur, prosedur, mode dan rutinitas dapat berjaladapat bersifat fleksibel jika lingkungan membutuhkannya.
5. Penilaian berkelanjutan. Guru harus dapat mengolah informasi yang didapat dari hasil penilaian formatif yang telah dilakukan.
6. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi pada: